X

Tips Hidup Sehat untuk Menurunkan Berat Badan yang Efektif

Menurunkan berat badan mungkin dirasa mustahil bagi sebagian orang karena sudah berolahraga ketat atau diet ketat namun belum menunjukkan hasilnya. Seringkali cara seperti ini kontraproduktif dan sama sekali malah menghambat Anda untuk menurunkan berat badan.

Mencapat berat badan yang sehat perlu dilakukan agar Anda dapat terhindar dari risiko obesitas. Obesitas merupakan kondisi dimana indeks massa tubuh / body mass index seseorang lebih dari 25. Seseorang yang mengalami obesitas rentan mengalami penyakit.

Untuk itu dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai tips menurunkan berat badan dan menerapkan pola hidup sehat agar Anda terhindar dari obesitas dan komplikasinya.

Faktor Penyebab Obesitas

Obesitas atau kegemukan pada dasarnya dapat terjadi karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Konsumsi makanan dan minuman tinggi kalori yang tidak diimbangi dengan aktivitas fisik seperti olahraga dapat mengakibatkan surplus kalori.

Surplus kalori dalam tubuh yang menumpuk akan menjadi lemak dan mengakibatkan penambahan berat badan seseorang dan berujung pada kegemukan atau obesitas. Adapun obesitas dapat disebabkan oleh:

  1. Mengkonsumsi makanan tinggi kalori atau gula seperti minuman ringan tanpa diimbangi aktivitas fisik
  2. Faktor keturunan yang membuat seseorang lebih mudah bertambah berat badan dan menjadi gemuk
  3. Bertambahnya usia sehingga metabolisme tubuh cenderung melambat
  4. Kurang tidur sehingga metabolisme tidak optimal

Risiko Obesitas

Obesitas atau kegemukan dimana lemak cenderung menumpuk dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit serius dan komplikasinya. Misalnya saja, obesitas dapat menyebabkan:

  1. Diabetes
  2. Penyakit jantung
  3. Hipertensi
  4. Penyumbatan pembuluh darah
  5. Quality of Life menurun

Obesitas sendiri merupakan salah satu kondisi yang dihadapi oleh semua negara di dunia. Obesitas juga menjadi salah satu penyumbang peningkatan kematikan akibat penyakit jantung, diabetes, kanker dan komorbid lainnya.

Tips Menurunkan Berat Badan

Untuk mencegah dan menghindari obesitas salah satunya dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat dan mengontrol makanan yang dimakan agar tetap seimbang gizinya. Untuk penderita obesitas selain gaya hidup sehat juga perlu menurunkan berat badan ke berat badan yang sehat.

Seringkali banyak dari kita yang merasa malas atau kecewa jika berat badan tidak turun seperti yang kita mau padahal sudah menerapkan diet ketat dan juga olahraga ketat setiap harinya. Jarang diketahui bahwa diet yang dilakukan secara salah bukan saja dapat menghambat turunnya berat badan tapi dapat mengakibatkan munculnya yoyo diet.

Yoyo diet adalah kondisi berat badan turun saat Anda mengurangi porsi makan namun berat tersebut kembali secara cepat saat selesai diet dan terjadi berulang. Tentu hal ini dapat mematahkan semangat Anda untuk mendapatkan berat badan yang sehat.

Berikut ini merupakan beberapa tips menurunkan berat badan agar mencapai berat badan yang sehat dan menghindari diet yoyo:

Ukur BMI Terlebih Dahulu

Ada baiknya sebelum memulai diet, Anda ukur terlebih dahulu BMI Anda dan jadikan ini sebagai acuan. Jika rentang BMI Anda berada dalam kategori obesitas, maka Anda perlu menurunkan berat Anda ke BMI rentang sehat.

Jangan Lewatkan Sarapan

Kesalahan yang sering dilakukan oleh orang yang diet adalah melewatkan sarapan. Dengan Anda melewatkan sarapan justru metabolisme tubuh tidak dapat bekerja dengan optimal dan mendorong Anda untuk makan lebih banyak pada siang harinya atau membuat Anda lebih sering ngemil.

Akibatnya diet Anda akan menjadi sia – sia.

Makan Dengan Porsi Seimbang

Yoyo Diet sering terjadi bila Anda secara tiba – tiba memutuskan untuk mengurangi porsi makan dalam jumlah besar dan membatasi asupan kalori. Berat memang akan turun pada awalnya, namun seringkali berat yang hilang adalah berat air dan akan kembali lagi saat Anda selesai diet.

Anda juga sebaiknya tidak mengurangi kalori secara drastis. Ini karena tubuh Anda akan mengira Anda berada dalam kondisi kekurangan makanan dan secara otomatis memperlambat metabolisme dan menghambat penurunan berat badan Anda.

Kurangi asupan kalori Anda sedikit demi sedikit tapi pastikan makanan yang Anda makan tetap seimbang dari segi gizi nya.

Olahraga Teratur

Membatasi asupan dan menerapkan makan sehat saja tidak akan efektif. Anda perlu beraktivitas dan berolahraga agar diet Anda dapat berjalan efektif. Anda dapat berolahraga atau latihan beban ringan untuk meningkatkan massa otot. Massa otot yang bertambah dapat membantu meningkatkan metabolisme sehingga dapat memudahkan berat badan untuk turun.

Perbanyak Minum Air Putih

Hindari minuman yang manis karena mengandung gula yang tinggi kalori. Perbanyak minum air putih sehingga tubuh terhidrasi dengan baik dan metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik. Selain itu banyak minum air putih juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Categories: Tips & Tutorial
Baladewa:
Related Post