Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

Fungsi Digital Marketing untuk Bisnis dan Usaha

Memahami pengertian dan fungsi dari digital marketing merupakan hal yang fundamental dan penting untuk diketahui oleh setiap pelaku usaha dan bisnis. Salah satu alasan yang mendasari adalah di era saat ini, digital marketing merupakan salah satu teknik pemasaran yang banyak digunakan dalam berbagai bidang industri dan usaha.

Ada sejumlah manfaat dan kelebihan dari menggunakan digital marketing dibandingkan dengan sejumlah teknik marketing konvensional. Hal ini juga tentu tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang cepat dan pesat sehingga memudahkan banyak industri dan bisnis untuk menerapkan digital marketing.

Dalam artikel ini kita akan membahas secara singkat pengertian dari digital marketing serta melihat lebih lanjut apa saja fungsi dari digital marketing dan contoh penerapannya dalam kegiatan bisnis dan usaha.

Pengertian Digital Marketing

Digital Marketing dapat diartikan sebagai suatu kegiatan pemasaran dari barang atau jasa yang memanfaatkan teknologi berupa media digital atau internet. Media digital disini dapat berupa website, email, blog, media sosial.

Perkembangan teknologi seperti gadget dan internet yang cepat dan pesat serta tingkat pemakaian teknologi tersebut yang masif membuat digital marketing banyak digunakan oleh berbagai skala bisnis dan usaha, baik UMKM, perusahaan kecil hingga perusahaan besar, karena dianggap efektif dan efisien.

pengertian digital marketing

Platform Digital Marketing

Dalam penerapannya, digital marketing dapat berbentuk iklan teks, iklan bergambar, video pendek hingga postingan social media. Adapun dalam penyampaiannya kepada konsumen, perusahaan atau pelaku bisnis dapat menggunakan beberapa contoh digital marketing seperti berikut ini:

Email Marketing

Adalah teknik digital marketing yang menggunakan platform email untuk menyampaikan sejumlah promosi atau informasi kepada calon pelanggan. Biasanya Anda dapat menemui digital marketing ini pada inbox email Anda berupa email subscription

Social Media Marketing

Adalah teknik digital marketing yang memanfaatkan platform media sosial seperti facebook, instagram untuk berpromosi atau menyampaikan suatu informasi kepada calon pelanggan atau pelanggan dari suatu bisnis dan perusahaan.

Search Engine Optimization (SEO)

Adalah upaya optimisasi website sehingga muncul di halaman pencarian mesin telusur seperti Google, secara organik atau tidak berbayar. Anda dapat dengan mudah menemukan contoh dari penerapan SEO misalnya ketika sedang mencari mengenai suatu produk atau brand pada mesin pencarian google atau bing.

Search Engine Marketing (SEM)

Apabila SEO adalah cara yang dilakukan secara gratis dengan melakukan optimasi website, maka SEM merupakan cara berbayar yang bertujuan agar website atau informasi mengenai promosi suatu produk dapat muncul pada posisi paling atas di hasil pencarian.

fungsi digital marketing

Fungsi Digital Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis dan Usaha

Semakin banyaknya perusahaan dan bisnis yang menerapkan digital marketing tentu dilandasi pada sejumlah kelebihan dan manfaat yang dimiliki digital marketing untuk perusahaan. Adapun sejumlah fungsi dan manfaat digital marketing antara lain:

Lebih Hemat

Pemasaran dengan digital marketing memiliki biaya yang lebih hemat dibandingkan dengan pemasaran konvensional melalui TV atau spanduk, baliho serta brosur. Hal ini memudahkan pelaku usaha kecil untuk dapat mempromosikan produk yang dijualnya tanpa terkendala biaya.

Lebih Efisien dan Efektif

Digital marketing memungkinkan pelaku usaha dan bisnis untuk mengatur dan menentukan biaya beriklan secara lebih bebas dan bisa diatur kapan saja serta sesuai keinginan. Hal ini tentu berbeda dengan biaya beriklan konvensional yang biasanya bersifat fixed dan tidak dapat diubah sesuka hati.

Jangkauan Lebih Luas

Digital Marketing memiliki keuntungan dari segi jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan iklan konvensional. Dengan memanfaatkan internet, Anda dapat mempromosikan produk Anda ke berbagai belahan dunia.

Lebih Tepat Sasaran

Dengan digital marketing perusahaan dapat lebih memfokuskan periklanan kepada calon konsumen yang lebih potensial sehingga iklan lebih tepat sasaran dan efektif dalam menghasilkan penjualan. Hal ini tentu menguntungkan serta perusahaan dapat menghindari kerugian akibat iklan yang tidak tepat sasaran

Kemudahan Evaluasi dan Optimisasi

Dengan menggunakan digital marketing, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui.  Informasi seperti berapa lama produk Anda ditonton, berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa banyak penjualan dari setiap iklan dan sebagainya.

Kemudahan dan kecepatan evaluasi ini memungkinkan Anda untuk segera menyesuaikan stragei pemasaran yang dilakukan agar lebih efektif dan tepat sasaran.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian digital marketing, contoh – contoh digital marketing serta apa saja fungsi dan manfaat digital marketing untuk bisnis dan usaha.

Leave a Reply