Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Pengertian SPF dan PA dalam Produk Sunscreen

Istilah SPF dan PA seringkali Anda lihat pada kemasan produk tabir surya seperti sunscreen ataupun sunblock. SPF biasanya ditulis dengan angka yang menyertai seperti SPF 15, SPF 30. Sedangkan PA biasanya ditulis dengan tanda atau simbol plus yang menyertai seperti PA+, PA++. Namun pengertian SPF dan PA ini masih banyak yang belum mengetahuinya.

Anda mungkin bertanya – tanya, apa arti dari istilah SPF dan PA yang sering Anda jumpai saat membeli produk tabir surya. Mengetahui pengertian dan perbedaan antara SPF dan PA dapat membantu Anda untuk memilih produk tabir surya yang tepat dan sesuai kebutuhan.

pengertian SPF dan PA

Bahaya Paparan Sinar UV A dan UV B

UV A dan UV B merupakan dua istilah sinar radiasi matahari yang dapat memberikan dampak atau efek buruk untuk kulit yang terpapar sinar matahari untuk waktu yang cukup lama. Sinar UV A memiliki gelombang menembus hingga lapisan dermis dan merusak struktur di dalam kulit.

Baik sinar UV A dan sinar UV B memberikan efek buruk untuk kulit seperti penuaan dini, kulit kendur, meningkatkan risiko penyakit kulit. Selain itu UV B juga menjadi faktor penyebab kulit terbakar, kemerahan serta iritasi apabila terlalu lama terkena paparan sinar matahari.

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV A dan UV B, Anda perlu memakai produk tabir surya seperti sunscreen dan sunblock. Saat memilih produk sunscreen atau sunblock, Anda akan menjumpai istilah SPF dan PA yang menandai seberapa besar perlindungan sunscreen atau sunblock tersebut dalam melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV A dan UV B.

Pengertian Istilah SPF dan PA

Baik SPF dan PA sama – sama merujuk pada tingkat perlindungan produk tabir surya dalam melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Namun perlu diingat, SPF dan PA terdapat perbedaan dari segi perlindungan yang diberikan.

beda SPF dan PA

Pengertian SPF

SPF yang merupakan singkatan dari Sun Protection Factor adalah tingkat kekuatan perlindungan produk tabir surya terhadap sinar ultraviolet B atau UV B. SPF biasanya ditulis dengan diikuti dengan angka yang menunjukkan tingkat perlindungan dari tabir surya tersebut. Misalnya saja:

  1. SPF 15 memblokir 93% paparan sinar UVB.
  2. SPF 30 memblokir 97% paparan sinar UVB.
  3. SPF 50 memblokir 98% paparan sinar UVB.
  4. SPF 100 memblokir 99% paparan sinar UVB.

Selain itu angka SPF juga bisa menjadi patokan seberapa lama produk tersebut melindungi kulit Anda. 1 SPF dapat melindungi kulit sekitar 10 – 15 menit, sehingga SPF 50 setara dengan perlindungan selama 500 – 750 menit dari paparan sinar UV B.

Pengertian PA

PA atau merupakan singkatan dari Protection Grade of UV A, merupakan indikator atau tingkat perlindungan kulit dari sinar UV A dari produk tabir surya. Apabila pada SPF tingkat perlindungan ditandai dengan angka, maka pada PA tingkat perlindungan ditandai dengan simbol plus. Misalnya saja:

  1. PA+ : sedikit perlindungan UV A
  2. PA++ : cukup perlindungan UV A
  3. PA+++ : perlindungan UV A tinggi
  4. PA++++ : perlindungan UV A sangat tinggi

Demikian perbedaan dari SPF dan PA pada kemasan produk tabir surya seperti sunscreen atau sunblock. Pastikan Anda membeli produk tabir surya dengan tingkat SPF dan PA yang tinggi agar kulit Anda terhindar dari paparan sinar UV A dan UV B.

Selain itu pastikan Anda memakai ulang produk sunscreen atau sunblock setiap 2 – 3 jam sekali atau selepas Anda berenang di pantai misalnya untuk memastikan kulit tetap terlindungi secara maksimal dari paparan sinar matahari.

Leave a Reply