Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Mengenal Affiliate Marketing: Cara Kerja, Jenis-Jenis, dan Keunggulannya

Dunia bisnis online mengalami perkembangan yang sangat pesat. Untuk beberapa orang yang sudah terbiasa dengan hal ini mungkin tidak asing dengan istilah affiliate marketing. Program affiliate di dunia bisnis online merupakan salah satu metode mendapatkan penghasilan dari internet yang mekanisme kerjanya cukup sederhana.

Mengenal Affiliate Marketing

Ada banyak sekali aktivitas marketing yang dapat Anda temukan di internet, affiliate marketing salah satunnya. Pada dasarnya affiliate ini merupakan sistem pemasaran penjualan produk berbasis komisi. Misalnya Anda berhasil menjualkan produk, jasa atau barang maka langsung mendapatkan uang dari penyedia affiliate itu.

Sementara berdasarkan definisi affiliate marketing sendiri adalah program bisnis dengan membayar jasa seseorang ketika berhasil menjual produk atau barang. Jasa pemasaran online ini sangat perusahaan atau bisnis perorangan perlukan untuk mengenalkan produk serta menjualnya.

Perlu Anda ingat jika seorang affiliate ini hanya bertugas untuk mengenalkan, menawarkan, dan menjual produk jadi tidak ada kaitannya dalam proses produksi. Setelah berhasil mengenalkan dan menjual produk maka seorang affiliate marketer mendapatkan komisi.

Affiliate Marketing

Sistem Kerja Bisnis Affiliate Marketing

Apabila Anda menjalankan sebuah Affiliate marketing dan menekuni pekerjaan ini semaksimal mungkin maka harus mendaftarkan diri terlebih dahulu kepada perusahaan yang mengadakan program ini. Nantinya sebagai member akan memperoleh link afiliasinya.

Selanjutnya untuk menerima bayaran dan komisi seorang affiliate harus memahami dulu sistemnya. Secara umum perusahaan akan memberikan komisi kepada anggota affiliatenya jika berhasil menjual produk, jasa, atau barang. Setelah itu barulah seseorang akan menerima komisi.

Tugas utama Anda sebagai affiliate marketer adalah mempromosikan link website, blog, atau sosial media online lainnya perihal produk, jasa, atau barang yang mengadakan program ini. Komisi bergantung sebanyak apa produk yang berhasil terjual.

Mengenal Jenis-Jenis Affiliate Marketing saat Ini

Bisnis online dengan program affiliate ini cukup berkembang sehingga memunculkan beberapa jenis. Tentu saja setiap jenis memiliki sistem dan cara kerjanya sendiri sehingga Seseorang dapat menerima komisi sesuai ketentuan. Berikut adalah jenis-jenis affiliate marketing.

  • Jenis Pay Click atau PPC adalah komisi yang seseorang terima dari pengunjung website ketika mengklik link afiliasi
  • Jenis Pay Per Sale atau PPS adalah komisi yang seseorang terima setiap kali ada pengungun melakukan transaksi pembelian dari link afiliasi
  • Jenis Pay Per Lead atau PPL adalah komisi yang seseorang terima dari pengunjung website setelah mengisi formulir tertentu.
  • Jenis Pay Per Impression adalah komisi yang seseorang terima dari impresi atau berapa kali link yang Anda bagikan orang lihat.

Beberapa Keunggulan dari Program Affiliate Marketing

Hampir semua bisnis online saat ini tidak lepas dari aktivitas affiliate marketing. Memang program pemasaran satu ini sangat berguna untuk mengenalkan produk secara cepat. Terdapat beberapa keunggulan yang membuat program banyak digunakan adalah sebagai berikut.

1. Sumber Pendapatan Tetap atau Passive Income

Passive income atau pendapatan tetap dari sebuah bisnis memang menjadi salah satu sumber dana banyak orang. Ada beberapa cara yang dapat seseorang lakukan untuk mendapatkan passive incomes salah satunya adalah dengan mengikuti program affiliate marketing.

Melalui program affiliate marketing seseorang dapat memperoleh passive income asalkan melakukannya dengan serius. Pekerjaan satu ini jika Anda lakukan dengan tekun bisa menjadi sumber passive income yang nilai cukup menggiurkan.

2. Jam Kerja yang Fleksibel

Siapa yang tidak ingin mendapatkan uang dan bekerja dengan jam fleksibel. Affiliate marketing menawarkan jam kerja yang sangat fleksibel. Dengan kata lain, Anda dapat membagikan, mengenalkan, dan mempromosikan link produk, jasa, atau barang di waktu yang bebas.

Tidak hanya itu, asalkan ada jaringan internet Anda dapat mengerjakan program affiliate ini dari mana saja. Hal ini jelas akan membuat seseorang merasa lebih nyaman dalam bekerja. Apalagi pendapatan akan menyesuaikan penjualan. Semakin sering membagikan link affiliate maka kemungkinan mendapatkan komisi lebih besar meningkat.

3. Cara Kerja Mudah, Promosi Produk Tidak Terbatas

Keunggulan lain dari program affiliate marketing ini adalah jumlah promosinya. Seorang affiliate dapat mempromosikan banyak produk, jasa, atau barang sekaligus tanpa batasan. Semakin banyak Anda menjalin kemitraan affiliate maka peluang menghasilkan pendapatan lebih besar meningkat.

Sementara cara kerjanya juga sangat mudah, seseorang hanya perlu mengcopy paste link affiliate dan membagikannya ke banyak akun sosial media dan lain sebagainnya. Menariknya lagi dalam melakukan pekerjaan ini Anda tidak membutuhkan modal terlalu besar. Simak keuntungan affliate lainnya untuk informasi lebih lengkap.

 

Leave a Reply