Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Apa Itu Scanner? Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Di era modern ini, teknologi semakin berkembang dan berpengaruh ke seluruh bidang, terutama di bidang bisnis. Semakin pesatnya perkembangan teknologi ini melahirkan era digital yang memunculkan banyak produk digital. Hal ini tidak berlaku hanya untuk produk digital baru, namun banyak orang mulai berusaha mendigitalisasi produk fisik untuk menunjang bisnis. Salah satu alat yang mampu mengubah produk fisik menjadi produk digital tersebut adalah scanner. Saat, sudah muncul berbagai jenis scanner yang dirancang sesuai kebutuhan.

Scanner

Pengertian Scanner

Scanner merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memindai dokumen fisik dan mengubahnya menjadi dokumen digital. Dengan demikian, dokumen bisa menjadi lebih fleksibel baik untuk di-copy, di-edit, di-transfer, dicetak ulang, maupun hanya disimpan sebagai arsip.

Fungsi Scanner

Fungsi dari scanner pada dasarnya adalah membuat versi digital dari dokumen fisik. Namun, pemanfaatan hal ini sangat luas mulai dari kebutuhan pribadi, hingga mengoptimalkan proses bisnis di berbagai industri. Pemanfaatan dari fungsi scanner ini antara lain adalah:

  1. Memudahkan karyawan dalam mengarsipkan, menggandakan, hingga membagikan dokumen-dokumen yang dulunya hanya tersedia dalam versi fisik. Dengan demikian, proses operasional sebuah bisnis atau perusahaan bisa berjalan lebih efisien.
  2. Selain dokumen berupa teks, scanner juga bisa mendigitalisasikan gamber seperti poster, brosur, atau foto sehingga memudahkan seseorang untuk menggandakan atau membagikannya secara individual.

Selain itu, masih banyak dokumen-dokumen yang hanya dibagikan versi fisiknya seperti dokumen pajak, STNK, ijazah, KTP, SIM, dan lain-lain. Anda bisa memanfaatkan scanner untuk membuat file digital agar mudah dicetak atau diupload sebagai persyaratan pendaftaran di berbagai instansi.

Jenis-Jenis Scanner

1. Drum Scanner

Drum Scanner

Scanner jenis ini memiliki bentuk seperti drum (tabung). Meski scanner ini berbentuk besar dan mahal, alat ini juga dilengkapi dengan banyak keunggulan mulai dari resolusi gambar yang sangat tinggi hingga mencapai 10.000 dpi dengan kecepatan scan yang melebihi 1.000 RPM, dan minim getaran. Scanner ini memberikan kualitas scan terbaik dan sering digunakan untuk produk grafik komersial untuk foto atau poster berukuran dinding.

2. Flatbed Scanner

Flatbed Scanner

Alat ini merupakan jenis scanner yang paling umum yang memindai dokumen pada permukaan datar. Scanner jenis ini sering digunakan untuk memindai dokumen, foto, buku. Alat ini tersedia dalam berbagai ukuran dan cocok digunakan baik secara pribadi maupun dalam kantor. Harganya yang relatif murah dan ukuran yang relatif kecil sehingga mudah dipindah atau dibawa menjadikannya scanner yang paling sering ditemukan.

3. Film Scanner

FIlm Scanner

Scanner ini adalah jenis yang digunakan untuk memindai film negative. Alat ini dirancang khusus untuk memindai film negative dan mampu menghasilkan gambar digital dengan memindai film negatif secara langsung, sehingga menghemat biaya pencetakan.

4. Roller Scanner

Roller Scanner

Scanner yang satu ini merupakan salah satu jenis scanner yang berfungsi untuk memindai dokumen atau gambar fisik yang berbentuk lembaran atau benda apapun yang mudah untuk dipindai. Sekilas terkesan mirip dengan flatbed scanner, namun alat ini beroperasi dengan metode pindai yang berbeda. Jenis scanner ini dilengkapi lembaran datar di atas bagian pemindaian di antara rol-rol yang berputar.

5. Hand Scanner

Hand Scanner

Hand scanner adalah jenis scanner yang dirancang untuk dipegang dengan tangan dan mudah untuk diaahkan ke atas dokumen atau gambar yang akan dipindai. Alat ini merupakan scanner yang ideal untuk memindai dokumen atau gambar yang sulit dipindai dengan flatbed scanner.

Bhinneka: Solusi Pengadaan Scanner Untuk Bisnis

Butuh scanner dalam jumlah banyak? Bagi Anda yang berniat melakukan pengadaan scanner dalam jumlah banyak, baik untuk dijual kembali maupun untuk pengadaan aset kantor, Bhinneka adalah solusi yang tepat!

Dengan belanja di Bhinneka, Anda bisa memperoleh berbagai keuntungan mulai dari keaslian produk, pengepakkan aman, gratis ongkir (S&K berlaku), garansi resmi, hingga service center Bhinneka yang terpercaya.

Untuk cek ketersediaan produk dan harga terbaru, silakan kunjungi halaman Daftar Scanner Terbaru di Bhinneka.

Leave a Reply