Tips & Tutorial

Kenali Gejala Asam Urat dan Penyebab Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja termasuk anak muda, dimana gejala asam urat umum ditandai dengan rasa nyeri pada area sendi tubuh. Selain rasa nyeri tak tertahankan ada beberapa gejala lain dari penyakit asam urat ini.

Sebenarnya apa saja yang dapat menjadi penyebab seseorang menderita asam urat, apa saja gejala yang menyertainya dan bagaimana cara mengatasi atau mencegah asam urat? Dalam artikel ini akan dibahas dengan singkat penyebab, gejala asam urat serta cara mencegahnya.

Apa Itu Penyakit Asam Urat

Penyakit Asam Urat / Gout adalah kondisi penyakit dimana kadar asam urat dalam tubuh (uric acid) sangat tinggi melewati batas normal. Kadar uric acid yang tinggi akan menimbulkan kristalisasi dan menyebabkan peradangan pada area – area sendi tubuh.

tingkat asam urat normal

Uric Acid sendiri adalah zat dalam tubuh yang berfungsi untuk memecah purine. Umumnya uric acid akan larut dalam darah dan dibuang bersama dengan urine. Akan tetapi pada penderita asam urat, tingkat kandungan asam urat dalam tubuh tinggi sehingga menimbulkan kristalisasi pada uric acid, bersarang pada sendi dan menimbulkan apa yang disebut dengan gout.

Siapa saja yang Dapat Terkena Asam Urat

Penyakit Asam urat dapat lebih mudah menyerang pria, terutama yang berusia diatas 30 tahun. Namun penyakit asam urat juga dapat menyerang wanita. Bahkan tidak jarang anak muda juga mulai banyak yang memiliki gejala asam urat.

Hal ini disebabkan dari gaya hidup, pola makan, maupun kurangnya olahraga. Mengkonsumsi makanan yang tinggi purin, faktor risiko genetik, dan lainnya dapat menyebabkan seseorang terkena asam urat.

Kadar Normal Asam Urat dalam Tubuh

Berikut ini adalah kisaran kadar asam urat normal dalam darah:

  • Wanita dewasa: antara 2,4 – 6,0 mg/dl
  • Pria dewasa: antara 3,1 – 7,0 mg/dl
  • Anak – anak: antara 2,0 – 5,5 mg/dl

Apabila Anda melakukan pengecekan asam urat baik dilakukan secara mandiri ataupun melalui lab dan mendapatkan hasil di atas rentang normal diatas, maka Anda dikatakan memiliki asam urat tinggi / hiperurisemia. Jika dibiarkan kondisi ini dapat menimbulkan nyeri pada sendi dan penyakit lainnya.

Gejala & Akibatnya

Penyakit asam urat diakibatkan tingginya kadar asam urat dalam darah yang dibiarkan sehingga memicu kristalisasi asam urat dan menyebabkan gout atau peradangan pada sendi. Penyakit asam urat umum ditandai dengan:

  1. Sendi terasa sangat sakit
  2. Sulit untuk berjalan atau bergerak karena rasa sakit tidak tertahankan
  3. Sendi yang terasa sakit umumnya di jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki.
  4. Sendi terlihat kemerahan, bengkak atau terasa panas

Apabila gejala asam urat atau tingkat kadar asam urat yang tinggi tidak diturunkan atau diredakan gejalanya dapat menyebabkan berbagai komplikasi lain, misalnya selain nyeri sendi, asam urat tinggi dapat menumpuk pada ginjal dan berakibat menjadi batu ginjal.

asam urat

Penyebab dan Cara Mencegah

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kadar asam urat seseorang dalam darah menjadi tinggi dan mengakibatkan munculnya gout, antara lain:

  1. Makan makanan yang tinggi kandungan purine seperti daging merah, seafood
  2. Banyak mengkonsumsi minuman tinggi gula, alkohol atau kopi
  3. Obat – obatan tertentu
  4. Adanya riwayat penyakit asam urat pada keluarga

Sedangkan cara untuk mencegah atau mengurangi risiko asam urat dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengurangi konsumsi makanan yang tinggi purine
  2. Minum kopi secukupnya atau kurangi frekuensi minum kopi
  3. Rajin berolahraga
  4. Konsumsi buah dengan antioksidan tinggi
  5. Tidak minum minuman beralkohol

Leave a Reply