X

Ini Dia Alasan Mengapa Paper Shredder Sangat Dibutuhkan

Rahasia perusahaan yang sensitif dan informasi pribadi klien menjadi sesuatu yang vital dalam menghadapi persaingan bisnis dan semakin banyak orang kini peduli menjaga informasi pribadi mereka. Meski informasi kini banyak tersimpan secara digital pada server komputer, namun informasi penting mengenai bisnis dan perusahaan masih banyak tersedia diatas kertas.

Melempar kertas tersebut ketempat sampah memiliki risiko besar terhadap informasi penting perusahaan maupun data pribadi terekspos. Salah satu cara mengatasi kehawatiran informasi penting jatuh ketangan orang lain ialah dengan menghancurkan dokumen penting tersebut menggunakan paper shredder atau mesin penghacur kertas.

Berikut sejumlah alasan mengapa paper shredder harus dimiliki setiap kantor atau bila perlu dimiliki secara pribadi.

1. Keamanan
Banyak orang percaya bahwa penipuan dan pencurian informasi dan identitas hanya terjadi pada mereka yang menyimpan informasi secara digital. Pada kenyataannya 43% pelanggaran keamanan terjadi melalui sarana fisik seperti dumpster diving (mendapatkan akses informasi rahasia dengan melihat catatan dokumen perusahaan dari tempat sampah).

2. Melindungi Rahasia Bisnis atau Informasi Penting
Penting untuk melindungi rahasia perusahaan mengingat dunia bisnis sangat kompetitif, bahkan perushaan yang peduli dengan profit selalu menjaga dokumen mereka aman dari lirikan perusahaan pesaing. Sehingga perlu menghancurkan dokumen penting dan bukan membuangnya ketempat sampah.

3. Pengelolaan Sampah Lebih Baik
Pengelolaan sampah selalu menjadi masalah bagi perusahaan. Membuang limbah dengan efektif membuat kantor lebih bersih, teratur dan nyaman. Paper shredder selain mampu menghancurkan dokumen penting juga membantu mengurangi volume sampah kertas, sehingga limbah kertas yang tertampung lebih banyak sebelum mengirimnya ketempat pembuangan.

4. Ramah Lingkungan
Paper shredder juga memberikan perusahaan opsi lain bagaimana menangangi limbah kertas. Ketika mengirim barang perusahaan tidak perlu lagi menggunakan styrofoam, bisa menggunakan limbah robekan keras sebagai bantalan untuk melindungi barang yang dikirim. Robekan kertas juga baik untuk kompos sehingga, selain mengurangi penggunanan styrofoam yang sulit hancur oleh bakteri juga berkontribusi membuat tanah lebih subur. Perusahaan juga bisa memilih opsi untuk mendaur ulang limbah kertas dari paper shredder.

5. Kewajiban Hukum
Ada sejumlah perusahaan yang memiliki kewajiban hukum untuk menghancurkan dokumen-dokumen tertentu untuk melindungi privasi klien. Namun, meski tidak diwajibkan secara hukum perusahaan perlu menghancurkan dokumen yang berisi informasi sensitif demi melindungi privasi klien agar jangan sampai mereka dirugikan bila jatuh ketangan yang salah.

Nah B’nerz, sudah tahukan manfaat paper shredder?

Categories: Tips & Tutorial
Bhinneka: Bhinneka merupakan pionir B2B e-commerce di Indonesia yang melayani UKM, korporasi dan instansi pemerintah. Selama lebih dari 30 tahun Bhinneka melayani pengadaan barang dan jasa, seperti: gadget, PC/laptop, peralatan networking, produk MRO, elektronik kantor, furnitur, produk digital printing, software, servis, hingga jasa instalasi. Bhinneka bekerjasama dengan LKPP untuk layani pengadaan pemerintah melalui e-Katalog. Bhinneka juga mengembangkan Business Solutions yang menghadirkan IoT Solution, System Integration & Customized Solution, dan Infrastructure Solution. Sebagai perusahaan digital yang visioner, Bhinneka aktif memberikan solusi produk dan jasa terbaik untuk semua segmen konsumen bisnis melalui blog.
Related Post