Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

6 Manfaat Pemasangan CCTV Untuk Bisnis Anda

CCTV saat ini menjadi salah satu perangkat penting yang harus perusahaan miliki. Kehadirannya dapat meningkatkan keamanan di dalam perusahaan. Salah satu manfaat pemasangan CCTV adalah mencegah terjadinya tindak kejahatan.

Pengawasan keamanan di dalam perusahaan juga harus benar benar menjadi perhatian. Apalagi di era sekarang ini tindak kejahatan jika tidak mendapatkan pengawasan akan semakin merajalela. Untuk itulah memasang CCTV merupakan perihal penting bagi perusahaan saat ini.

Kemunculan CCTV di dunia industri memang cukup bersejarah. Perangkat elektronik satu ini dengan kemampuannya mampu merekam berbagai aktivitas hanya dari kamera kecil. Kemudian rekaman tersebut langsung terkirim ke layar monitor.

Dengan semakin berkembangnya zaman, CCTV juga mengalami banyak perubahan. Teknologi ini semakin canggih dan dapat memberikan banyak manfaat khususnya pada aktivitas industri di sebuah perusahaan.

Manfaat pemasangan CCTV

Manfaat Memasang CCTV di Kantor

Perusahaan manapun tentu menggunakan keamanan tingkat tinggi. Salah satu upaya dalam mewujudkannya adalah dengan memasang CCTV. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa perusahaan Anda peroleh setelah memasang CCTV.

1. Mengoptimalkan Keamanan Perusahaan

Manfaat pertama yang dapat perusahaan rasakan setelah memasangnya adalah peningkatan pada keamanan. Kehadiran CCTV memungkinkan perusahaan untuk melakukan pengawasan secara real time. Keamanan ini berkaitan dengan pencegahan tindak kejahatan.

Dengan menggunakan teknologi yang terhubung ke televisi, maka seseorang bisa memantau perusahaan selama 24 jam. Kehadiran CCTV juga membuat semua kegiatan terekam dengan baik sehingga bisa menjadi barang bukti juga.

2. Mencegah dan Mengantisipasi Aktivitas Kriminalitas

Manfaat selanjutnya yang dapat Anda peroleh dalam pemasangan CCTV ini adalah kekhawatiran pelaku kriminal. Perusahaan yang sudah dilengkapi dengan CCTV dapat membuat pelaku kriminal yang ingin melancarkan aksinya berpikir dua kali.

Biasanya para pelaku kriminal ini akan melakukan observasi terlebih dahulu sebelum melancarkan aktivitas kejahatannya. Apabila terlihat ada banyak CCTV di sebuah bangunan atau perusahaan, maka biasanya para pelaku kriminal ini akan mengurungkan niatnya.

3. Pemantauan Area dalam Kantor Lebih Luas

Salah satu manfaat besar yang begitu berdampak berkat kehadiran CCTV adalah sistem pemantauan. Hal ini sangat penting bagi perusahaan terutama jika areanya luas. Dengan memasang CCTV aktivitas pemantauan bisa menjadi lebih luas.

Hanya dengan sebuah layar monitor saja, seseorang dapat memantau beberapa titik sekaligus secara bersamaan. Hal ini jelas sangat membantu dalam mengawasi semua kegiatan industri yang terjadi dalam perusahaan.

4. Mengawasi dan Memantau Kinerja Karyawan

Tentunya setiap pemilik perusahaan menginginkan karyawannya bekerja dengan baik. Hal ini bisa Anda lakukan apabila tahu apa yang para pegawai kerjakan apakah sudah sesuai dengan job desk atau tidak. CCTV dapat membantu perusahaan melakukan hal ini.

Keberadaan CCTV dapat membuat para karyawan bekerja lebih efektif dan produktif karena adanya rasa terawasi. Hal ini sudah jelas akan meningkatkan kinerja para pekerja dan berdampak positif pada perusahaan tentunya.

5. Menjadi Bahan Penilaian Kinerja Pegawai

Untuk meningkatkan kinerja dan juga produktivitas perusahaan, kegiatan evaluasi terus dilakukan. Salah satu manfaat menggunakan CCTV adalah dapat membantu perusahaan menilai kinerja para pegawai secara akurat. Penilaian akan lebih baik karena tersediannya rekaman kerja ini.

CCTV dapat merekam aktivitas para pegawai apakah sudah bekerja sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Mengambil sampel data dari CCTV sebagai bahan penilaian kinerja akan sangat akurat karena terekam dengan baik.

6. Meminimalisir dan Mencegah Kecelakan Kerja

Resiko terjadinya kecelakaan kerja memang selalu ada di dalam perusahaan. Untuk terhindar hal hal buruk seperti ini pengawasan dan antisipasi harus perusahaan lakukan. Kehadiran CCTV dapat membantu pemilik perusahaan lebih jeli dalam mengamati aktivitas produksi.

Tentu saja kemungkinan akan terjadi kesalahan dalam bekerja bisa seseorang atasi apabila pengawasan berjalan maksimal. CCTV dapat melakukan hal ini dengan sangat baik karena pengawasan berjalan secara optimal.

Solusi Instalasi CCTV dan Survey Pemasangan

Bila Anda sedang mencari CCTV berkualitas untuk pemasangan di kantor Anda, Bhinneka siap membantu Anda. Melalui layanan IT & Infrastructure Installation, tenaga ahli dan profesional siap datang ke kantor Anda. Tersedia berbagai jenis CCTV yang dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan.

Leave a Reply