Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

Pengertian Positioning dan Macam Jenis Positioning

Memahami pengertian positioning serta bermacam jenis positioning dan menerapkannya dalam menjalankan suatu bisnis dan usaha serta menjual produk, baik barang atau jasa, merupakan suatu hal yang penting. Positioning dapat membantu meningkatkan citra produk atau citra suatu bisnis baik skala kecil atau besar.

Tentunya kita ingin agar bisnis dan usaha serta produk yang kita tawarkan memiliki image atau citra yang positif di benak konsumen. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan strategi positioning yang tepat. Pada artikel kali ini kita akan melihat secara singkat apa itu positioning serta apa saja jenis positioning yang bisa dilakukan oleh bisnis atau usaha.

Pengertian Positioning

Sebelum membahas mengenai apa saja jenis – jenis positioning yang dapat dilakukan perusahaan, kita perlu mengetahui definisi dan pengertian positioning terlebih dahulu. Secara sederhana positioning dapat diartikan sebagai bagaimana kesan atau persepsi yang diharapkan dari suatu pelanggan atas suatu merek atau produk.

pengertian positioning

Positioning juga dapat dilihat sebagai bagaimana suatu perusahaan atau suatu bisnis ingin memposisikan dirinya dan juga produk yang ditawarkan, dalam benak atau persepsi konsumen.

Misalnya saja dapat kita contohkan perusahaan A ingin memposisikan dirinya sebagai perusahaan yang menawarkan produk dengan kualitas tinggi tapi dengan harga yang bersahabat. Atau perusahaan ingin produknya dianggap sebagai produk premium dengan kualitas tinggi.

Seberapa Penting Melakukan Positioning

Positioning sendiri merupakan suatu bagian dari rangkaian strategi pemasaran yang terdiri atas Segmenting, Targeting dan Positioning. Strategi positioning sendiri bila dilakukan dengan tepat dapat membantu membangun citra perusahaan atau merek dan produk seperti yang diharapkan.

Adapun beberapa manfaat melakukan strategi positioning antara lain:

  1. Mengetahui posisi perusahaan dan membantu menentukan langkah dan strategi yang tepat untuk membangun atau menciptakan positioning yang diinginkan
  2. Melakukan positioning dalam suatu pasar dapat membantu perusahaan untuk menentukan target marketnya dengan lebih jelas dan memilih strategi pemasaran yang sesuai
  3. Positioning yang tepat dapat menciptakan posisi kompetitif yang kuat
  4. Positioning yang tepat dan relevan dengan pasar dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan penjualan

Macam – Macam Jenis Positioning

Sama – sama bertujuan membangun citra dan persepsi konsumen, ternyata strategi positioning dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:

Product Positioning

Yaitu bagaimana suatu perusahaan atau bisnis memposisikan produknya di tengah produk serupa dari kompetitor. Dalam menjalankan product positioning, perlu dicari suatu value atau pembeda dari produk yang Anda miliki dengan produk yang ditawarkan oleh kompetitor.

Misalnya perusahaan A memposisikan produknya sebagai produk dengan bahan atau material premium yang tidak dimiliki oleh kompetitornya.

Brand Positioning

Brand positioning adalah strategi positioning yang berusaha membedakan suatu merek dengan merek lain yang ada di pasar. Misalnya bagaimana suatu brand lebih menguntungkan atau lebih menawarkan manfaat tambahan dibandingkan dengan brand lainnya.

Perusahaan bisa membuat kesan yang baik dan unik pada produknya agar membuat konsumen lebih tertarik menggunakan produk dari brand tersebut. Misalnya dari segi kualitas produksi, layanan purna jual yang ditawarkan. Contoh misalnya Apple memposisikan produknya dengan menekankan pada kualitas.

jenis positioning

Market Positioning

Positioning pasar ini lebih cenderung pada kemampuan perusahaan dalam memengaruhi persepsi pelanggan terhadap produknya yang serupa dengan milik kompetitor.

Misalnya sebagai contoh adalah sabun mandi. Untuk menjadi pembeda dengan banyaknya produk sabun mandi yang sudah ada, suatu perusahaan dapat memposisikan produk sabun mandinya sebagai sabun yang ramah lingkungan atau eco-friendly atau menggunakan bahan – bahan yang alami dan berbeda dengan sabun lainnya yang masih menggunakan bahan campuran non alami.

Menentukan dan menjalankan strategi positioning secara tepat dan sesuai penting agar bisnis yang Anda jalankan bisa membekas di benak para konsumen. Selain itu strategi positioning juga dapat meningkatkan citra produk dan perusahaan menjadi lebih baik.

Leave a Reply