Tips & Tutorial

Cara Cek Usia Ban Mobil: Waspada Bahaya Ban Tua

Mengetahui usia ban mobil dan cara cek usia ban mobil merupakan salah satu hal penting yang perlu diketahui oleh pemilik kendaraan. Seringkali banyak pengendara tidak tahu usia dari ban mobil yang saat ini dipakainya. Oleh karenanya tidak jarang pengendara mobil tidak menyadari kalau ban mobilnya sudah tidak layak pakai.

Mengetahui usia ban juga krusial saat Anda hendak membeli ban baru agar tidak tertipu dan diserahkan ban dengan usia yang sudah tua. Meskipun ban baru, tapi apabila sudah disimpan terlalu lama, dapat mengurangi kualitas dari ban itu sendiri. Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara untuk mengetahui umur ban dari kendaraan yang Anda miliki.

Risiko Memakai Ban Tua

Beberapa pendapat menyatakan bahwa ban mobil yang terbuat dari karet elastis akan kehilangan kelenturannya seiring waktu. Semakin lama usia ban, karet ban akan semakin tidak elastis dan berubah menjadi getas, karena sudah tidak lentur sama sekali.

ban mobil

Ban yang sudah getas atau tidak lentur sama sekali, meski tetap dapat dipakai tapi akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Hal lain yang terjadi pada ban yang sudah berusia tua meski masih belum pernah digunakan adalah terjadinya perubahan struktur pada ban. Salah satu akibat dan risikonya adalah ban menjadi cepat abis dan gampang pecah.

Cara Cek Usia Ban Mobil

Tidak dapat dipungkiri, ban merupakan salah satu komponen vital dalam berkendara. Untuk itu Anda perlu memastikan ban kendaraan Anda berada dalam kondisi yang baik agar kenyamanan dan keselamatan berkendara tetap terjamin.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa usia ban kendaraan yang Anda miliki. Selain itu dengan mengetahui cara memeriksa usia ban, Anda dapat terhindar dari membeli ban baru tapi berusia tua yang biasanya diobral dengan harga cukup miring.

Cara untuk mengetahui usia ban juga cukup mudah karena Anda cukup memeriksa dan melihat kode produksi pada ban. Kode produksi ban atau TIN / Tyre Identification Number ini biasanya terletak pada bagian sisi ban dan mencantumkan kode yang menyebutkan tanggal produksi ban.

cara cek usia ban mobil

Pada kode produksi atau TIN tersebut Anda juga cukup memperhatikan 4 digit angka terakhir saja, misalnya kode 1222. Kode 4 digit ini menunjukkan minggu dan tahun produksi dari ban tersebut. Jadi arti 1222 adalah ban tersebut diproduksi di minggu ke-12 pada tahun 2022.

Artinya ban tersebut masih baru dan usia ban juga masih baru. Setiap pabrikan ban biasanya menentukan usia maksimal ideal ban adalah 5 hingga 6 tahun pemakaian. Jadi setidaknya ban dengan kode 1222, dapat digunakan hingga tahun 2027 atau 2028.

Akan tetapi perlu diingat, usia ban adalah salah satu faktor yang perlu diperhatikan. Anda tetap perlu memeriksa dan memastikan ban kendaraan Anda tidak terdapat kerusakan seperti gundul, aus, ada sobek atau benjolan dan lainnya, agar berkendara tetap aman.

Leave a Reply