Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Apa Itu UPS? Mengenal Definisi, Fungsi, 5 Rekomendasi

Mungkin Anda pernah mengalami di mana ketika bekerja listrik tiba tiba padam. Hal seperti ini memang sering kali terjadi. Karena permasalahan inilah terciptalah sebuah alat bernama UPS (Uninterruptible Power Supply). Alat satu ini mampu menyimpan daya sehingga seseorang bisa terhindar dari mati listrik tiba tiba.

Definisi UPS

UPS merupakan sebuah alat yang mampu menghidupkan atau membuat barang elektronik tetap menyala meski supply daya listrik berhenti. Dengan kata lain ketika mati listrik, barang elektronik Anda seperti komputer ataupun mesin lainnya tetap bisa menyala.

Alat penyimpan daya yang standar di zaman sekarang sekitar 600 watt. Dengan ukuran seperti itu, mesin atau barang elektronik masih bisa menyala hingga 17 menit ketika listrik mati. Kehadiran alat ini di era modern seperti sekarang ini sangat penting karena hampir semua perangkat menggunakan tenaga listrik.

Beberapa Fungsi UPS yang Harus Diketahui

Sebagai alat yang mampu memberikan daya listrik tambahan ketika aliran listrik pada barang elektronik mati, alat ini juga punya fungsi lainnya. Sebelum Anda menggunakannya penting untuk mengetahuinya terlebih dahulu. Berikut beberapa fungsi dari UPS.

  • Mampu memberikan energi listrik saat terjadi gangguan pada daya listrik utama
  • Memberikan waktu untuk bisa menghidupkan genset
  • Memberikan waktu mematikan komputer saat listrik padam
  • Mengamankan sistem komputer agar tidak mati mendadak.
  • Menstabilkan tegangan ketika terjadi perubahan tegangan
  • Memanajemen dan mendiagnosa gangguan pada sistem komputer saat listrik padam
  • Penggunaan dan Instalasi sangat mudah

Rekomendasi UPS dengan Kemampuan Bagus

Setelah mengetahui betapa pentingnya alat ini dalam kehidupan, Anda juga harus tahu beberapa rekomendasinya. Terdapat banyak sekali produk ini di pasaran sehingga harus tepat dalam memilihnya. Berikut adalah rekomendasi UPD dengan kemampuan luar biasa.

1. Prolink Pro-1201 SFCU/ 1200VA

UPS Prolink Pro-1201 SFCU 1200VA

UPS pertama datang dari brand Prolink di mana kemampuannya dalam mengangkat daya darurat cukup mumpuni. Alat satu ini sangat stabil karena sudah dibekali dengan AVR/Stabilizer. Fitur tersebut dapat menjaga tegangan listrik semua perangkat yang terhubung ke alat ini.

Kestabilan dalam meredam tegangan listrik jika terjadi gangguan sangat bagus. Menariknya Prolink Pro1201 ini sudah menawarkan fitur perangkat lunak dengan interface friendly. Sementara untuk kapasitasnya adalah 1200VA atau 850 watt dan mampu menampung dua komputer sekaligus.

2. Micropack Full Protection 1200VA

UPS Micropack Full Protection 1200VA

UPS selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah milik Micropack. Kemampuan Micropack Full Protection ini sangat baik karena menghadirkan fitur yang semua pengguna perlukan. Misalnya seperti AVR dan DC Cold Start Function.

Fitur DC Cold Start Function mampu memudahkan Anda menghidupkan alat ini tanpa menggunakan AC. Menariknya lagi alat ini juga sudah menawarkan fitur Surge Protection atau Anti petir. Kemampuannya jelas untuk mengamankan alat ini dari gangguan petir saat terjadinya hujan.

3. APC Back-UPS 2200VA BX2200MI-MS

UPS APC Back-UPS 2200VA BX2200MI-MS

Apabila Anda membutuhkan alat penyimpan daya dengan cadangan energi tinggi maka bisa menggunakan APC Back-UPS 2200VA BX2200MI-MS. Dayanya sangat besar yaitu 2022VA sehingga bisa menyimpan daya di laptop maupun komputer dengan baik.

Tentu saja untuk mendapatkan daya sebesar ini, Anda setidaknya harus menyimpan atau mengisinya selama 8 jam. Untuk fiturnya sendiri tersedia dengan sangat baik karena sudah menawarkan teknologi komplit dalam mengamankan daya untuk komputer maupun laptop.

4. APC Back-UPS BX 1600VA

UPS APC Back-UPS BX 1600VA

Berikutnya ada APC Back-UPS BX 1600VA yang hadir dengan cadangan daya luar biasa. Alat penyimpan daya satu ini terbilang sangat bagus karena sudah hadir dengan fitur manajemen baterai cerdas serta penyesuaian tegangan otomatis.

Kemudian ada juga sotware PowerChutenya sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan alat ini. Menariknya lagi alat yang satu ini sudah memiliki indikator baterai LED sehingga pengguna tahu kapan harus mengisi dayanya.

5. Orion Vortex V-1500

UPS Orion Vortex V-1500

UPS Orion Vortex menjadi salah satu pilihan yang sangat bagus karena sudah hadir dengan banyak sekali tombol fitur mudah. Alat yang satu ini juga memiliki desain ramping, sederhana dan terlihat sangat kompatibel dalam pemakaiannya.

Fitur fitur seperti AVR dan lain sebagainnya sudah tersedia juga sehingga memudahkan Anda dalam meminimalisir gangguan listrik. Apalagi alat UPS ini mampu mengontrol CPU beserta Mikroprosesor secara baik sehingga sistem komputer terjaga saat terjadinya ketidakstabilan listrik.

Bhinneka: Solusi Pengadaan UPS Untuk Bisnis

UPS atau alat penyimpan daya ini sangat penting untuk mengamankan data maupun perangkat elektronik Anda. Untuk cek harga dan ketersediaan di Bhinneka, silakan kunjungi halaman Daftar UPS terbaru di website resmi Bhinneka. Dapatkan berbagai layanan menarik seperti gratis ongkir, promo, garansi resmi, dan jaminan produk asli.

Anda butuh pengadaan UPS untuk kantor Anda? Bhinneka melayani berbagai macam pengadaan melalui online. Kami siap berikan harga dan layanan terbaik untuk apapun yang Anda butuhkan. Segera hubungi tim sales kami di:

Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : Corporate@bhinneka.com

Leave a Reply