B2B e-Commerce di Indonesia - Bhinneka.Com
Info Bisnis Rekomendasi Produk

10 B2B e-Commerce Indonesia Terpopuler di Tahun 2024

Jumlah B2B e-Commerce di Indonesia terus bertambah. Penyebabnya karena market B2B di Indonesia cukup menjanjikan. Selain manargetkan korporasi, perusahaan toko online B2B terbaik di Indonesia juga bisa menjual produk dan jasanya ke UMKM dan pemerintah. Teknologi transaksi elektronik yang makin canggih memungkinkan korporasi, UMKM, dan pemerintah mencari apa yang mereka butuhkan dengan cepat.

Perusahaan B2B e-Commerce menjual produk dan jasa ke perusahaan lain. Berbeda dari e-Commerce B2C (Business to Consumer) dan C2C (Consumer to Consumer) yang menjual ke konsumen perorangan. Situs website B2B memiliki desain katalog dan cara transaksi yang sama mudahnya dengan e-commerce B2C. Tujuannya supaya tim Procurement atau pembelian bisa bertransaksi sama mudahnya dengan belanja di toko online B2C.

Pada tahun 2024, jumlah B2B e-Commerce di Indonesia terus bertumbuh. Penetrasi internet luas, pertumbuhan ekonomi, dan adopsi teknologi yang cepat memungkinkan banyak perusahaan dan UMKM di Indonesia memiliki banyak opsi untuk mencari penjual produk dan jasa. Berikut ini contoh e-Commerce B2B terpopuler di Indonesia dan profil singkatnya.

1. Bhinneka.Com

Bhinneka.Com (PT Bhinneka Mentari Dimensi) adalah B2B e-Commerce tertua di Indonesia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1993 ini pada awalnya adalah toko komputer fisik dan distributor mesin cetak format besar. Setelah melalui masa krisis ekonomi, situs Bhinneka.com akhirnya dilahirkan pada tahun 1999. Bhinneka adalah pionir e-Commerce di Indonesia.

B2B e-Commerce di Indonesia - Bhinneka.Com

Pada awalnya, Bhinneka adalah toko online B2C yang menjual produk dan jasa ke konsumen individu. Namun dalam perjalanannya, banyak konsumen B2B yang memilih Bhinneka untuk membeli produk yang dibutuhkan kantornya. Karena melihat banyaknya konsumen B2B dan peluang bisnis yang lebih besar di masa depan, membuat pada beberapa tahun lalu Bhinneka memantapkan posisinya sebagai perusahaan B2B e-Commerce yang fokus pada segmen B2B.

Bhinneka menyediakan berbagai produk IT, MRO, peralatan elektronik, solusi bisnis, dan jasa profesional untuk konsumen bisnis. Konsumen bisa mencari produk untuk mendukung bisnis, seperti: laptop, gadget, aksesoris komputer dan gadget, produk elektronik, server, ethernet switch, hingga NAS.

Untuk pilihan jasa tersedia jasa onsite dan offsite, seperti: Service PC dan gadget, implementasi ERP, pelatihan karyawan, pembuatan website, sewa perangkat kantor, IT Security, Big Data AI, dan perawatan produk elektronik berbasis kontrak. Teknisi yang bersertifikasi dengan dukungan toko offline siap memberi layanan terbaik untuk bisnis Anda.

Profil Bhinneka.Com

  • Alamat Website: www.bhinneka.com
  • Berdiri Sejak: Tahun 1999
  • Didirikan Oleh: Hendrik Tio dan Nicholas Tio
  • Nomor Telepon: (021) 2929 2828
  • WhatsApp: 0821 1252 9122
  • Email: corporate@bhinneka.com
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 08:00-18:00 WIB dan Sabtu, 09:00-16:00 WIB
  • Alamat Kantor Pusat:
    PT Bhinneka Mentari Dimensi
    Jl. Gunung Sahari Raya 73C No. 5-6
    Kec. Kemayoran, Jakarta Pusat
    Daerah Khusus Ibukota Jakarta
    10610, Indonesia

2. Kawan Lama Sejahtera

PT Kawan Lama Sejahtera adalah B2B e-Commerce terpopuler di Indonesia yang menyediakan berbagai macam peralatan industri, mulai dari rumah tangga sampai alat-alat bengkel. Situs toko online B2B Kawan Lama pertama kali diluncurkan pada tahun 1999. Situs website diluncurkan satu tahun setelah Kawan Lama meluncurkan brand peralatan industrinya sendiri, yaitu Krisbow.

B2B e-Commerce Populer KawanLama

PT Kawan Lama Sejahtera beroperasi di lebih dari 19 cabang di seluruh negeri. Perusahaan ini masih satu induk dengan Ace Hardware dan Informa. Anda bisa menemukan berbagai produk dari supplier kebutuhan industri, perkantoran, dan rumah tangga. Saat ini Kawan Lama Group memiliki lebih dari 1100 offline store yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

PT Kawan Lama Sejahtera berawal dari sebuah toko perkakas di Glodok, Jakarta yang didirikan pada tahun 1955. e-Commerce B2B ini bertujuan untuk mendukung perkembangan industri nasional melalui beragam produk komersial dan industri, seperti: peralatan kebersihan, pengukuran, mesin, perkakas, peralatan potong, rak penyimpanan, dan suku cadang.

Profil Kawan Lama Sejahtera

  • Alamat Website: www.kawanlama.com
  • Berdiri Sejak: Tahun 1999
  • Didirikan Oleh: Mr. Wong Jin
  • Nomor Telepon: (021) 582 8282
  • WhatsApp: 0815 1000 9997
  • Email: kawanlama@kawanlama.com
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 08:30-17:30 WIB
  • Alamat Kantor Pusat:
    PT Kawan Lama Sejahtera
    Jl. Puri Kencana No.1, Kembangan Selatan
    Kembangan, DKI Jakarta
    11610, Indonesia

3. Indonetwork

Pioneer B2B marketplace di Indonesia ini memiliki lebih dari 3 juta member. Indonetwork (PT Indonetwork Adi Perkasa) menawarkan berbagai produk dan jasa untuk konsumen bisnis. Marketplace ini juga menyediakan jasa digital marketing untuk konsumen bisnis. Pemilik UMKM dan UKM di Indonesia bisa bergabung ke platform Indonetwork untuk menjual produknya secara satuan atau grosir.

B2B Marketplace pertama Indonetwork

B2B Marketplace sejak tahun 2001 ini memiliki lebih dari 18 ribu barang dan jasa. Produk dari UMKM tersebut dibagi dalam beberapa kategori, yaitu: Mesin industri, perlengkapan listrik, bahan bangunan, furnitur, komputer, pakaian dan aksesoris, otomotif, agrobisnis dan produk pangan, kerajinan, dan bahan kimia.

Indonetwork bisa digunakan oleh pelanggan korporat untuk mencari barang dan jasa. Konsumen bisa mencari barang dan jasa di website Indonetwork. Ada layanan Best Deal yang memudahkan konsumen untuk mencari produk yang dibutuhkan. Saat transaksi, para vendor atau merchant akan langsung dihubungi oleh pencari barang.

Profil Indonetwork

  • Alamat Website: www.indonetwork.co.id
  • Berdiri Sejak: Tahun 2001
  • Didirikan Oleh: Ryn Hermawan dan Lindawati Chandra
  • Nomor Telepon: 0804 178 7878
  • WhatsApp:
  • Email: support@indonetwork.co.id
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 09:00-18:00 WIB
  • Alamat Kantor Pusat:
    Gedung Buncit 36
    Jalan Warung Jati Barat No. 36
    Ragunan Jakarta Selatan
    DKI Jakarta
    12550, Indonesia

4. Blibli for Business

Selain melayani konsumen individu, Blibli memiliki layanan B2B e-Commerce untuk melayani pelanggan bisnis di Indonesia. Layanan B2B ini membantu perusahaan hingga instansi pemerintah untuk mendapatkan barang dan jasa dengan mudah. Untuk menikmati layanan B2B for Business, Anda bisa daftar dan pilih jenis akun sesuai kebutuhan. Akun Premium Blibli menawarkan harga terbaik, pembayaran fleksibel, dan bisa buat lebih dari 1 akun.

Toko Online B2B Blibli

Blibli for Business menjual berbagai barang kebutuhan bisnis, seperti: Smartphone & Tablet, produk elektronik, kamera, furnitur dan dekorasi kantor, kebutuhan sehari-hari, perlengkapan kantor, voucher belanja dan tiket, bayar tagihan, dan aksesoris PC dan Gadget.

B2B e-Commerce Indonesia yang merupakan anak usaha dari PT Djarum ini hadir untuk membantu pelaku usaha dalam mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan. Di samping itu, Blibli menawarkan solusi dari tantangan logistik supaya pelaku usaha bisa dengan mudah menjangkau pasar lebih luas. Oleh karena itu, Blibli banyak bekerjasama dengan pemilik merk, distributor, hingga pelaku UMKM untuk jadi mitra penjual dalam platform B2B miliknya.

Profil Blibli for Business

  • Alamat Website: www.business.blibli.com
  • Berdiri Sejak: Tahun 2011
  • Didirikan Oleh: Kusumo Martanto, Martin Hartono, Lisa Widodo, Hendry, dan Lay Ridwan Gautama
  • Nomor Telepon: 0804 1871 871
  • WhatsApp:
  • Email: customer.care@blibli.com
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 08:00-17:00 WIB
  • Alamat Kantor Pusat:
    PT Global Digital Niaga
    Jalan Aipda K.S. Tubun II C No. 8
    Jakarta Barat, DKI Jakarta
    11410, Indonesia

5. Sribu (ex. Sribulancer)

Sribu (tadinya Sribulancer) adalah situs marketplace yang menghubungkan banyak freelancer dengan konsumen B2B. Sribu menyediakan jasa freelancer untuk membuat konten pemasaran digital dengan harga yang murah, pekerjaan yang cepat, dan hasil berkualitas. Dengan lebih dari 28.000 konten kreator terdaftar, pelanggan bisnis bisa memilih freelancer yang sesuai dengan budget.

Marketplace B2B Jasa Freelance Sribu

Konsumen Sribu berasal dari berbagai perusahaan swasta nasional, perusahaan lokal, hingga UMKM. Jasa freelancer dari Sribu banyak dibutuhkan oleh perusahaan B2B untuk membuat desain logo, desain website, desain kemasan produk, interior toko atau kantor, desain seragam karyawan, konten website, dan penulisan artikel bahasa Indonesia.

Sebagai pelanggan Sribu, Anda bisa mendapatkan lebih dari 100 desain dalam seminggu, desain pertama dalam 1 jam, dan revisi desain tanpa batas. Portofolio pekerjaan dari freelancer Sribu bisa dilihat dan dijadikan referensi sebelum memesan jasa. Anda juga bawa referensi sendiri saat melakukan pemesanan desain. Sribu memberi jaminan uang kembali 100% jika freelancer tidak memenuhi pekerjaan sesuai kesepakatan.

Profil Sribu (ex. Sribulancer)

  • Alamat Website: www.sribu.com/id
  • Berdiri Sejak: Tahun 2011
  • Didirikan Oleh: Ryan Gondokusumo dan Wenes Kusnadi
  • Nomor Telepon: 0821 2121 4811
  • WhatsApp:
  • Email: ask@sribu.com
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 08:00-18:00 WIB
  • Alamat Kantor Pusat:
    PT Sribu Digital Kreatif
    1Park Residences Tower A Lantai Mezzanine
    Jl. Kyai Moh. Syafii Hadzami No.1
    Gandaria, Kebayoran Lama
    Jakarta Selatan, DKI Jakarta
    12440, Indonesia

6. Indotrading

Indotrading adalah salah satu B2B marketplace terbesar di Indonesia. e-Commerce B2B ini mempertemukan penjual dan pembeli melalui sebuah platform dengan fitur RFQ (Request for Quotation) atau tender online yang memudahkan pembeli mencari barang dan jasa. Indotrading mengajak UMKM dan UKM di seluruh Indonesia sebagai supplier perusahaan swasta dan instansi pemerintah.

B2B Marketplace Indotrading

Indotrading menawarkan sistem keanggotaan berbayar dan gratis. Dengan membayar jadi Gold Member, pemilik usaha bisa mendapatkan fitur eksklusif, seperti: domain untuk perusahaan, desain website eksklusif yang mobile friendly, fitur andalan e-Commerce, email profesional, laporan statistik, prioritas ikut tender online, dan pelatihan. Member gratis tetap bisa menampilkan produk di website Indotrading namun tidak mendapat semua fitur eksklusif.

Sebagai marketplace, Indotrading tidak menjual barang dan jasa langsung ke pembeli. Transaksi pemesanan dilakukan secara langsung ke penjual (merchant) melalui platform Indotrading. Pembeli yang melihat produk dan jasa yang diinginkan kemudian bisa menghubungi merchant untuk melakukan transaksi.

Di Indotrading, Anda bisa menemukan berbagai kebutuhan bisnis, seperti: alat elektronik, alat mekanik dan suku cadang, bahan kimia, mesin, peralatan konstruksi, alat pelindung diri, dan berbagai peralatan pendukung kegiatan industri dan manufaktur.

Profil Indotrading

  • Alamat Website: www.indotrading.com
  • Berdiri Sejak: Tahun 2012
  • Didirikan Oleh: Handy Chang
  • Nomor Telepon: (021) 8068 1278
  • WhatsApp: 0851 8201 6792
  • Email: cs@indotrading.id
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 08:30-17:30 WIB
  • Alamat Kantor Pusat:
    PT Inovasi Sukses Sentosa
    Ruko Business Park Blok E 2/8
    JL. Meruya Ilir Raya No. 88
    Kel. Meruya Utara, Kec. Kembangan
    Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta
    11510, Indonesia

7. Ralali

Ralali adalah B2B e-Commerce Indonesia yang didirikan pada tahun 2013 oleh Joseph Aditya. Ralali hadirkan solusi penjualan, pemasok, dan pengadaan barang dan jasa secara online dengan sistem kebijakan harga yang transparan. Pada awalnya, Ralali fokus menjual produk MRO saja. Namun pada tahun 2015, memperluas katalog produknya hingga ke produk kesehatan, peralatan usaha, fashion dan kecantikan, elektronik, peralatan mesin dan industri, perlengkapan kantor, dan lain sebagainya.

Ralali e-Commerce Pengadaan Bisnis

Selain melayani pembelian dari pelanggan korporat, Ralali juga melayani transaksi ritel. Harga grosir produk di Ralali memudahkan pelaku UMKM mendapatkan stok dengan cepat dan murah. Ralali menawarkan program Membership dengan biaya Rp 600 ribu per tahun yang memungkinkan pemilik bisnis mendapat akses ke layanan Marketplace, Supply Chain Financing, Business Matching, dan bebas tarif transaksi penjualan.

Untuk membantu pemilik bisnis, Ralali memiliki 6 layanan unggulan, yaitu: Ralali Marketplace untuk jual beli mudah dan transparan, Ralali Plus untuk bantu pembiayaan usaha, Ralali Agent untuk bantu iklankan bisnis klien, Ralali Tender untuk memudahkan pengadanaan, Ralali Pavilion untuk solusi branding, dan Ralali Direct untuk bantu distribusi produk.

Profil Ralali

  • Alamat Website: www.ralali.com
  • Berdiri Sejak: Tahun 2013
  • Didirikan Oleh: Joseph Aditya
  • Nomor Telepon: (021) 1500 465
  • WhatsApp:
  • Email: hello@ralali.com
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 08:00-18:00 WIB
  • Alamat Kantor Pusat:
    Propan Tower – Lantai 10 Ciputra International
    Jl. Lingkar Luar Barat Blok A No. 1, Rw. Buaya, Kecamatan Cengkareng
    Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta
    11740, Indonesia

8. Mbiz.co.id

Mbiz (Mbiz.co.id) adalah layanan e-Procurement untuk memudahkan pelanggan B2B mencari barang dan jasa. Mbiz didirikan sejak Juli 2015. Platform toko online dengan mekanisme pengadaan ini bertujuan untuk mencegah korupsi di instansi pemerintah dan swasta. Mbiz menawarkan solusi e-Procurement berbasis website yang membantu perusahaan untuk mengelola persediaan dan manajemen vendor.

Mbiz e-Commerce untuk B2B

Fokus Mbiz adalah untuk mengatasi kerumitan proses pengadaan tradisional melalui bantuan teknologi. Transaksi B2B menjadi lebih sederhana sehingga harapannya konsumen bisnis bisa menghemat waktu, biaya, dan sumber daya manusia.

Platform Mbiz mengintegrasikan seluruh proses end-to-end Procurement, mulai dari: pembelian barang dan jasa, persetujuan, sampai pelacakan pengiriman. Seluruh proses dilakukan secara online sehingga lebih mudah dilakukan kapan saja dan dari mana saja.

Mbiz adalah e-Commerce B2B dan B2G di Indonesia yang mengizinkan vendor untuk menjual produk dan jasanya melalui platform Mbiz. Produk yang ditawarkan, di antaranya adalah: Produk agrikultur, elektronik dan komunikasi, kebutuhan sehari-hari, kesehatan dan perawatan diri, produk olahraga, otomotif, pakaian, peralatan industri, hingga peralatan kantor.

Profil Mbiz.co.id

  • Alamat Website: www.mbiz.co.id
  • Berdiri Sejak: Tahun 2015
  • Didirikan Oleh: Ryn Hermawan dan Andrew Mawikere
  • Nomor Telepon: (021) 400 01 036
  • WhatsApp:
  • Email: help@mbiz.co.id
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 09:00-18:00 WIB
  • Alamat Kantor Pusat:
    PT Brilliant eCommerce Berjaya
    Gedung Lippo Kuningan lantai 21
    Jl. HR. Rasuna Said kav.B-12
    Setiabudi, DKI Jakarta
    12940, Indonesia

9. AXIQoe

AXIQoe adalah B2B e-Commerce di Indonesia yang fokus menjual perlengkapan kantor. Toko online B2B yang lahir pada tahun 2015 juga bertindak sebagai penyedia di E-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP). Kategori produk yang dijual adalah: Printer, Scanner, Notebook PC, perangkat IT, kamera, Gadget, ATK Kantor, proyektor, dan peralatan kantor lainnya.

B2B populer di Indonesia Axiqoe

AXIQoe dapat diakses melalui berbagai perangkat. Konsumen B2B bisa melakukan transaksi dengan pilihan metode pembayaran yang cukup lengkap. Fitur Term of Payment memungkinkan pelanggan membayar pesanan dalam jangka waktu tertentu. Ada juga Approval Authorization supaya transaksi harus melalui persetujuan terlebih dulu. Lalu fitur Tracking Transaction untuk melihat pesanan sebelumnya untuk memudahkan pembelian berulang.

Profil AXIQoe

  • Alamat Website: www.axiqoe.com
  • Berdiri Sejak: Tahun 2015
  • Didirikan Oleh: Sahat M. Sihombing
  • Nomor Telepon: (021) 392 5977
  • WhatsApp:
  • Email: cs@axi.co.id
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 09:00-18:00 WIB
  • Alamat Kantor Pusat:
    PT. Astragraphia Xprins Indonesia
    Jl. Kramat Raya No. 43, DKI Jakarta
    10450, Indonesia

10. Monotaro

Monotaro sudah memulai bisnis e-Commerce di Indonesia sejak tahun 2012 dengan nama sukamart.com. Awalnya, Sukamart melayani konsumen individu melalui situs brand.sukamart.com dan konsumen bisnis melalui situs office.sukamart.com. Namun, setelah berganti kepemilikan pada tahun 2016, Sukamart berganti nama menjadi Monotaro.id.

Monotaro e-Commerce B2B di Indonesia

Monotaro.id (PT Monotaro Indonesia) adalah perusahaan B2B e-Commerce di Indonesia yang menjual berbagai produk kebutuhan industri dan kantor, mulai dari: ATK, peralatan kantor, peralatan keselamatan kerja (K3), logistik, alat kebersihan, alat potong, alat pengukur, perkakas tangan, bahan kimia, alat laboratorium, komponen mesin, alat kelistrikan, peralatan dapur, hingga bahan bangunan.

Monotaro merupakan perusahaan hasil joint venture antara MonotaRO Co., Ltd dan Sumitomo Corporation Group. MonotaRO Co., Ltd terdaftar di Bursa Saham Tokyo dan telah menjalankan bisnis e-Commerce di Jepang dan Korea Selatan. Berbekal pengalaman lebih dari 18 tahun sebagai B2B e-Commerce di Jepang, Monotaro hadirkan katalog produk lengkap dengan rantai pasokan yang besar.

Profil Monotaro

  • Alamat Website: www.monotaro.id
  • Berdiri Sejak: Tahun 2016
  • Didirikan Oleh: MonotaRO Co., Ltd. dan Sumitomo Corporation Group (Joint Venture)
  • Nomor Telepon: (021) 3110 6990
  • WhatsApp: 0855 7467 8400
  • Email: cs@monotaro.id
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 08:00-18:00 WIB
  • Alamat Kantor Pusat:
    PT Monotaro Indonesia
    Wisma 46 Lantai 6 Jl. Jenderal Sudirman Kav. 1
    Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta
    10220, Indonesia

Peluang Bisnis B2B e-Commerce di Indonesia

Menangani pengadaan di perusahaan swasta hingga instansi pemerintah saat ini sering menemui banyak kesulitan. Mulai dari cari vendor, negosiasi harga, hingga melacak pengiriman tidak bisa dilakukakan dalam satu platform. Untungnya saat ini ada banyak platform B2B e-Commerce di Indonesia yang menawarkan kemudahan transaksi seperti belanja di toko online B2C.

Kehadiran B2B e-Commerce di Indonesia juga banyak membantu UMKM dan peritel kecil. Selain bisa mencari stok produk, mereka juga bisa berpartisipasi sebagai penyedia barang dan jasa untuk dijual di platform B2B e-Commerce. Peluang bisnis B2B di Indonesia memiliki potensi besar untuk tumbuh.

Berikut ini faktor yang menyebabkan besarnya peluang bisnis toko online B2B di Indonesia:

Banyaknya Jumlah Perusahaan di Indonesia

Pada tahun 2016, berdasarkan sensus Ekonomi Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat total 26.71 juta perusahaan di Indonesia. Jumlahnya naik 17.51% dibanding tahun 2006. Sektor UMKM mendominasi komposisi. Banyaknya jumlah perusahaan adalah peluang besar dari B2B e-Commerce. Setiap perusahaan pasti membutuhkan peralatan ATK, laptop atau desktop, printer, scanner, hingga jasa instalasi software.

Perusahaan Membutuhkan Pemasok yang Bisa Diandalkan

Kebanyakan perusahaan memiliki tim pengadaan atau procurement yang bertanggung jawab melakukan pembelian. Kehadiran B2B e-Commerce di Indonesia memudahkan mereka untuk mencari barang dan jasa yang dibutuhkan. Bisnis B2B sangat mengandalkan hubungan dekat dengan klien. Alasannya, karena mencari vendor baru terus menerus sangat merepotkan. Mereka suka vendor yang cepat dihubungi dan punya termin pembayaran fleksibel.

Kehadiran UMKM Mempromosikan Bisnis B2B

Kehadiran UMKM di B2B Marketplace adalah hubungan yang saling menguntungkan. Usaha kecil menengah bisa memanfaatkan platform B2B e-Commerce untuk mendapatkan pesanan dalam jumlah besar. Operasional UMKM juga lebih efisien karena tidak perlu mencari pelanggan dan menawarkan satu per satu. Di sisi lain, UMKM juga berperan dalam mempromosikan e-Commerce. Mereka pasti menampilkan di e-Commerce mana produknya dijual, baik di situs website, media sosial, atau kemasan produk.

Kebijakan Pemerintah untuk Pengadaan dari UMKM

Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2022 memerintahkan agar pengadaan di lingkungan instansi negara menggunakan produk dalam negeri dan produk usaha mikro kecil dan koperasi. LKPP (Lembaga Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) juga memiliki katalog khusus yang menyediakan informasi produk dari berbagai e-commerce di Indonesia. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk mendapat pesanan dari pemerintah yang jumlahnya besar.

Tantangan Bisnis B2B e-Commerce di Indonesia

Hampir semua perusahaan B2B e-Commerce sudah memiliki teknologi yang mumpuni untuk membuat sistem pengadaan berbasis online yang cepat dan mudah. Penetrasi internet juga sudah menyebar luas di Indonesia sehingga layanan e-Commerce bisa diakses dari mana saja. Dari segi regulasi, pemerintah Indonesia juga sangat mendukung e-Commerce untuk jadi penyedia berbagai kebutuhan instansi.

Dari segi teknologi, internet, dan regulasi saat ini sudah dianggap bukan lagi tantangan dalam bisnis B2B. Yang menjadi tantangan terbesar sebenarnya adalah kompetisi yang sangat ketat. Seperti yang dijelaskan di atas, pelanggan B2B e-Commerce cenderung lebih loyal dengan salah satu e-Commerce. Bisnis B2B juga sangat mengutamakan hubungan baik dengan pelanggan.

Oleh karena itu, sangat sulit untuk pemain baru masuk ke dalam lingkup bisnis B2B. Pemain lama punya basis data pelanggan yang lengkap. Katalog produknya juga pasti lebih banyak mencakup berbagai jenis kategori barang dan jasa yang anti-mainstream. Pemain baru yang ingin berkompetisi harus dipersenjatai modal dan koneksi yang kuat untuk menarik pelanggan e-Commerce lain pindah ke dirinya.

Leave a Reply