Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Mau Bikin Website? Kenali Dulu Jenis-Jenis Hosting

Web hosting adalah sebuah layanan berbasis online dan menyediakan tempat penyimpanan file di website. Melalui hosting ini, seseorang bisa menyimpan file sehingga merubahnya menjadi konten dan bisa semua orang akses lewat internet. Ketika membeli hosting, Anda seperti sedang menyewa ruang server online untuk data website. Dalam penerapannya terdapat beberapa Jenis-Jenis Hosting.

Analogi sederhananya adalah hosting merupakan lahan yang seseorang sewa untuk membangun rumah bisnis dalam bentuk website. Hosting akan menyimpan semua data yang akan pengguna tampilkan mulai dari teks, foto, sampai dengan video.

Pada dasarnya web server yang sedang menghosting website merupakan komputer fisik. Komputer ini akan aktif terus dan menjalankan aktivitas transfer data secara online sehingga tampilan konten bisa dilihat oleh para pengunjung. Dengan membeli server untuk web hosting, maka seseorang bisa membuat website dengan berbagai kebutuhan.

Fungsi utama dari hosting sendiri adalah mengelola dan menjalankan server. Dalam penerapannya sendiri ada beberapa jenis web hosting yang bisa seseorang manfaatkan. Untuk memudahkan Anda dalam memilih jenisnya, berikut adalah jenis-jenis hosting.

Website Hosting

1. Jenis Hosting Cloud 

Pertama ada jenis cloud hosting yang dapat seseorang gunakan untuk membuat sebuah website. Karakteristik dari jenis ini adalah penggunaan beberapa server virtual. Fungsinya adalah bila terjadi gangguan dari salah satu server, server lain dapat menggantikannya sehingga performa website tetap berjalan optimal.

Cloud Hosting sering menjadi pilihan terbaik untuk mengelola website berskala besar. Bisnis seperti membangung toko online sangat bagus menggunakan jenis satu ini. Keunggulan dari jenis cloud hosting antara lain down-time minim, tidak sering mengalami masalah hardware, sudah menggunakan fitur load balancing, dan mudah menyesuaikan kebutuhan dengan resource yang ada.

2. Dedicated Hosting

Berikutnya ada jenis Dedicated Hosting yang hadir dengan pengaturan mandiri. Jenis satu ini hadir dengan serveir fisik dan memengunkinkan pengguna mengkonfigurasi server sendiri misal memilih OS, software sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan. Dengan kata lain, apabila Anda memilih jenis hosting ini sama halnya membuat server pribadi.

Sementara dedicated hosting juga biasanya menawarkan layanan tambahan seperti dukungan perusahaan web host. Jenis satu ini cocok untuk kebutuhan bisnis online yang membutuhkan traffic super padat. Keunggulan dari jenis hosting ini antara lain performa optimal, akses root ke server, dan kontrol penuh ke konfigurasi server.

3. WordPress Hosting

Berikutnya ada jenis hosting dari WordPress yang juga banyak jadi andalan orang. WordPress hosting memiliki ciri khas yaitu CMS Hosting. Tipe ini dapat menghadirkan layanan server secara optimal dengan kemampuan loading begitu cepat dan sangat sedikit permasalahannya. CMS WordPress sudah terkenal dan banyak perusahaan gunakan.

Salah satu fitur tambahan yang membuat banyak orang tertarik menggunakan wordpress hosting adalah fitur tema siap pakai. Selain itu terdapat ratusan plugin yang dapat membantu pengguna mengembangkan website menjadi lebih baik. Keunggulan dari wordpress hosting adalah murah, mudah untuk pemula, performa optimal, plugin tema tersedia sangat banyak, dan tim customer yang selalu siap.

4. Jenis Shared Hosting

Selanjutnya ada shared hosting yang hadir dengan konsep berbagai. Sesuai dengan namanya resource atau sumber daya dari satu server ini dapat pengguna pakai secara bersama sama. Pengguna bisa saling berbagi ketika menggunakan memori server, daya komputasi, klien, dan ruang disk.

Daya tarik paling utama dari shared hosting ini sendiri adalah dari harganya. Pengguna dapat menikmati layanan server hosting dengan harga terjangkau sehingga cocok untuk para pebisnis kecil yang ingin membuat website pribadi. Akan tetapi perlu pengguna ingat jika hosting ini perlu melakukan konfigurasi tingkat lanjut agar bandwidthnya tinggi.

5. Jenis VPS Hosting

Jenis hosting berikutnya adalah VPS Hosting di mana penerapannya memanfaatkan ruang server fisik yang sama dengan website lain. Setiap user akan menggunakan partisi virtual tersendiri untuk website hosting sehingga akan memiliki resource khusus. Virtual Private server atau VPS cukup bagus untuk menjalankan website berbasis sedang.

Beberapa website berskala medium seperti blog ataupun toko online dapat Anda kelola dengan baik apabila menggunakan jenis hosting satu ini. Keunggulan dari VPS hosting sendiri antara lain adalah ruang server khusus, mudah menyesuaikan kebutuhan, traffic website lain tidak bisa mempengaruhi, dan akses root ke server cepat.

Bhinneka: Solusi Pembuatan Website Praktis dan Siap Pakai

Bagi Anda yang ingin membuat website, namun tidak mempunyai kemampuan developer, Bhinneka siap membantu Anda. Tim Ahli kami dapat membuatkan Anda website yang bisa disesuaikan untuk kebutuhan Anda.

Tertarik? langsung saja buat di eCommerce Builder Bhinneka, atau hubungi tim kami di:

Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : Corporate@bhinneka.com

 

Leave a Reply