X

Tips Hidup Mandiri sebagai Anak Kost!

Menjadi anak rantau memang tidak mudah, khususnya bagi pada mahasiswa baru atau yang biasa dikenal dengan maba. Dengan adanya wacana perkuliahan yang akan diadakan secara luring di tahun 2022 nanti, maka para mahasiswa yang berkuliah di kampus yang jauh dari domisili rumahnya mau tidak mau harus mulai hidup mandiri. Hidup mandiri sebagai anak kost menandakan kewajiban anda untuk bisa mengurus diri dan mengatur segala pengeluaran dari keuangan anda sendiri. Dengan itu, berikut tips-tips yang bisa anda gunakan untuk kalian para mahasiswa untuk bisa mengurus diri dan bisa hidup mandiri sebagai anak kost!

1. Mencari Tempat Tinggal yang Strategis dan Nyaman untuk Hidup Mandiri sebagai Anak Kost!

Tidak dapat kita pungkiri bahwa tempat tinggal merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi jumlah pengeluaran kalian lho! Jika anda memilih tempat tinggal yang terlalu jauh dari kampus maka akan menambah biaya transportasi anda ketika pergi ke kampus. Selain itu ada beberapa tipe indekos yang menyediakan listrik terpisah berupa token sehingga kamu perlu mengisi sendiri dan akan sulit bagi kamu untuk memetakan pengeluaran dari listrik yang kamu gunakan. Buatlah daftar fasilitas yang anda perlukan agar anda bisa hidup mandiri sebagai anak kost dengan nyaman!

2. Bawa Barang Secukupnya ketika akan Hidup Mandiri sebagai Anak Kost!

Ketika pertama kali merantau jauh dari rumah, pasti anda masih bingung kira-kira barang apa saja yang perlu untuk dibawa dan apa yang tidak perlu untuk dibawa sehingga pada akhirnya anda akan membawa barang terlalu banyak tanpa memikirkan urgensi dari barang-barang tersebut. Jika membawa barang terlalu banyak, maka anda akan sulit untuk memindahkannya apabila suatu waktu kalian tidak nyaman dengan indekos anda dan ingin pindah ke tempat tinggal yang baru. Selain itu, barang bawaan yang terlalu banyak akan mempersempit ruangan dari tempat tinggal anda dan ketika liburan semester nanti anda kembali ke kota asal, barang-barang kalian akan bertumpuk hingga berdebu atau tumbuh jamur.

 

3. Susun Perkiraan Pengeluaran Anda Selama Sebulan

Menyusun perkiraan pengeluaran anda selama sebulan merupakan poin paling krusial ketika hidup mandiri sebagai anak kost karena dengan adanya daftar pengeluaran akan memberikan gambaran untuk mengatur keuangan kamu kedepannya. Menyusun daftar pengeluaran itu mudah kok, anda hanya perlu mencatat kebutuhan pribadi anda, berapa anggaran makan, dan juga anggaran transportasi anda. Jika anda tinggal di indekos yang menggunakan token, maka anda harus menghitung berapa anggaran untuk pemakaian listrik anda. Klasifikasikan pengeluaran anda dari yang paling penting hingga tidak penting, dengan itu anda bisa lebih menahan diri ketika berbelanja. 

Dalam mengatur keuangan, jangan lupa sisihkan uang saku anda untuk menabung ya! Terkadang ketika sedang hidup mandiri, kita akan dihadapi oleh situasi-situasi yang mungkin saja membutuhkan dana darurat, misalkan jika anda perlu ke rumah sakit dan belum dikirimkan uang oleh orang tua atau untuk dana pegangan anda jika uang saku anda terlambat dikirimkan. Uang tabungan anda juga bisa dipakai untuk menghilangkan penat dan jalan-jalan sejenak di akhir bulan lho!

 

4. Ikuti Kegiatan-Kegiatan Produktif di Kampus

Tips ini sangat membantu buat para mahasiswa yang baru pertama kali hidup mandiri sebagai anak kost! Pengalaman pertama tinggal sendiri seringkali mengalami yang namanya rindu dengan rumah karena yang biasanya tinggal bersama bareng orang tua atau saudara, sekarang menjadi sepi dan hanya seorang diri. Dengan memperbanyak kegiatan di kampus, maka anda akan bisa menanggulangi rasa sepi dan rindu anda dengan kampung halaman! Selain itu anda juga akan meningkatkan produktivitas dengan melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat. 

Sebagai makhluk sosial, kita pasti membutuhkan kehadiran orang lain untuk berinteraksi dan hidup. Hal tersebut sangat berlaku untuk para mahasiswa rantau karena jauh dengan keluarga dan teman-teman dekat pasti akan membuat frekuensi anda dalam bersosialisasi menjadi berkurang. Mengikuti kegiatan di kampus sangat bisa membantu anda untuk mendapatkan teman dan relasi baru untuk bisa saling membantu kedepannya. Dengan memperbanyak relasi akan memudahkan anda dalam menjalankan suatu aktivitas dan kegiatan di kota tempat anda merantau.

 

Sekian tips-tips yang perlu anda para mahasiswa perhatikan ketika akan merantau ke luar kota, tinggal jauh dari keluarga dan berdiri di atas kaki sendiri memang bukan hal yang mudah. Namun seiring berjalannya waktu anda bisa segera beradaptasi dengan lingkungan baru dan terbiasa untuk mengurus diri sendiri, mulai dari memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga mengatur keuangan.

 

Bisma: Bisma Aditya Pratama atau biasa dipanggil Bimbim memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun sebagai programmer di berbagai perusahaan di Indonesia. Meski sehari-hari bekerja merancang aplikasi dan coding, Bisma memiliki hobi sebagai penulis. Selama kurang lebih 5 tahun Bisma bergabung menjadi salah satu author Blog Bhinneka. Bisma senang berbagi tips mengenai gaya hidup, rekomendasi produk, dan teknologi. Lulusan terbaik salah satu universitas terbaik di Bandung ini juga menjalankan bisnis bersama teman-temannya sebagai konsultan IT selama 2 tahun terakhir.
Related Post