X

Nastar Kue Lebaran Anti Gagal

Nastar adalah salah satu kue yang sangat banyak di gemari oleh khalayak ramai, dan dapat dinikmati semua kalangan usia, mulai dari yang muda hingga yang tua.

Kue Nastar umumnya berbentuk bulat dengan isi/selai nanas didalamnya dan di atasnya di taburi oleh parutan keju. Akan tetapi toping-nya tergantung dari selera masing-masing, ada yang menggunakan keju, namun ada juga yang menggunakan meses ceres atau yang lainnya.

Kue nastar juga merupakan kue favorit saat lebaran, dimana setiap lebaran saat berkunjung kesuatu tempat, kita akan menemukan kue nastar tersebut. Hal ini membuktikan bahwa kue nastar memang disukai oleh banyak orang.

Namun tidak sedikit juga saat mencoba membuat nastar kita mengalami kegagalan karena beberapa hal, entah karena salah satu bahan atau terlalu lama memanggangnya, namun tidak perlu khawatir, kali ini kita akan membahas bagaimana caranya membuat kue favorit ini berhasil dengan memuaskan tentunya.

Kalau bingung mencari bahannya, kamu bisa cek link berikut: https://www.bhinneka.com/  kebetulan ada banyak promo ramadhan, yang akan membantu kamu untuk menghemat biaya.

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah bahan-bahan. Dimana kamu harus mengetahui bahan apa saja yang akan digunakan, lalu isiannya (selai), dan terakhir atasan (toping).

1. Bahan-bahan adonan Nastar

– Tepung Terigu
– Tepung Maizena
– Butter
– Margarine
– Gula Halus
– Kuning Telur
– Susu bubuk
– Vanili
– Kental Manis (Optional)

Cara membuat adonan kue-nya ;

  1. Pecahkan beberapa telur (sesuai dengan kebutuhan) lalu pisahkan kuning telur dari putih telur kemudian masukkan ke-dalam wadah yang cukup untuk adonan.

  1. Aduk kuning telur hingga merata (tidak terlalu mengental) lalu masukan vanili secukupnya, agar telur tidak amis. Aduk hingga keduanya menyatu.
  2. Kemudia masukkan margarin, keju parut dan juga butter, aduk menggunakan spatula hingga semua bahan tercampur dengan merata.
  3. Secara perlahan masukkan bubuk susu dan juga gula bubuk (sesuai dengan kebutuhan) aduk hingga rata.

  1. Masukkan Tepung Maizena dan tepung terigu kedalam adonan. Sebaiknya sebelum di masukkan alangkah baiknya tepung di ayak dengan ayakan agar tidak ada yang menggumpal.

  1. Lalu aduk hingga semua adonan Kalis, apabila adonan terlalu keras anda bisa menambahkan butter/margarin agar semua bahan bisa di aduk.

  1. Lalu apabila adonan sudah tidak ada yang menempel di tangan/spatula maka adonan di diamkan selama beberapa menit 20-30 menit agar lebih menyatu.
  2. Bentuk adonan melebar di telapak tangan dan masukkan selai secukupnya.
  3. Susun adonan yang telah terisi oleh selai di atas loyang dan oleskan dengan olesan, lalu letakkan keju yang telah di parut/ meses Ceres di atasnya

  1. Adonan siap di panggang di atas api yang sedang, tunggu 15-20 menit (selalu cek kue) agar mendapatkan hasil lebih memiaskan. Apabila sudah terlihat lebih kuning, artinya kue telah matang.

2. Bahan Selai

– Buah Nanas (diparut), menggunakan parutan keju atau alat lainnya.
– Gula Pasir
– Sedikit garam
– Sedikit kayu manis

Cara Masak :
1. Masukkan semua nanas parut kedalam teplon atau kuali yang terbuat dari besi (agar tidak mudah lengket)
2. Terus aduk nanas hingga air dari nanas menyusut
3. Saat air menyusut, masukkan gula pasir sesuai selera, apabila buah nanas nya manis, tidak perlu menggunakan terlalu banyak gula begitu pun sebaliknya.
4. Masukkan se-jumput garam dan juga masukkan kayu manis agar lebih wangi.
5. Aduk terus hingga warna nanas menjadi coklat tua seperti warna teh dan tidak lagi mengeluarkan air.

3. Bahan Olesan/Topping

-Putih telur
-Pewarna makanan (warna oranye)
-Keju parut/Mises seres

Cara Masak
1. Ambil putih telur yang telah kita ambil kuningnya, lalu aduk hingga tidak begitu mengental.
2. Masukkan sedikit pewarna makanan agar telihat lebih berwarna oranye.
3. Lalu oleskan sesuai selera keatas adonan yang belum di panggang
4. Lalu letakkan di atas adonan yang sudah di olesi dengan keju yang telah di parut.
5. Adonan kue siap di panggang.

Baiklah semoga cara-cara di atas bisa membantu kamu untuk membuat kue nastar sendiri dengan rasa yang memuaskan, selamat mencoba.

 

 

 

Categories: Tips & Tutorial
Yudhistira: Yudhistira Arjuna Wicaksana atau akrab dipanggil Yudhi adalah seorang praktisi Digital Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Berbekal pengalaman yang luas dan latar belakang pendidikan Teknik Informatika, Yudhi menggabungkan pengetahuan dan pengalamannya untuk memberikan solusi bisnis praktis di bidang teknologi. Yudhi berkontribusi sebagai penulis artikel di Blog Bhinneka untuk membantu perusahaan kecil, menengah, hingga besar untuk mendapatkan rekomendasi produk terbaik agar dapat meningkatkan performa bisnisnya. Memastikan setiap orang mendapatkan akses ilmu pengetahuan teknologi secara gratis dan up to date.
Related Post