Tips & Tutorial

Manfaat & Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Secara Efektif

Cara meningkatkan kepuasan pelanggan secara efektif dan tepat merupakan hal penting yang tidak bisa dianggap remeh atau dilupakan saat menjalankan suatu bisnis atau usaha. Tanpa adanya kepuasan pelanggan, bisnis Anda tidak akan dapat bertahan.

Salah satu kunci keberhasilan dalam menjual produk atau majunya suatu bisnis adalah pelanggan yang merasa puas dan percaya pada produk yang Anda tawarkan atau pada usaha yang Anda miliki. Kepuasan pelanggan yang baik berarti pelanggan puas dengan produk atau layanan yang diberikan, dan besar kemungkinan bagi pelanggan tersebut untuk melakukan repeat purchase di kemudian hari.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas sejumlah manfaat dari kepuasan pelanggan serta strategi atau tips bagaimana cara meningkatkan kepuasan pelanggan secara efektif.

Apa itu Kepuasan Pelanggan

Sedikit mengingat kembali yang sudah dibahas terdahulu kepuasan konsumen atau kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan.

Dapat juga kita simpulkan bahwa kepuasan pelanggan adalah tolak ukur atau ukuran yang menunjukkan seberapa puas seorang pelanggan atas produk yang dibelinya.

pengertian customer satisfaction

Manfaat Kepuasan Pelanggan

Mengapa suatu bisnis atau usaha perlu memastikan pelanggannya merasa puas? Tentu jawaban yang paling mudah adalah agar pelanggan tersebut mau membeli produk, baik itu barang atau jasa yang ditawarkan.

Pelanggan yang merasa puas akan suatu bisnis atau usaha dan merasa puas dengan layanan yang diberikan cenderung akan membeli produk yang ditawarkan oleh bisnis atau usaha tersebut. Berikut ini sejumlah manfaat dan alasan mengapa bisnis atau usaha perlu menjaga kepuasan pelanggan mereka:

Meningkatkan Penjualan

Pelanggan yang puas terhadap produk atau layanan dari sebuah bisnis akan terus kembali menggunakan produk yang ditawarkan.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap kesetiaan atau loyalitas dari pelanggan tersebut. Apabila pelanggan merasa puas, besar kemungkinan mereka akan melakukan pembelian ulang atau loyal pada suatu bisnis dan usaha dibandingkan beralih ke kompetitor.

Menciptakan Switching Cost

Pelanggan yang merasa puas akan suatu produk atau bisnis, cenderung enggan untuk beralih ke merek lain atau kompetitor. Mereka akan merasa tidak yakin apakah akan dapat mendapatkan kepuasan yang sama apabila beralih ke produk pesaing.

Word Of Mouth

Pelanggan yang merasa puas tidak akan ragu untuk memberikan testimoni atau rekomendasi kepada orang lain mengenai kualitas dan layanan yang mereka peroleh dari suatu produk atau bisnis yang Anda jalankan. Anda bisa mendapatkan efek pemasaran secara cuma – cuma melalui efek pemasaran word of mouth dari pelanggan yang merasa puas.

Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Setelah mengetahui apa saja manfaat memastikan pelanggan dari usaha atau bisnis Anda merasa puas, lantas apa saja cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan kepuasan pelanggan? Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan kepuasan pelanggan yang bisa Anda coba:

Menjaga Kualitas Produk

Produk yang berkualitas akan membuat pelanggan merasa puas. Anda perlu memastikan produk Anda tetap dari segi kualitas yang ditawarkan atau bahkan lebih baik lagi ke depannya. Apabila kualitas produk Anda memburuk, tentu pelanggan akan kecewa dan beralih ke kompetitor.

Minta Umpan Balik dari Pelanggan

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan meminta saran, kritik atau pendapat dari pelanggan akan kualitas produk atau layanan yang mereka terima. Apabila terdapat komentar negatif atau hal yang kurang, Anda dapat berusaha untuk memperbaikinya.

cara meningkatkan kepuasan pelanggan

Responsif atas Masalah Pelanggan

Pelanggan selalu mencari solusi yang cepat, jadi memastikan tim dukungan Anda selalu merespons secara tepat waktu sangat penting untuk memastikan pelanggan Anda tetap merasa puas. Jawab pertanyaan atau inquiry mereka secara tepat waktu, berikan solusi yang tepat dan sesuai akan memastikan pelanggan Anda merasa puas.

Buat Program Khusus Pelanggan Loyal

Pelanggan loyal adalah pelanggan yang sebelumnya sudah merasa puas dengan produk dan layanan yang Anda tawarkan. Untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas mereka, Anda bisa mencoba menciptakan program khusus pelanggan loyal, seperti diskon khusus untuk pelanggan setia.

loyalty program

Berikan Pengalaman yang Konsisten

Penting untuk memberikan pengalaman yang konsisten dalam setiap interaksi dengan pelanggan. Jangan sampai konsistensi dalam layanan kepada pelanggan, kualitas produk atau tingkat responsivitas terhadap masalah pelanggan berbeda – beda dari waktu ke waktu. Hal ini dapat membuat pelanggan menjadi kecewa.

Dengan menaruh perhatian khusus kepada layanan pelanggan, pelanggan Anda akan merasa dihargai serta tidak segan untuk melakukan pembelian ulang serta memberikan rekomendasi kepada orang lain. Untuk itulah, Anda perlu memperhatikan dan menerapkan strategi yang tepat dan konsisten untuk membangun kepuasan pelanggan.

Leave a Reply