Bhinneka News

Apple sedang berencana membeli Shazam

Pada akhir tahun 2017 tepatnya bulan Desember, Apple mengumumkan akan mengakuisisi Shazam sebuah aplikasi pada platform iOS danAndroid yang berguna untuk mengenali musik dan memberikan berbagai informasi serta tautan dimana musik itu dapat didengar. Saat ini Apple musik mendapatkan 1 juta klik perhari dari tautan yang direkomendasikan oleh Shazam.

Saat ini  Uni Eropa sedang melakukan  penyelidikan atas akuisisi layanan identifikasi musik Shazam. Indikasi penyelidikan ini untuk melihat  khawatiran bahwa kesepakatan itu dapat mengecilkan opsi konsumen untuk layanan streaming musik seluler dalam EEA (European Economic Area). Beberapa negara, termasuk Austria, Prancis, Islandia, dan Spanyol, meminta agar Komisi Eropa menilai akuisisi untuk menentukan apakah itu diizinkan berdasarkan undang-undang merger Uni Eropa.

Bila Shazam di akuisisi oleh Apple musik, kemungkinan terbesar adalah Shazam hanyamemberikan opsional untuk mendengarkan lagu yang telah di identifikasi ke layanan Apple musik tanpa ada tautan ke lainnya.  Apple menawarkan Shazam dalam kesepakatan senilai $ 400 juta pada Desember lalu. Angka itu jauh dari $ 1 miliar Shazam dinilai selama putaran pendanaan terakhir.

Leave a Reply