Ide Bisnis Modal Kecil Social Media
Info Bisnis Tren Bisnis

15 Ide Bisnis dengan Modal Kecil yang Cocok untuk Pemula

Bagi pemula di dunia bisnis, mencari ide bisnis modal kecil merupakan sebuah tantangan. Di tengah modal yang jumlahnya terbatas, pengusaha pemula harus mencari ide bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan. Kebanyakan pengusaha pemula butuh balik modal lebih cepat untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari sampai bayar kredit pinjaman untuk memulai usaha.

Selain untuk mencukupi kebutuhan hidup, ide bisnis dengan modal kecil juga cocok sebagai pendapatan tambahan. Saat ini semakin banyak orang mencari ide bisnis yang bisa dikerjakan di rumah dan tidak menggangu pekerjaan utamanya. Bisnis dengan modal kecil membantu orang-orang untuk mewujudkan cita-cita menjadi pengusaha sukses.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas peluang bisnis yang menarik untuk dijalankan dengan modal terbatas. Selain itu, ada strategi yang dapat membantu Anda mengoptimalkan potensi bisnis. Inspirasi bisnis dengan modal kecil berikut ini dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

1. Membuat Konten di Media Sosial

Jika Anda punya pengetahuan tertentu yang sangat dikuasi, punya kemampuan menulis, desain grafis, dan analisa yang kuat membuat akun media sosial sendiri adalah ide bisnis modal kecil yang cukup mudah dilakukan. Media sosial dengan siklus postingan yang bisa 24 jam setiap hari memberi peluang bagi para profesional kreatif yang ingin berbagi ilmunya.

Ide Bisnis Modal Kecil Social Media

Anda bisa menciptakan akun media sosial khusus yang berbeda dari akun pribadi. Lalu fokus membahas konten yang Anda kuasai. Lakukan secara konsisten untuk menciptakan branding di benak follower. Buatlah konten yang punya kualitas tinggi, yaitu: informasi akurat, paling up to date, dan caption yang menarik. Jika satu akun sudah berhasil, buatlah akun baru lainnya. Kumpulan akun Anda bisa ditawarkan sebagai portofolio ke klien untuk dapat jasa endorsement.

2. Konsultan Media Sosial

Berbeda dengan bisnis membuat konten media sosial, ide bisnis modal kecil berikut ini tidak mengharuskan Anda untuk memiliki akun media sosial. Pekerjaan Anda adalah menawarkan ide konten ke pemilik akun media sosial. Target klien adalah UMKM yang tidak punya banyak waktu untuk mengelola media sosial sendiri. Di samping itu, mereka juga tidak punya dana cukup untuk hire karyawan khusus untuk mengurus media sosial.

Banyaknya pekerjaan yang harus ditangani dan jumlah karyawan yang terbatas, pemilik UMKM sangat kewalahan untuk membuat strategi konten media sosial yang menarik. Sebagai konsultan media sosial, Anda bisa menawarkan taktik, jadwal posting, produksi konten, dan analisa. Biaya jasa yang ditawarkan bisa berdasarkan pertumbuhan follower klien atau jumlah likes dan postingan.

3. Blogger (Penulis Konten Website)

Blogger adalah bisnis yang membutuhkan modal kecil namun bisa menghasilkan banyak keuntungan. Yang Anda perlukan adalah sebuah laptop, situs website, kemampuan menulis, serta pengetahuan SEO (Search Engine Optimization). Buatlah banyak artikel untuk meningkatkan kepercayaan website Anda, baik di mata pembaca atau search engine.

Bisnis dengan modal kecil penulis website

Setelah mendapat banyak kunjungan, Anda bisa mendapatkan uang dari iklan Adsense atau menawarkan ruang iklan di website. Namun tantangan untuk ide bisnis modal kecil ini adalah butuh waktu untuk balik modal. Supaya artikel mudah masuk halaman pertama search engine butuh ada banyak syarat dan ketentuannya. Supaya lebih cepat dapat kunjungan, fokuskan website Anda membahas topik tertentu saja, misalnya: website rumus matematika, tata bahasa, isu lingkungan, game, dan lain sebagainya.

4. Konsultasi dan Perencanaan Event

Jika Anda punya banyak pengalaman dalam menyelenggarakan pesta, membuat bisnis konsultan event adalah ide bisnis yang menjanjikan. Yang terpenting di bisnis ini adalah Anda harus bekerja terorganisir dan memiliki banyak channel. Target pasar dari bisnis ini adalah orang-orang yang ingin membuat acara pernikahan, pesta ulang tahun, acara kantor, atau reuni agar lebih menarik.

Meskipun hanya punya ide, Anda tetap bisa menjalankan bisnis ini. Gunakan channel Anda untuk mencari vendor yang menyediakan properti yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan pesta. Buat database vendor dan kontak yang solid untuk membantu klien mengatur acara impian mereka. Klien tidak perlu repot mencari apa yang dibutuhkan karena bisa disediakan semua oleh bisnis Anda.

5. Layanan Day Care untuk Anak dan Orang Tua

Mengurus anak-anak atau orang tua (lansia) yang butuh perawatan khusus membutuhkan waktu dan tenaga. Sebagian besar orang tua (suami dan istri) perlu bekerja untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Mereka tidak memiliki waktu untuk mengurus keperluan pribadi anak dan orang tua mereka, seperti: memasak, belanja keperluan sehari-hari, dan mandi cuci kakus (MCK).

Ide bisnis murah momong anak dan lansia

Menawarkan jasa perawatan anak dan orang tua sebenarnya tidak membutuhkan lisensi khusus. Yang penting Anda bisa bekerja profesional supaya mendapat kepercayaan. Terlebih lagi untuk anak-anak, Anda bisa tawarkan jasa tambahan seperti pendidikan dini. Untuk penentuan tarifnya bisa disesuaikan dengan cara benchmark harga jasa sejenis di sekitar lingkungan klien. Perhitungan gaji bisa per hari, per bulan, atau berdasarkan tugas.

6. Konsultasi Resume (CV)

Setiap orang ingin bekerja di perusahaan impiannya. Orang yang ingin naik karirnya juga butuh peluang baru di perusahaan lain. Ada juga orang yang ingin naik karir di perusahaannya sekarang. Jasa menulis resume (CV) dan konsultasi adalah ide bisnis dengan modal kecil yang potensial. Kebutuhannya akan semakin tinggi seiring dengan meningkatnya jumlah pencari kerja.

Untuk memulai bisnis modal kecil ini hanya butuh laptop dan pengalaman. Anda bisa mendaftar sebagai freelance penulis resume di LinkedIn atau Upwork. Media sosial bisa dimanfaatkan untuk mencari pelanggan dan branding. Tawarkan juga jasa pembicara di event yang berkaitan dengan bursa kerja. Tujuannya untuk mencari pelanggan dan portofolio tentang jasa profesional Anda.

7. Bisnis Jasa Pelatihan Perangkat Lunak

Jika Anda mahir dan punya banyak lisensi untuk perangkat lunak tertentu, Anda bisa tawarkan jasa pelatihan ke UMKM atau pribadi. Tercatat ada peningkatan permintaan dari banyak klien yang ingin meningkatkan skill dalam menggunakan aplikasi kerja. Di sisi lain, biaya pelatihan resmi harganya sangat mahal. Berikan jasa pelatihan perangkat lunak untuk UMKM atau pribadi dengan skema tarif per jam, per sesi, atau per paket training.

Bisnis trainer dengan modal kecil

Ada beberapa perangkat lunak yang berguna untuk UMKM namun butuh pelatihan khusus, seperti:

  • Adobe Photoshop. Untuk memudahkan klien edit foto untuk bisnis mereka
  • AutoCAD. Perangkat lunak untuk desain dan drafting di bidang teknik dan arsitektur
  • Blender. Cocok untuk bantu UMKM agar bisa membuat animasi 3D, model, dan efek visual di produknya
  • MATLAB. Pelatihan untuk komputasi numerik dan pemrograman di bidang teknik dan sains
  • Salesforce. Platform CRM (Customer Relationship Management) yang membutuhkan pemahaman struktur data, konfigurasi, dan penggunaan alat
  • SAP. Perangkat lunak untuk bantu bisnis mengelola operasional
  • Hadoop. Perangkat lunak untuk memproses dan menyimpan data besar (big data)
  • Linux. Bantu klien menguasai perintah dan operasi di lingkungan baris perintah Linux
  • Pro Tools. Pelatihan produksi audio profesional, namun butuh pemahaman teknik dan alat musik studio
  • Machine Learning Frameworks. Perangkat lunak untuk pengembangan dan implementasi konsep Machine Learning, termasuk cara menggunakan framework-nya.

8. Konsultan dan Perencana Makanan

Saat ini mulai banyak orang yang perhatian dengan kualitas gizi makanan. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara memasak dan bisa mendapatkan makanan sehat. Di samping itu, makanan sehat dan enak selalu dianggap mahal. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi konsultan gizi makanan. Jasa konsultasi bisa ditawarkan ke orang-orang yang sedang program diet.

Sebagai seorang konsultan gizi makanan, Anda dapat menulis resep yang mudah diikuti, memberikan informasi nilai gizi, menyusun rencana anggaran, dan mendidik pelanggan. Untuk melengkapi portofolio, Anda bisa buat media sosial untuk memamerkan hasil yang didapat klien selama ini. Untuk menjalankan bisnis bermodal kecil ini Anda perlu lisensi khusus sebagai ahli gizi atau dokter di bidang gizi.

9. Koki Pribadi

Jasa koki pribadi cocok ditawarkan ke klien yang ingin membuat makan malam bersama pasangan, keluarga, atau acara kecil di rumah. Modal yang dibutuhkan jasa ini relatif kecil. Pelanggan yang menanggung biaya belanja bahan makanan dan tempat masak. Anda mungkin harus membeli alat masak khusus yang tidak umum dimiliki.

Bisnis kuliner dengan modal kecil

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus memiliki keterampilan memasak dan pengetahuan tentang nutrisi dan tata cara diet khusus. Pengalaman sekolah kuliner mungkin tidak dibutuhkan, asalkan Anda bisa punya pengalaman memasak di berbagai hotel dan restoran. Namun, lisensi kadang dibutuhkan untuk mendapatkan pesanan dari klien lebih besar.

10. Bimbingan Privat Alat Musik

Pengalaman dalam bermusik bisa jadi peluang bisnis modal kecil. Anda bisa menawarkan jasa les alat musik kepada klien yang ingin mempelajari alat musik tertentu. Jasa les privat musik bisa dilakukan di tempat Anda sendiri atau di rumah pelanggan. Terutama untuk les piano pasti Anda harus datang sendiri ke rumah pelanggan.

Selain kemampuan pengajaran yang baik, Anda harus sediakan berbagai buku musik dari berbagai genre. Semua tangga nada dan jenis genre musik bisa disesuaikan dengan tingkat keahlian pelanggan. Setelah mendapat banyak pelanggan, Anda bisa tawarkan jasa pengajaran musik ke sekolah dan kelompok teater.

11. Kursus dan Bimbingan Privat

Kursus dan bimbingan privat cocok untuk pelanggan yang ingin anaknya mendapat bimbingan belajar tambahan. Berbeda dengan tempat les konvensional, harga yang ditawarkan bisa lebih ekonomis. Anda juga tidak perlu sewa tempat karena les privat dilakukan di rumah. Biaya jasa les privat ini bisa ditawarkan dalam berbagai skema, seperti: per jam, mingguan, atau paket bulanan.

12. Konsultan Keamanan Data dan Internet

Konsultan dapat memberikan pandangan yang tak bisa ditangkap oleh perusahaan klien. Pengalaman bekerja di banyak perusahaan bisa memberi masukan ke perusahaan kliennya. Jika Anda memiliki pengetahuan di bidang IT, sistem komunikasi, dan komputer Anda bisa buka peluang bisnis sebagai konsultan keamanan internet.

Konsultan IT yang Tanpa Modal

Jasa ini membantu pemilik bisnis menghindari virus, hacker, dan penipuan dari internet. Perlindungan data sangat penting untuk menjaga citra perusahaan di mata pelanggan. Sebagai tenaga konsultan, Anda bisa beri masukan dan temukan celah di sistem IT mereka.

13. Jasa Pembuatan Desain

Jasa pembuatan desain dibutuhkan oleh banyak UMKM. Mereka ingin tampil berbeda dari kompetitornya. Setiap bisnis pasti butuh aset visual pada bisnis mereka dan untuk menarik pelanggan. Sebagai pembuat jasa desain grafis, Anda membutuhkan laptop, aplikasi desain, dan portofolio. Anda bisa menyediakan beragam layanan pembuatan desain grafis, seperti:

  • Pembuatan logo
  • Desain banner iklan
  • Brosur, flyer, spanduk, dan baliho
  • Desain kaos karyawan atau souvenir
  • Karikatur kreatif
  • Konten sosial media
  • Desain interior toko dan restoran.

14. Review Produk Profesional

Sampai saat ini, jasa review produk masih dibutuhkan. Pemilik akun YouTube dan media sosial bisa tawarkan jasa review melalui akunnya. Banyak perusahaan yang menyediakan produk dan layanan ke setiap influencer untuk dibuatkan review. Harapannya bisa mendapat ulasan yang bagus. Namun yang paling penting adalah review yang natural, jujur, dan tidak dibuat-buat. Untuk memulai usaha ini, Anda perlu channel yang punya banyak audiens dan pengalaman di bidang yang ditekuni.

15. Katering dan Masakan Harian

Jasa katering adalah salah satu bisnis modal kecil yang cukup menjanjikan dalam jangka panjang. Bisnis ini menyediakan layanan katering untuk acara kecil dan besar, katering kantoran, dan memasak makanan untuk dijual reseller. Anda bisa menawarkan masakan khusus untuk makanan khas tertentu, misalnya: makanan khusus diet, vegetarian, dan lain sebagainya.

Bisnis katering modal murah

Meskipun modalnya masih kecil, namun masih tergolong cukup besar dibanding bisnis modal kecil di atas. Anda perlu beli berbagai peralatan memasak untuk porsi besar. Sedangkan, untuk bahan-bahan makanan hanya akan dibeli saat menerima pesanan.

Kesimpulan

Memilih bisnis modal kecil yang cocok untuk Anda perlu banyak pertimbangan, seperti: minat pribadi, potensi pasar, keterampilan, dan pengetahuan. Yang paling terpenting dalam memilih bisnis dengan modal kecil adalah pilih yang paling Anda mengerti. Ini membuat bisnis lebih menyenangkan saat dijalankan. Hal ini yang akan memotivasi untuk membuat bisnis sukses.

Selain itu, ada banyak pertimbangan dalam memilih bisnis dengan modal kecil, yaitu:

  • Pilih bisnis yang sesuai dengan keahlian untuk memberi nilai tambah
  • Buat riset pasar untuk identifikasi peluang bisnis dan tingkat persaingannya
  • Amati tren industri terkini dan pertimbangkan potensinya di masa depan
  • Cari tahu apa yang ditawarkan kompetitor dan tawarkan hal yang menarik
  • Apa prioritas Anda di bisnis ? Sebagai penghasilan utama atau sampingan ?
  • Sesuaikan bisnis modal kecil yang cocok dengan modal awal dan biaya operasional
  • Pelajari regulasi terkait persyaratan dalam menjalankan bisnis Anda
  • Analisa kebutuhan pasar lokal, apakah orang-orang di lingkungan Anda membutuhkannya.

Jasa adalah jenis bisnis modal kecil yang relatif mudah dilakukan. Tidak butuh banyak modal untuk produksi barang dan rekrut banyak karyawan. Bisnis jasa bahkan bisa dilakukan sendiri dari rumah. Karena lebih murah dan mudah, persaingan di bisnis jasa sangat menantang. Anda perlu jadi berbeda supaya dapat menawarkan hal yang menarik untuk dilirik pelanggan.

Leave a Reply