penyebab hp panas
Tips & Tutorial

9 Penyebab Hp Panas dan Cara Ampuh Mengatasinya

Penyebab hp panas ada banyak, kondisi lingkungan dan penggunaan berlebihan sering jadi penyebab utamanya. Panas bisa membuat hp cepat rusak. Memaksakan penggunaan hp saat kondisinya memanas berdampak buruk pada unitnya itu sendiri.

penyebab hp panas

Kalau hp Anda panas setelah pemakaian berjam-jam itu masih wajar. Namun jika hp cepat panas walau hanya dipakai sebentar, kamu harus cari tahu apa penyebabnya. Berikut ini 9 penyebab hp cepat dan cara mengatasinya.

Penyebab Hp Cepat Panas

1. Sinyal Selular Lemah

Saat sinyal provider lemah, hp Anda akan bekerja ekstra keras untuk mencari sinyal. Ini adalah penyebab hp cepat panas. Bahkan saat tidak digunakan, hp terus menerus mencari sinyal sehingga suhu perangkat makin tinggi dan baterai cepat habis.

Untuk mengatasinya, cukup matikan sinyal selular. Hubungkan hp ke WiFi supaya internet lebih lancar. Selain itu, beban hp juga berkurang untuk mencari sinyal.

2. Baterai Bermasalah

Saat kinerja baterai menurun, daya baterai akan cepat bocor. Ini menyebabkan baterai cepat habis. Selain itu, baterai bocor juga membuat hp cepat panas.

Jika masalahnya ada di baterai, bagian hp yang cepat panas ada di bagian baterai atau bodi belakang. Masalah baterai sangat serius. Banyak kasus hp meledak disebabkan masalah pada baterai.

3. Bug pada Sistem Operasi

Penyebab hp cepat panas adalah karena ada bug pada OS atau Operating System. Bug pada OS bisa membuat konsumsi daya melebihi batas normal. Bug juga membuat fitur dan aplikasi bawaan bekerja terus menerus di latar belakang.

hp cepat panas

Konfigurasi yang tidak optimal karena bug membuat baterai cepat terkuras dan hp cepat panas. Solusi untuk memperbaikinya cukup dengan update sistem operasi.

4. Bug pada Aplikasi

Bug atau eror juga bisa terjadi di aplikasi. Salah satu bug yang menyebalkan adalah membuat aplikasi berjalan terus di latar belakang. Eror karena gagal terhubung ke server juga membuat aplikasi bekerja terus-terusan.

Selain memakan RAM dan baterai, aplikasi yang berjalan terus membuat hp cepat panas. Solusi mengatasinya bisa dengan update aplikasi di App Store atau Play Store. Jika tidak ada update, kamu bisa uninstal aplikasi untuk sementara waktu.

5. Lingkungan yang Panas

Paparan sinar matahari langsung membuat suhu hp cepat panas. Suhu hp yang sudah panas karena operasional, ditambah dengan suhu panas dari luar. Suhu hp jadi 2 – 3x lebih panas dari biasanya.

Meletakkan hp di dashboard mobil juga membuat hp panas. Suhu yang sangat tinggi bisa merusak hp, bahkan ada kasus hp meledak karena menaruh hp di dashboard.

6. Main Game dalam Waktu Lama

Game adalah aplikasi yang paling menguras baterai. Game membuat layar, chipset, RAM, dan storage bekerja ekstra keras. Komponen utama hp tersebut cepat panas. Main game dengan intensitas tinggi sebenarnya tidak baik untuk kesehatan hp Anda.

penyebab hp cepat panas

Untuk itu batasi penggunaan hp untuk main game. Terlebih jika hp kamu tidak punya pendingin internal. Main game lama di suhu lingkungan panas membuat suhu hp jauh lebih panas dari biasanya.

7. Streaming Berjam-Jam

Penyebab hp panas selanjutnya adalah menonton film streaming berjam-jam. Nonton film di YouTube, Netflix, atau Viu dapat menguras baterai lebih cepat.

Menonton streaming membuat layar, speaker, dan modem bekerja terus menerus. Jika layar tetap aktif dalam jangka waktu lama membuat hp cepat panas, terutama di bagian depan.

8. Menggunakan Charger Palsu

Baterai rusak bisa membuat hp cepat panas. Penyebab baterai rusak bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah penggunaan charger palsu. Pasokan daya dari charger palsu tidak sesuai dengan kebutuhan hp. Ini yang bisa merusak baterai dan komponen pengecasan.

Daya listrik yang tidak sesuai di baterai membuat kinerja baterai menurun. Kerusakan pada komponen charging membuat hp cepat panas. Hindari penggunaan charger palsu. Kalau mau beli charger merk lain, sesuaikan daya dengan kebutuhan hp Anda.

9. Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Menyeting kecerahan layar terlalu tinggi membuat hp cepat panas. Menaikkan kecerahan layar hp sampai maksimal akan memaksa baterai bekerja lebih keras.

Selain membuat baterai cepat habis, bagian layar juga lebih cepat panas. Menyeting layar terlalu cerah juga membuat mata cepat silau. Tentunya tidak nyaman karena membuat mata cepat lelah.

Cara Mengatasi Hp Cepat Panas

Setelah mengetahui penyebab hp panas, tentu akan sangat mudah untuk mengatasinya. Sebenarnya produsen hp sudah mendesain hp sedemikian rupa supaya tidak cepat panas. Namun berbagai faktor internal dan eksternal dapat menyebabkan hp cepat panas. Baca juga: Penyebab laptop cepat panas.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengatasi hp cepat panas dengan beberapa langkah berikut ini:

  1. Hindari sinar matahari langsung
  2. Matikan atau uninstal aplikasi yang bermasalah
  3. Atur kecerahan layar agar tidak terlalu tinggi
  4. Matikan selular saat susah sinyal, atau hubungkan ke WiFi
  5. Gunakan charger asli
  6. Cek dan lakukan update rutin OS dan aplikasi
  7. Batasi penggunaan hp, maksimal 1 jam untuk game atau streaming.

Leave a Reply