Tips & Tutorial

Daftar 7 Lomba 17 Agustus Yang Sederhana dan Mudah Diadakan

Hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus merupakan sebuah momen bersejarah. Untuk merayakan keberhasilan Indonesia mengusir para penjajah, biasannya pada tanggal tersebut akan diadakan sebuah upacara. Selain itu terkadang terdapat lomba 17 agustus yang ikut meramaikan hari bersejarah ini.

Dalam perlombaan ini biasannya anak anak, remaja, orang dewasa akan saling di ikut sertakan dalam sebuah permainan yang nantinya sang pemenang akan mendapatkan hadiah. Tujuan dibuatnya lomba seperti ini adalah untuk memperkuat ikatan antara sesama bangsa Indonesia dengan nilai Kebersamaan, Kerjasama, dan solidaritas masyarakat.

Daftar Lomba 17 Agustus

Apa Saja Lomba Yang Biasannya Diadakan ?

Lomba 17 agustus identik dengan permainan tradisional Indonesia. Kenapa permainan tradisional dipilih ?. hal ini juga bertujuan untuk memperkenalkan permainan ini kepada generasi baru agar tidak pudar sebagai salah satu ciri khas rakyat Indonesia.

Akan tetapi sering dengan perkembangan zaman terdapat juga beberapa permainan yang mengalami perubahan atau revolusi dengan tidak menghilangkan esensi yang telah di bangun. Berikut beberapa contoh lomba pada tanggal 17 Agustus yang sering dilakukan

1. Lomba 17 Agustus Permainan Bakiak

Bakiak merupakan sebuah sandal kayu panjang yang mampu menampung empat sampai enam orang. Dalam permainan ini, para peserta diharuskan untuk berjalan bersama sambil menjaga keisimbangan agar tidak jatuh.

Agar keisimbangan terjaga dan tidak jatuh dibutuhkan kerja sama tim. Siapa yang berjalan lebih cepat maka ia yang akan menang. Permainan ini cukup cepat dalam meningkatkan kebersamaan dan kerja sama.

2. Lomba Permainan Balap Karung

Mungkin permainan yang satu ini tidak asing di telinga Anda, pada saat hari kemerdekaan Indonesia hampir seluruh rakyat Indonesia melakukan perlombaan ini. Permainan ini sendiri berasal dari zaman penjajahan Belanda yang dibawa oleh para misionaris ke sekolah dan instansi dibawah perlindungan Belanda.

Namun ketika sudah merdeka, permainan ini masih dimainkan dan sering muncul dalam perayaan seperti 17an. Cara bermainnya cukup mudah. Peserta masuk ke dalam sebuah karung, kemudian melompat sampai garis finis dengan beradu kecepatan melompat.

3. Lomba Makan Kerupuk

Lomba yang satu ini sangat terkenal di Indonesia. Permainan yang selalu muncul di peringatan hari kemerdekaan Indonesia ini sangat seru. Dalam permainan ini, peserta diharuskan untuk menghabiskan sebuah kerupuk yang diikat di tali, kemudian memaknya dalam posisi tangan terikat. Siapa yang cepat menghabiskan kerupuk ini dialah yang menang.

4. Lomba 17 Agustus Panjat Pinang

Ketika hari kemerdekaan tiba Maka Anda akan melihat sebuah pinang dengan berbagai hadiah di atasnya. Iya lomba panjat pinang pasti akan menjadi permainan puncak pada umumnya. Dalam permainan ini peserta harus memanjat batang pohon dan mendapatkan hadiah yang berada di atas pohon tersebut dengan saling membantu satu sama lain untuk mencapai puncak.

5. Lomba Tarik Tambang

Selain muncul di perayaan hari kemerdekaan. Lomba tarik tambang juga sering muncul dalam acara acara outbound, meeting kelas dan lain lain. Permainan ini cukup populer dan digemari. Ditambah lagi sangat seru, permainan ini mewajibkan dua kelompok yang berdiri pada kedua sisi tali.

Kedua kelompok tersebut akan saling menarik tali hingga melewati batas yang dibuat sehingga kelompok yang berhasil menarik lebih kuat maka dialah yang menang.

6. Lomba 17 agustus Mukbang Kerupuk

Selain lomba tradisional, terdapat juga beberapa lomba yang datang dikarenakan situasi pandemi serta perkembangan zaman. Lomba modern yang mulai banyak dilakukan pada hari perayaan kemerdekaan adalah lomba mukbang kerupuk.

Lomba ini mengharuskan para pesertanya memakan kerupuk sebanyak banyaknnya yang direkam lewat video. Lomba ini mendapat pandangan yang baik dari rakyat Indonesia dan memberikan hiburan yang cukup besar.

7. Lomba Membuat Syair atau Yel-yel Kemerdekaan

Salah satu lomba yang dapat dilakukan secara Online berikutnya adalah lomba membuat syair atau yel – yel kemerdekaan. Lomba ini memiliki konsep seperti audisi menyanyi. Biasannya pembuatan syair hymne kemerdekaan atau yel yel tenang kemerdekaan yang di lombakan.

Lomba ini bersifat virtual sehingga dapat dilakukan dirumah dengan merekam video kemudian mengirimnya ke panitia. Dapat juga dilakukan menggunakan aplikasi live seperti zoom atau google duo saat hendak mengambil penilian. Hasil buatan syair atau yel yel ini umumnya akan digunakan dalam perayaan berikutnya sebagai lagu pengering tahun tahun depan.

Leave a Reply