Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Jenis-jenis Keyboard: Berdasarkan Bentuk dan Pemetaan Tombol

Keyboard merupakan salah satu perangkat keras yang punya peran penting dalam mengoperasikan komputer, laptop, atau perangkat elektronik lainnya. Bentuknya seperti papan dengan berbagai macam tombol huruf. Fungsi utama dari keyboard adalah untuk mengirimkan huruf, angka, atau simbol sehingga sampai ke CPU. Sekarang cukup banyak jenis-jenis keyboard di pasaran.

Keyboard merupakan komponen penting saat ini. Karena memiliki peran besar dalam memasukan perintah ke berbagai perangkat keras lainnya membuat produk ini semakin berkembang. Sejauh telah banyak tipenya. Berikut beberapa macam jenis keyboard perlu Anda ketahui :

Jenis-jenis Keyboard Berdasarkan Konektornya

1. Keyboard Wireless

Jenis-jenis Keyboard Wireless

Keyboard wireless merupakan jenis terbaru dalam pengembangannya. Tipe ini memungkinkan pengguna menggunakan keyboard dan mengkoneksikannya ke perangkat lain seperti laptop atau komputer tanpa harus menggunakan kabel.

Hal ini lantaran jenis keyboard satu ini menggunakan teknologi nirkabel seperti infrared, Bluetooth, dan Wi-Fi. Keyboard wireless akan terhubung dengan perangkat lain menggunakan unit penerima dan pemancar. Penggunaannya sangat bagus dan modern.

2. Keyboard Serial

Keyboard Serial

Keyboard tipe ini memiliki system DIN 5 Male, dimana fungsinya agar bisa cocok saat dihubungkan dengan komputer berjenis AT. Din 5 Male ini memberikan kepada penggunanya 5 buah jarum untuk menghubungkan keyboard ke komputer.

Keyboard serial ini memiliki port berukuran besar sehingga kabel akan sangat tebal. 5 jarum yang ada di dalamnya memiliki feran sebagai detektor tombol aktif. Umumnya penggunaan keyboard serial ini untuk komputer atau perangkat komputasi jadul.

3. Keyboard PS/2

Keyboard PS2

Keyboard jenis ini merupakan pengembangan dari tipe serial. Keyboard PS/2 hanya bisa pengguna pakai untuk beberapa komputer saja khususnya yang bertipe ATX. Jenis satu ini akan menawarkan 6 jarum sebagai kontaktor yang nantinya bisa pengguna pakai.

Dalam prakteknya penggunaannya hampir mirip dengan keyboard serial karena memang pengembangan dari versi sebelumnya. Tentu saja pemakaian keyboard tipe ini khusus untuk komputer atau perangkat lama juga.

4. Keyboard USB

Kyeboard USB

Untuk saat ini tentu saja keyboard USB menjadi perangkat papan ketik paling sering orang gunakan. Alat satu ini akan sering Anda lihat di berbagai perangkat seperti komputer dan laptop. Jenis ini memanfaatkan konektor USB sebagai proses detector dan transfer data.

Sekarang telah banyak berbagai desain serta model keyboard USB yang menyesuaikan dengan komputer atau laptop tertentu. Tidak heran bila sekarang tersedia cukup banyak pilihan model saat hendak menggunakan jenis satu ini.

Jenis-Jenis Keyboard Berdasarkan Pemetaan Tombol

1. Keyboard QWERTY

Keyboard QWERTY

Keyboard jenis QWERTY mungkin yang paling sering Anda lihat. Karena tipe ini memang sudah ada sejak 1905. Sedangkan untuk pertama kali dibuat dalam sejarah pada tahun 1878. Dengan sistem pemetaan QWERTY, pengguna dapat memakainya secara mudah dalam melakukan input data pada perangkat komputasi.

2. Keyboard Maltron

Keyboard Maltron

Keyboard maltron menawarkan bentuk cukup unik, di mana terdapat cekungan aga kedalam di desainnya. Keyboard satu ini punya fungsi khusus agar jari jari pengguna dalam posisi terbaik saat mengetik. Kebanyakan pengguna akan merasakan kenyaman karena tidak membentuk garis lurus pada desain pemetaannya.

3. Keyboard Chord

Keyboard Chord

Keyboard jenis ini akan menampilkan jauh lebih sedikit tombol. Keyboard chord punya fungsi berbeda dari lainnya Ketika Anda ingin memasukan huruf. Pengguna harus menekan tombol secara bersamaan saat melakukan aktivitas ini.

Saat ini keyboard chord hadir dalam dua varian, yakni palantype dengan tiga karakter, konsonan awal di sisi kirinya. Kemudian, konsonan tengah untuk huruf vokal dan konsonan akhir di area kanan. Sementara varian kedua adalah stenotype yang umumnya para wartawan gunakan dalam menceritakan berbagai hal secara akurat dan cepat.

4. Keyboard Alphabetic

Keyboard Alphabetic

Jenis satu ini memiliki tombol yang alphabetic seperti qwerty. Akan tetapi susunanya berbeda, di keyboard alphabetic ini benar-benar tersusun sesuai urutan abjad (alphabet). Misalnya A sebelahnya pastinya huruf B, lalu huruf x maka sebelah kirinya akan ada z begitu seterusnya.

Pengaturan in memang sedikit unik, bagi Anda yang sudah terbiasa dengan keyboard qwerty akan cukup kesulitan saat menggunakan keyboard dengan jenis ini. Sedangkan latar belakang dari pembuatannya karena terdapat beberapa orang yang memang terbiasa dengan susunan mutlak dari alphabet itu sendiri.

Demikian pembahasan tentang jenis-jenis keyboard. Silakan kunjungi harga keyboard terbaru bagi anda yang ingin membeli keyboard untuk komputer anda.

Leave a Reply