Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Manfaat buah bit untuk kesehatan mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Buah bit atau sering juga dianggap sebagai tanaman umbi – umbian, memiliki warna merah keunguan yang cukup khas. Karena bentuknya dan warna merah dari bit yang khas, seringkali tanaman ini dianggap sebagai buah – buahan, meskipun sebenarnya termasuk dalam jenis umbi – umbian seperti singkong.

manfaat buah bit untuk kesehatan

Bagian akar dari buah bit seringkali digunakan sebagai obat kesehatan karena manfaatnya yang banyak. Namun kini, banyak juga yang mengolah bagian daging dan daun dari buah bit, serta dijadikan jus karena kandungan nutrisinya yang banyak. Pada artikel ini akan kita bahas mengenai sejumlah kandungan gizi dan juga manfaat dari bit untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi dari Bit

Buah bit menyediakan nutrisi berupa protein, serat, antioksidan, dan berbagai jenis vitamin, seperti vitamin C dan B6. Buah ini juga memiliki kandungan rendah lemak dan kalori yang aman bagi tubuh. Oleh karenanya, seringkali buah bit digunakan sebagai salah satu kandungan dalam pengobatan alami.

Buah bit yang memiliki warna merah keunguan yang khas juga sering digunakan sebagai pewarna makanan alami maupun sebagai pemanis campuran dalam makanan atau minuman.

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Karena kandungan nutrisinya yang banyak serta rendah lemak dan kalori, buah bit banyak sekali memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat dari buah bit untuk kesehatan:

Mengontrol dan Menurunkan Tekanan Darah

Buah bit memiliki kandungan nitrat yang tinggi dan saat dikonsumsi akan diubah menjadi nitrit oksida di dalam tubuh. Zat ini dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah serta mengontrol dan menjaga agar tekanan darah tetap stabil.

Mengkonsumsi buah bit secara rutin sangat bermanfaat bagi Anda yang mengalami hipertensi serta dapat mencegah penyakit jantung serta stroke akibat tekanan darah tinggi.

Mengatasi Peradangan

Buah bit memiliki kandungan betalain yang memiliki sifat anti inflamasi. Kandungan betalain ini dapat membantu tubuh dalam mengatasi serta mengurangi peradangan maupun nyeri pada sendi.

Membantu Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Buah bit memiliki kandungan folat. Kandungan folat ini sangat berguna untuk ibu hamil dan juga kesehatan janin. Asam folat dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat dan prematur.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah bit kaya akan kandungan serat. Kandungan serta dalam buah bit ini dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu serat juga berguna untuk mencegah sembelit serta infeksi pada usus hingga wasir.

Menjaga Kesehatan Hati

Buah bit memiliki kandungan antioksidan, vitamin A dan vitamin B6 serta zat besi. Kandungan ini dapat membantu menjaga kesehatan hati serta melindungi hati dari inflamasi serta stres oksidatif yang dipicu oleh radikal bebas.

Mencegah Kanker

Selain berguna untuk menjaga kesehatan hati, kandungan antioksidan dalam buah bit juga berguna untuk mencegah kanker. Buah bit mampu menekan pertumbuhan sel kanker karena kandungan antioksidan yang dimiliki.

Meningkatkan Kesuburan

Buah bit dapat membantu sirkulasi darah lebih lancar. Sirkulasi darah yang lebih lancar bermanfaat untuk kesuburan wanita serta dapat membantu melancarkan alirah darah ke rahim.

Demikian sejumlah manfaat buah bit untuk kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin. Anda dapat mengolah buah bit menjadi jus untuk diminum dan tetap mendapatkan sejumlah manfaat kesehatan yang dimiliki oleh buah bit.

Leave a Reply