Info Bisnis

Apa itu EFIN Pajak dan Fungsi EFIN Pajak

Dalam memenuhi kewajiban perpajakan untuk melaporkan SPT Tahunan, masih banyak wajib pajak yang belum mengetahui apa itu EFIN Pajak dan fungsi dari EFIN Pajak tersebut. Setiap wajib pajak pribadi, termasuk di dalamnya adalah karyawan perusahaan yang bekerja dan setiap bulan menerima gaji dan dipotong pajak penghasilan PPh 21, berkewajiban untuk melaporkan SPT Tahunan setiap tahunnya.

Untuk melaporkan SPT Tahunan, wajib pajak, terutama wajib pajak yang baru pertama kali hendak melaporkan SPT Tahunan memerlukan EFIN Pajak. Dalam artikel ini akan dibahas pengertian EFIN Pajak dan fungsi EFIN Pajak yang perlu diketahui oleh wajib pajak.

lapor spt

Apa Itu EFIN

EFIN Pajak atau Electronic Filing Identification Number Pajak adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada Wajib Pajak yang melakukan transaksi elektronik perpajakan secara online.

EFIN terdiri dari 10 digit numerik yang wajib untuk pelaporan pajak online dan digunakan untuk mengidentifikasi wajib pajak dan informasinya. EFIN ini sifatnya berlaku seumur hidup.

Fungsi EFIN Pajak

EFIN diperlukan Wajib Pajak untuk melakukan transaksi elektronik perpajakan secara online. Transaksi elektronik perpajakan ini seperti pelaporan SPT melalui e-Filing dan pembuatan kode billing untuk pembayaran pajak.

EFIN juga diperlukan oleh Wajib Pajak untuk registrasi di situs aplikasi DJP Online ataupun ASP (Application Service Provider). Selain itu, fungsi penting lainnya dari EFIN adalah EFIN juga diperlukan untuk melakukan reset password ataupun email di aplikasi DJP Online saat akan melaporkan SPT atau layanan pajak lainnya.

Fungsi EFIN Pajak

Oleh karenanya, Anda perlu menyimpan atau mencatat baik – baik nomor EFIN Anda karena akan digunakan saat Anda hendak melakukan reset password apabila Anda lupa password dari DJP Online milik Anda.

Apa Saja Jenis dari EFIN Pajak

Berdasarkan penggunaannya, EFIN terbagi atas 2 (dua) jenis, yaitu EFIN yang diperuntukkan bagi Wajib Pajak Badan dan EFIN yang diperuntukkan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi.

EFIN pajak badan adalah EFIN yang dibuat dan diperuntukkan bagi wajib pajak badan usaha atau perusahaan. Sedangkan EFIN pajak pribadi dibuat untuk wajib pajak pribadi atau perseorangan.

Lantas bagaimana bila Anda adalah seorang pengusaha yang mendirikan suatu perusahaan atau badan usaha? Anda akan memerlukan 2 jenis EFIN, yaitu EFIN Pribadi dan juga EFIN Badan untuk perusahaan atau badan usaha yang Anda miliki.

Demikian penjelasan mengenai apa itu EFIN Pajak berserta fungsi dari EFIN Pajak dan jenis – jenis EFIN Pajak. Pada Artikel berikutnya akan dibahas mengenai cara yang perlu dilakukan oleh wajib pajak untuk membuat EFIN Pajak.

Leave a Reply