Tips & Tutorial

Laptop Kena Air? Jangan Panik! Ikut Langkah-Langkah Berikut

Memasuki era modern seperti sekarang ini, laptop sudah menjadi kebutuhan primer. Hampir semua pekerjaan saat ini menggunakan perangkat komputasi seperti laptop. Ketika bekerja dengan laptop, terdapat beberapa masalah yang sering muncul seperti Laptop Kena Air. Lalu bagaimana mengatasi ketika laptop kena air ini ?

Cara Mengatasi Laptop Kena Air

Kecelakaan ketika bekerja menggunakan laptop seperti ketumpahan air kopi memang sering terjadi. Masalah lainnya yang menyebabkan laptop terkena air adalah kemasukan air hujan. Jika Anda mengalami hal seperti ini, usahakan untuk tidak panik terlebih dahulu. Terdapat beberapa cara untuk mengatasinya sebagai berikut :

1. Melepaskan Kabel Charger Terlebih Dahulu

Ketumpahan air dari minuman seperti kopi ke laptop memang kerap kali terjadi. Apabila Anda mengalami hal ini, dan posisi laptop sedang mengisi daya jangan panik. Pertama tama yang harus pengguna lakukan adalah melepaskan semua aliran listrik termasuk kabel charger dari laptop kemudian mematikan perangkat.

Laptop yang terkena air akan menghantarkan arus dengan listrik berkekuatan tinggi sehingga berpotensi mengalami konslet. Untuk menyelamatkan laptop dari arus tegangan tinggi akibat aktivitas penyaluran daya, pastikan melepaskan laptop dari kabel chargernya kemudian matikan sesat ketumpahan air tadi.

2. Membalik Posisi Laptop

Apabila laptop terkena air akibat hujan atau tumpuhan kopi, Anda juga harus melakukan penggiringan agar semua komponen terbebas dari air. Salah satu caranya adalah dengan mengubah posisi laptop menjadi terbaik ke arah bawah.

Tujuan dari tindakan ini adalah agar air yang tadinya masuk dan mulai menggenangi komponen komponen laptop dapat terbuang dengan cara meritisikannya. Posisi terbalik ini akan mengeluarkan air lewat celah celah keyboard. Buat posisi laptop seperti ini kurang lebih 1 sampai 2 jam.

3. Membersihkan Area dan Bagian yang Terkena Basah

Laptop yang terkena tumpahan kopi atau hujan bisanya hanya sebagiannya saja basah. Untuk itu cara penanganan sederhananya adalah dengan membersihkan atau mengelap bagian basah tersebut dengan menggunakan tisu atau kain lap sehingga kering.

Umumnya jika ketumpahan air minum Anda bisa membersihkan bagian lubang lubang kabel mulai dari port USB, Charger, Kamera layar, layar, sampai beberapa bagian kecil. Setelah melakukan beberapa langkah tersebut cobalah untuk menghidupkan kembali laptop, jika berhasil maka air dapat keluar dan laptop bisa berfungsi sedia kala.

Laptop Kena Air

Metode Lain untuk Atasi Laptop Kena Air

Apabila metode pertama merupakan langkah langkah sederhana, ada juga cara lain yang lebih rumit namun akurasi keberhasilan tinggi. Caranya dengan membongkar laptop itu sendiri dan melakukan pengeringan secara manual. Untuk mempraktekan hal ini berikut langkah langkahnya :

1. Mematikan Laptop dan Membongkar Komponennya

Laptop terkena air biasanya bisa langsung menyerap ke dalam komponen dengan cepat. Salah satu metode terbaik mengatasinya adalah dengan membongkarnya, apabila Anda memiliki kemampuan atau bisa membongkarnya coba lakukan.

Proses pembongkaran ini tidak harus semua komponen melainkan casing bagian belakang saja. Gunakan obeng khusus laptop kemudian lepas area casing penutup komponen. Cabut baterai dan juga RAM kemudian posisikan secara terbalik.

2. Mulai Mengeringkan Komponen Laptop

Setelah Anda berhasil membongkar beberapa komponen tersebut langsung keringkan saja secara terpisah bagian bagian ini. Jika memang air yang masuk sangat banyak maka akan terlihat jelas proses keluarnya air.

Akan tetapi jika air pada laptop tadi tidak banyak, mungkin proses keluarnya air tidak begitu kelihatan. Diamkan kurang lebih 24 jam dalam posisi terbongkar ini agar air dalam laptop dapat keluar secara perlahan dan seutuhnya kering serta terbebas dari air.

3. Menyalakan Laptopnya Kembali

Ketika proses pengeringan ini sudah mencapai waktu yang Anda berikan, cobalah untuk menyatukan komponen komponen tadi perlahan. Pastikan semua port yang tadi pengguna lepas berada di posisi benar seperti harddisk dan juga RAM.

Setelah semuanya terpasang cobalah untuk menghidupkannya kembali. Jika aktivitas ini berhasil, maka laptop akan menyala seperti sedia kala dan dapat Anda gunakan secara bebas. Namun apabila gagal laptop justru tidak bisa menyala dan jika sudah seperti ini harus menggunakan jasa reparasi.

4. Mendatangi Tukang Service

Apabila semua cara di atas tadi tidak berhasil juga dan justru malah tambah parah, langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop terkena air ini adalah mendatangi tukang service. Sampaikan kepada tukang service masalahnya dan tunggu proses reparasi ini selesai. Jika Anda ragu melakukan pembongkaran pada metode keduanya bisa langsung mendatangi tukang service saja.

Demikian pembahasan tentang cara atasi laptop kena air. Jika anda ingin mendapatkan layanan service di Bhinneka, anda bisa cek info selengkapnya di Bhinneka Servis.

Leave a Reply