Alasan butuh sistem ERP
Info Bisnis Inspirasi Bisnis

8 Alasan Kenapa Perusahaan Anda Butuh Sistem ERP

Tidak perlu diragukan lagi, sistem ERP sangat membantu perusahaan kecil hingga besar untuk membuat bisnis lebih efisien. Terutama perusahaan manufaktur, supaya kolaborasi dan data akurat dari berbagai divisi bisa digunakan mencapai target yang diinginkan. Tidak ada lagi data yang tidak valid dan proses manual yang menyita waktu. Sekarang tim Anda bisa lebih fokus mendapatkan peluang bisnis baru dari klien.

Alasan butuh sistem ERP

Bagi perusahaan kecil hingga menengah, implementasi sistem ERP kadang masih terasa kurang dibutuhkan. Aktivitas sehari-hari yang padat, jumlah tenaga kerja yang terbatas, dan tantangan dalam mencari klien baru membuat mereka berpikir untuk beralih dari sistem lama ke baru.

Sebagian bisnis mungkin berpikir jika pendapatan masih normal, bisnis terus berjalan, pertumbuhan masih ada, dan pesanan masih berdatangan…buat apa menghabiskan waktu dan uang untuk sebuah sistem baru ? Bagi Anda yang masih enggan menggunakan sistem ERP dengan alasan biaya, waktu, dan efeknya yang dianggap tidak besar, berikut ini 8 alasan kenapa perusahaan Anda butuh sistem ERP:

1. Ingin Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Stok yang menumpuk di gudang dan tidak kunjung terjual bisa dihindari dengan bantuan sistem ERP. Anda bisa mengetahui secara pasti stok yang dibutuhkan untuk setiap pekerjaan, dan kapan Anda membutuhkannya. Aplikasi ini juga dapat mengotomatiskan banyak proses bisnis yang tidak efisien di seluruh rantai produksi. Ini artinya, Anda bisa dapatkan duplikasi data lebih sedikit, penjadwalan produksi dan pemesanan lebih baik, dan berkurangnya downtime secara signifikan.

2. Sistem Lama Sudah Ketinggalan Jaman

Banyak perusahaan masih bertahan menggunakan sistem atau cara kerja yang lama karena pernah dianggap berhasil. Akan tetapi, lambat laun sistem tersebut pasti tidak bisa menggantikan ERP modern. Beberapa penyebab sistem lama tidak bisa lagi digunakan adalah karena tidak ada dukungan vendor, kesenjangan pengetahuan dari pengguna lama ke baru, dan terbatasnya fitur untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. Jangan sampai Anda baru menyadari hal tersebut saat semua sudah terlambat.

3. Anda Butuh Fungsi yang Lebih Lengkap

Sistem konvensional menyulitkan Anda untuk sinkronisasi data dari satu departemen ke departemen lain. Input data pun masih manual sehingga memakan banyak waktu. Belum lagi jika terjadi human error yang mempengaruhi validasi data. Untuk mencapai bisnis yang akuntabel, Anda harus memiliki fitur penelusuran data yang akurat.

Bekerja dalam rantai pasokan untuk sektor industri besar seperti otomotif pasti tidak boleh ada yang namanya kesalahan atau penundaan. Jika Anda ingin memenangkan kontrak produksi atau manufaktur di sektor bisnis tersebut, Anda butuh sistem ERP untuk mengelola tingkat stok dan menjadwalkan produksi.

4. Ingin Mengurangi Human Error

Sistem ERP dapat membantu mengurangi kesalahan manusia (human error) secara signifikan. Bayangkan jika Anda masih pakai cara kerja lama dan serba manual. Data yang salah input dan tidak konsisten akan masuk ke dalam setiap sistem. Berbeda dengan ERP, semua informasi menyatu sehingga hanya perlu diinput sekali saja. Informasi tersebut bisa diakses ke seluruh sistem dan setiap departemen kini memegang data yang sama.

5. Butuh Data Real-Time dan Terintegrasi

Menggunakan cara kerja lama seperti spreadsheet yang harus diinput manual menyulitkan Anda mengintegrasikan data satu sama lain. Ini membuat Anda tidak mendapat gambaran lengkap tentang kondisi bisnis. Sangat sulit untuk membuat keputusan besar jika semua data tidak akurat, terintegrasi, dan terpusat.

Software ERP Manufacturing Bhinneka Odoo

Keuntungan dari sistem ERP adalah membuat semua informasi terpusat. Anda bisa melihat KPI dan menandai setiap pengecualian. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan investigasi karena semua informasi pesanan sampai pembuatan faktur pajak bisa dipantau dengan mudah.

6. Perlu Akreditasi ISO untuk Masuk Pasar Baru

Industri atau perusahaan tertentu menuntut pemasoknya untuk memiliki akreditasi kualitas. Walaupun proses untuk mendapat akreditasi tertentu memakan waktu cukup lama, namun akan lebih mudah jika bisnis Anda sudah menerapkan sistem ERP. Anda butuh sistem ERP untuk memastikan proses bisnis end-to-end memiliki standar dan seragam. Pemeriksaan bisa dimasukan ke dalam sistem untuk menjamin semua prosedur dipatuhi sehingga hasil produksi tetap konsisten.

7. Atasan Ingin Memantau Kondisi Lapangan

Sebagai atasan Anda pasti punya banyak pekerjaan yang dikerjakan anak buah. Namun, apakah Anda tahu status pekerjaan tersebut saat ini ? Sistem ERP dapat melacak semua pekerjaan, mulai dari penerimaan pesanan, jadwal produksi, pesanan bahan baku, sampai pembuatan faktur. Dengan begini, Anda bisa lebih mudah bersikap reaktif terhadap apapun hal yang terjadi di lapangan.

8. Ingin Perusahaan Berkembang dan Memiliki Nilai

Akan sangat sulit bersaing jika Anda masih menggunakan cara kerja lama. Pemilik bisnis yang menggunakan ERP dapat menciptakan proses bisnis yang tertib dan terkontrol. Sistem ERP dapat mengurangi inventaris, membuat proses bisnis lebih sederhana, dan mempercepat alur kerja di suatu departemen. Dengan begini, laba yang didapat lebih baik, proses bisnis lebih efisien, dan lebih kompetitif.

Yuk, langsung konsultasikan kebutuhan bisnis Anda terkait sistem ERP Manufacturing. Hubungi kami di sini :
Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : corporate@bhinneka.com

Leave a Reply