Kasus COVID-19_Tips Jaga Kesehatan Ala Anak Kos
Tips & Tutorial

Kasus Covid-19 Melonjak, Tips Jaga Kesehatan Ala Anak Kos!

Kasus harian Corona Virus Disease (COVID-19) kembali melonjak. Siapapun yang mendengar kabar peningkatan kasus COVID-19 pasti akan merasa cemas, apalagi bagi anak kos. Tinggal sendiri dan jauh dari rumah akan membuat Anda merasa khawatir. Namun, Anda tidak perlu panik. Penularan dapat dicegah dengan cara yang tepat. Berikut beberapa tips jaga kesehatan ala anak kos!

Tips Menjaga Kesehatan Ala Anak Kos Selama Pandemi COVID-19

1. Rajin Cuci Tangan Secara Teratur

Kasus COVID-19_Cuci Tangan

Penularan kasus COVID-19 dapat dikurangi dengan cara rajin mencuci tangan dengan sabun. Saat melakukan interaksi dengan orang lain, sering kali melibatkan kontak fisik, seperti bersalaman.

Apabila tangan Anda tidak sengaja terkena virus tanpa melakukan proses mencuci tangan yang bersih, Anda dapat tertular COVID-19 dengan mudah.

Dengan rajin mencuci tangan, Anda dapat mencegah penularan virus. Berikut langkah-langkah mencuci tangan yang benar:

  1. Basahi kedua tangan Anda dengan air yang mengalir memakai air yang mengalir
  2. Tuangkan sabun secukupnya pada tangan lalu usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar
  3. Gosok kedua punggung tangan dan juga jari-jari tangan hingga bersih
  4. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian lalu letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok secara perlahan
  5. Akhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir. Keringkan tangan Anda dengan memakai handuk ataupun tisu.

Saat mencuci tangan, lakukan setidaknya selama 20 detik. Kegiatan ini merupakan cara sederhana untuk menjauhkan diri dari COVID-19. Anda dapat melakukannya sebelum makan, setelah buang air besar, dan juga setelah melakukan aktivitas lainnya.

2. Rajin Membersihkan Kamar Kos

Kasus COVID-19_Membersihkan Kamar Kos

Bagi Anda yang sedang tinggal di kos, penyebaran virus corona dapat diminimalisasi dengan membersihkan kamar kos. Rutinlah membersihkan barang-barang yang sering Anda sentuh, seperti piring, gelas, sendok, meja belajar, dan juga lemari pakaian.

Pembersihan kamar dapat dilakukan secara maksimal dengan menyemprot cairan disinfektan, hal ini bertujuan untuk membunuh kuman secara efektif.

3. Hindari Sembarang Menyentuh Wajah

Kasus COVID-19_Menyentuh Wajah

Perlu diketahui tangan Anda dapat membawa virus untuk masuk ke mulut, hidung, ataupun mata. Oleh karena itu, hindarilah menyentuh wajah dengan sembarang. Pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih sebelum menyentuh wajah.

3. Jagalah Kebersihan Fasilitas Bersama Di Kos

COVID-19_Fasillitas Bersama

Sebagai anak kos, Anda harus bersedia untuk berbagi fasilitas dengan penghuni lainnya. Mulai dari menggunakan fasilitas dapur, kamar mandi luar, tempat jemuran, maupun ruang tengah.

Dengan demikian sudah sewajibnya Anda menjaga kebersihan fasilitas-fasilitas tersebut, seperti mulai membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarang, membersihkan dapur setiap kali selesai memakainya, dan juga tidak membuang dahak atau batuk sembarang.

4. Pola Makan Sehat

Kasus COVID-19_Pola Makan Sehat

Dengan menjaga pola makan yang sehat dan juga teratur, Anda dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga menjaga tubuh agar tetap sehat. Pola makan gizi yang seimbang dapat diterapkan dengan memperbanyak konsumsi buah dan juga sayuran.

5. Berolahraga secara Teratur

Kasus COVID-19_Olahraga

Olahraga dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh Anda. Tentu saja hal ini efektif sebagai cara untuk menjaga kesehatan saat pandemi. Luangkan waktu untuk berolahraga sekitar tiga hingga empat kali dalam seminggu.

Anda dapat melakukan jogging, bersepeda, yoga, dan olahraga sejenisnya dalam jumlah sedang yang dapat membantu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap terhadap virus dan juga bakteri.

6. Hindari Bepergian Apabila Tidak Mendesak

Interaksi jarak dekat yang dilakukan dengan orang lain dapat memicu penularan virus corona COVID-19. Sebisa mungkin untuk menunda bepergian untuk mengurangi peluang penularan virus corona. Sebaiknya Anda tetap berada di kos saja. Apabila Anda ingin mengadakan acara di luar kota, sebaiknya perjalanan tersebut ditunda hingga kondisi menjadi kondusif kembali.

7. Tidur yang Cukup

Tips Jaga Kesehatan_Tidur yang Cukup

Saat tubuh Anda mendapatkan istirahat dan juga tidur yang cukup, Anda akan merasakan banyak hal positif. Tidur yang cukup dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi, seperti COVID-19 yang membahayakan.

Faktanya, menurut penelitian memang ada bagian respons imun tubuh yang hanya dapat terjadi saat Anda sedang tidur. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat mengendalikan perasaan stres serta membuat tubuh lebih fokus saat bekerja.

Nah, itulah beberapa tips menjaga kesehatan yang bisa dilakukan anak kos. Pastikan Anda melakukan semua hal tersebut secara rutin agar sistem imunitas tubuh tetap fit sehingga mampu menghindari serangan dari virus corona atau COVID-19 yang berbahaya.

Punya tips praktis cegah penularan kasus COVID-19 lainnya di lingkungan kost? Yuk, share di kolom komentar di bawah ini.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Mahasiswa yang Bisa Dijalankan Sambil Kuliah, Wajib Dicoba!

Leave a Reply