Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Istilah – Istilah dalam Pengiriman Kargo dan Logistik

Istilah – istilah dalam pengiriman kargo serta pengiriman logistik cukup banyak dan beragam. Istilah – istilah ini hendaknya diketahui dan dipahami terutama oleh Anda yang berkecimpung dalam usaha pengiriman barang dari dan ke luar negeri.

Baik pengiriman ekspedisi maupun pengiriman kargo sama – sama penting untuk keperluan bisnis atau usaha untuk mengirimkan barang. Keduanya sama – sama digunakan untuk mengirimkan barang berupa paket, dokumen, atau barang lainnya.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas sejumlah istilah umum yang sering ditemui dalam dunia logistik serta pengiriman barang dan kargo maupun freight forwarding.

Istilah – Istilah dalam Pengiriman Kargo

Mengetahui berbagai istilah dan arti dari istilah dalam dunia logistik dan pengiriman kargo seperti FCL, LCL, B/L, Airwaybill dan lainnya dapat mempermudah Anda dalam melakukan proses pengiriman barang serta memperlancar komunikasi Anda dengan penyedia jasa pengiriman logistik seperti ekspedisi maupun freight forwarder.

Berikut ini adalah beberapa istilah umum dalam pengiriman logistik maupun kargo:

Shipper

Istilah shipper merujuk pada pengirim barang atau exportir barang, yaitu pihak yang mengirimkan barang kepada pembeli

Consignee

Consignee atau Cnee yaitu pihak yang menerima barang atau sekaligus sebagai pembeli

Description of Goods

Adalah rincian barang yang biasa dituliskan dalam Packing List maupun di dalam Bill of Lading (B/L). Dalam proses pengiriman barang seperti melalui kargo laut atau udara, Anda akan diminta untuk merincikan barang yang Anda kirimkan dengan lengkap dan jelas.

G.W

G.W atau Gross Weight adalah berat kotor barang yang mencakup berat kemasan dan juga berat barang itu sendiri

N.W

N.W atau Net Weight adalah berat bersih yaitu berat barang tanpa menghitung berat kemasan

LCL

LCL atau Less Container Load adalah layanan pengiriman kontainer yang menggabungkan banyak barang kiriman dari berbagai pengirim lainnya dalam satu muatan kontainer.

FCL

FCL atau Full Container Load adalah istilah yang merujuk pada layanan pengiriman menggunakan kontainer dimana satu container hanya memuat barang atau kargo hanya dari satu pengirim saja

CY

CY atau Container Yard adalah moda pengiriman peti kemas atau container dari tempat penumpukan peti kemas tempat asal ke tempat penumpukan peti kemas tempat tujuan. Dalam pengiriman FCL, biasanya akan ditulis dengan tanda CY-CY

istilah dalam pengiriman kargo

Feeder Vessel

Adalah kapal pengumpan, yaitu kapal yang digunakan untuk mengangkut kargo laut berupa container dari pelabuhan asal ke pelabuhan transit

Mother Vessel

Adalah kapal pengangkut utama dengan kapasitas besar melebihi feeder vessel dan biasanya digunakan untuk mengangkut container dari pelabuhan transit menuju pelabuhan tujuan

Voy

Voy atau Voyage adalah nomor keberangkatan kapal

ETD

Estimated Time of Departure adalah estimasi atau perkiraan waktu keberangkatan kapal dari pelabuhan

ETA

Estimated Time of Arrival adalah estimasi atau perkiraan waktu kedatangan kapal di pelabuhan

Bill of Lading

Bill of Lading atau B/L adalah Konosemen atau bukti pengiriman barang dan pengambilan barang. Dalam B/L terdapat informasi Shipper, Consignee, Notify Party, Vessel & Voy. No., Shipping Marks & Numbers, Description of Goods, GW, NW, Measurement, POD, POL, Destination.

contoh bill of lading

POD

Port of Discharge yaitu pelabuhan tempat muatan dibongkar

POL

Port of Loading yaitu pelabuhan tempat barang kiriman dimuat ke dalam kapal

C & F

Cost and Freight adalah metode Pembayaran di Pelabuhan Muat. Artinya, biaya ongkos kirim sudah di bayar oleh Shipper di Pelabuhan Muat.

CIF

Cost, Insurance & Freight, serupa dengan C&F, dimana biaya asuransi dan ongkos kirim sudah di bayar oleh Shipper di Pelabuhan Muat.

FOB

Free on Board, yaitu metode Pembayaran di pelabuhan bongkar baik itu Harga Barang (Nilai Commercial Invoice), Asuransi (Insurrance) dan Biaya Pengiriman (Freight)

Itulah sejumlah istilah – istilah dalam pengiriman kargo yang seringkali muncul dan digunakan. Mengetahui sejumlah istilah di atas tentu akan mempermudah Anda untuk memahami berbagai proses dan ketentuan dalam pengiriman barang.

Leave a Reply