Bisnis yang menjanjikan di bidang teknologi
Info Bisnis Tren Bisnis

20 Ide Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2024

Ada begitu banyak ide bisnis yang menjanjikan sering kita dengar dari bertahun-tahun lamanya. Misalnya, bisnis properti (kontrakan, kosan, dan perumahan), makanan, hingga jasa kebersihan rumah. Ide bisnis-bisnis tersebut sampai tahun 2024 masih terus menjanjikan. Anda masih bisa mendapat banyak keuntungan dari bisnis tersebut. Namun, karena semakin banyak pemain di bisnis tersebut membuat kita harus mencari ide bisnis baru yang menjanjikan untuk dijalankan hingga bertahun-tahun ke depan.

Kita tentunya tidak ingin bertarung di ceruk pasar yang sama terus menerus bukan ? Sebagai seorang pebisnis kita harusnya pintar mencari peluang bisnis baru yang dapat mengubah pola konsumsi masyarakat. Membuat mereka tergantung dengan bisnis baru yang kita tawarkan ketimbang bertahan dengan kebutuhan konsumsi yang sudah usang dengan perkembangan jaman.

Ide Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2024

Mencari ide bisnis yang menjanjikan di tahun 2024 bisa melibatkan banyak faktor, seperti: Tren pasar, kebutuhan konsumen, dan inovasi yang diperkuat teknologi. Apapun ide binsisnya, Anda harus mempertimbangkan apakah solusi yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen dalam menjalani hidupnya. Berikut ini adalah 20 jenis ide bisnis yang menjajikan untuk dijalankan tahun ini:

 1. Jasa Cetak Kaos Custom

Pernahkah Anda ketemu orang yang memakai baju sama dengan baju Anda di suatu acara ? Rasanya sangat aneh bukan ? Kebanyakan orang saat ini ingin tampil beda. Meski memakai gaya busana dan warna yang sama, namun setiap orang ingin terlihat berbeda dari orang lain. Inilah peluang yang bisa ditangkap dari jasa cetak kaos custom. Pelanggan bisa merancang bajunya sendiri. Jasa ini juga sangat bermanfaat untuk perusahaan-perusahaan yang butuh kaos untuk acara-acara khusus.

Bisnis yang menjanjikan jasa cetak kaos kustom

2. Membuat Aplikasi Mobile

Saat ini banyak pemilik UMKM ingin memiliki aplikasi untuk melayani pelanggannya. Jika Anda punya pengalaman sebagai pembuat aplikasi, Anda bisa mempertimbangkan membuka usaha jasa pembuatan aplikasi mobile. Salah satu alasan kenapa aplikasi mobile potensial di tahun 2024 adalah karena semakin banyak pengguna smartphone. Anda bisa ajak kerjasama teman di perusahaan lama untuk kerja sama membuat aplikasi sesuai permintaan.

3. Konsultasi Interior Toko

Tidak bisa dipungkiri salah satu alasan yang menarik orang untuk datang ke sebuah toko atau tempat makan adalah “instagramable.” Interior toko yang menarik membuat orang betah berlama-lama. Jasa konsultasi interior bisa bantu toko Anda lebih terlihat menarik di mata konsumen. Semakin ramai toko Anda semakin banyak pesanan yang diterima dan semakin besar peluang untuk ekspansi usaha di masa depan.

4. Copywriting dan Content Writer Freelance

Jika Anda memiliki keterampilan menulis dan punya pengetahuan tentang SEO (Search Engine Optimization), jasa menulis konten lepas bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2024. Anda bisa tawarkan jasa untuk menulis blog, konten website, siaran pers, berita, atau konten media sosial. Selain bekerja sebagai penulis, Anda bisa memberi jasa konsultasi research keyword ke perusahaan klien supaya mudah masuk pencarian search engine.

Bisnis yang bagus jasa content writer

5. Layanan Perawatan Lansia

Jasa perawatan lansia sangat membantu keluarga yang memiliki keluarga yang memerlukan perawatan khusus di rumah. Kebanyakan orang lansia sudah tidak mampu untuk beraktivitas fisik biasa. Di sisi lain, keluarga lainnya seperti anak-anaknya harus bekerja untuk menghidupi keluarga sehingga tidak bisa terus menerus mengawasi orang tua mereka. Jasa ini memberi ketenangan bagi para pekerja yang punya orang tua yang harus dirawat di rumah.

6. Jasa Penerjemah Bahasa Asing

Internet memungkinkan bisnis kecil bisa ekspansi ke luar negeri lebih mudah. Internet membuka peluang bagi para pemilik usaha untuk memasuki pasar negara lain dengan bahasa yang berbeda-beda. Hal ini bisa jadi peluang untuk Anda yang ingin membuka jasa penerjemah bahasa asing untuk dokumen, translator pribadi, dan situs website atau sosial media. Selain bahasa inggris, ada cukup banyak peluang untuk menerjemahkan bahasa lain seperti: bahasa mandarin, jepang, spanyol, hingga arab.

Bisnis menjanjikan alih bahasa

7. Jasa Desain Grafis Freelance

Jasa desain grafis cukup banyak dilirik oleh pemilik UMKM yang ingin produknya terlihat lebih menarik. Pangsa pasarnya sangat besar karena di Indonesia sendiri ada lebih dari 64.2 juta UMKM. Per bulan Juni 2023, ada lebih dari 22.68 juta UMKM yang sudah onboarding ke pasar digital. Pangsa pasar yang begitu besar ini tentu butuh ide segar agar brand-nya tampil berbeda. Anda bisa tawarkan jasa desain, seperti: logo, banner iklan, kemasan produk, situs website, hingga konten media sosial.

8. Konsultasi Resume atau CV

Setiap orang pasti memiliki pekerjaan impiannya. Baik itu fresh graduate atau profesional yang ingin ganti karier, menaikkan gaji, atau pindah ke perusahaan baru. Namun sayangnya, tidak semua orang punya kemampuan untuk membuat CV yang menarik. Sebagai seorang yang lama bekerja di bidang HRD, Anda bisa membuka jasa konsultasi pembuatan CV untuk orang-orang tersebut. Anda bisa buat kelas khusus untuk membantu pelamar kerja agar lebih menonjol menggunakan kacamata Anda sebagai eks HRD.

9. Katering Acara dan Kantor

Beberapa perusahaan memiliki kebijakan untuk menyediakan makan siang bagi karyawannya. Anda bisa tawarkan jasa katering kantor dengan beragam menu yang bisa disesuaikan dengan bujet klien. Atau, Anda juga bisa tawarkan jasa katering untuk acara kantor. Tawarkan berbagai macam menu dan harga yang kompetitif. Berikan layanan tambahan lain yang mungkin menarik, seperti: diskon untuk pemesanan berulang, menu spesial atau tematik, menu sehat (contoh: vegetarian), menu khusus diet, gratis pengantaran, dan lain sebagainya.

10. Konsultan Kesehatan dan Kebugaran Pribadi

Ada dua jasa konsultan yang cukup berpeluang di tahun ini, yaitu konsultan kesehatan dan kebugaran. Konsultasi kesehatan membutuhkan keahlian dan sertifikasi khusus, biasanya butuh lisensi keahlian di bidang gizi. Jasa ini bisa Anda tawarkan ke orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Selain bisa mengajarkan pola hidup sehat, Anda bisa pilihkan menu makanan yang cocok untuk menurunkan berat badan sesuai kondisi tubuh pasien.

Bisnis yang Menjanjikan konsultasi kesehatan

Jasa konsultasi yang kedua berkaitan dengan kebugaran. Jika Anda berpengalaman sebagai pelatih pribadi di tempat Gym, Anda bisa tawarkan sesi pelatihan mandiri di rumah atau ke komunitas tertentu. Anda bisa tawarkan jasa latihan kebugaran dengan peralatan gym yang Anda miliki untuk dipakai klien.

11. Teknologi Kesehatan (Healthcare Technology)

Layanan SaaS (Software as a Service) sangat populer saat ini. Salah satunya untuk layanan kesehatan. Anda bisa tawarkan jasa implementasi dan konsultasi pemasangan layanan SaaS. Layanan SaaS bantu optimalkan manajamen rumah sakit, mengelola rumah sakit, mengelola stok obat, menyimpan rekam medis di cloud, menyediakan layanan telemedicine (konsultasi online), dan analisa penyakit dengan kecerdasan buatan.

Bhinneka sebagai toko online B2B nomor satu di Indonesia menyediakan layanan implementasi SaaS untuk layanan kesehatan dari Amazon Web Service (AWS). Layanan ini cocok untuk rumah sakit, puskesmas, klinik, dan startup di bidang kesehatan. Layanan AWS ini memaksimalkan pengelolaan data pasien, operasional lebih efisien dan efektif, serta memaksimalkan laba.

Cek layanan AWS selengkapnya.

12. Implementasi dan Konsultasi Kecerdasan Buatan (AI)

Konsultan AI jadi peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2024. Bisnis ini dapat menawarkan konsultasi untuk bantu perusahaan klien mengimplementasi solusi AI dalam operasi mereka. Anda juga bisa berikan jasa konsultasi strategi AI untuk merumuskan rencana strategis sesuai kebutuhan bisnis. Sistem AI juga membantu perusahaan klien identifikasi potensi risiko keamanan. Konsultan AI dibutuhkan di berbagai bidang bisnis, seperti: kesehatan, keuangan, manufaktur, dan ritel.

Bisnis yang menjanjikan di bidang teknologi

13. Makanan Alternatif

Ada berbagai jenis makanan populer bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2024. Pertama makanan nabati seperti daging nabati yang dibuat mirip seperti daging asli. Kedua, ada juga ide makanan yang diperkaya probiotik, serat tinggi, dan nutrisi tertentu untuk meningkatkan kesehatan. Selanjutnya, bahan makanan berbahan baku organik bagus untuk mendukung kesehatan tubuh. Ada lagi yang unik, yaitu camilan berbahan insekta yang kaya sumber protein namun tidak dianggap sebagai makanan umum bagi kebanyakan orang.

14. Implementasi Teknologi Blockchain

Bisnis yang menjanjikan berikutnya adalah konsultasi teknologi blockchain. Jasa ini dapat membantu perusahaan klien mengenali dan mengatasi potensi risiko keamanan pada infrastruktur blockchain. Anda juga bisa bantu perusahaan untuk integrasi teknologi blockchain ke dalam sistem yang sudah ada. Hal ini mencakup integrasi basis data, aplikasi, dan infrastruktur IT. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan layanan pelatihan ke perusahaan atau individu yang ingin memahami teknologi ini.

15. Jasa Penitipan Anak dan Pendidikan Usia Dini

Kebutuhan ekonomi yang semakin menantang membuat saat ini suami dan istri harus bekerja. Namun, kendala bagi mereka yang sudah berkeluarga adalah mencari orang terpercaya untuk menitipkan anak. Anda bisa buka jasa penitipan anak dan dilengkapi layanan pendidikan usia dini. Orang tua bisa lebih tenang karena anak-anaknya terjamin dijaga dengan benar, konsumsi tercukupi, dan kebutuhan pendidikan terpenuhi. Selain pendidikan formal Anda bisa tawarkan pendidikan keagamaan (rohani).

Bisnis jasa penitipan anak

16. Manajemen Sosial Media

Mengelola sosial media merupakan tantangan bagi UMKM. Di samping harus mengurusi bisnis dengan tenaga kerja yang terbatas, tapi harus tetap mengupdate informasi di sosial media. Jika upload konten saja butuh waktu dan tenaga, belum lagi mereview performa konten dan evaluasi. Peluang bisnis ini bisa Anda tangkap untuk bantu UMKM mengelola sosial media mereka. Pekerjaan yang bisa Anda lakukan di antaranya: merancang dan membuat konten, upload dan atur jadwal tayang konten, dan evaluasi performa sosial media.

17. Event Organizer Acara Online

Peluang bisnis Event Organizer khusus acara online semakin berkembang seiring dengan peningkatan popularitas dan adopsi teknologi digital. Anda bisa manfaatkan tren ini sebagai bisnis yang menjanjikan di tahun 2024. Jasa EO yang bisa ditawarkan meliputi: jasa mengatur konferensi virtual, seminar web, dan meeting online untuk klien yang ingin membuat acara online yang interaktif. Konsultasi ini juga mencakup jasa EO untuk pameran dagang atau expo virtual, konser virtual, pertunjukan seni, pelatihan, dan acara lainnya.

18. Bisnis Internet of Things (IoT)

Bisnis konsultasi IoT adalah peluang bisnis yang menjanjikan untuk tahun 2024 dan seterusnya. Bisnis konsultasi ini mencakup desain, pengembangan, implementasi, dan pengelolaan solusi IoT. Anda bisa membantu perusahaan klien untuk memilihkan perangkat keras, sensor, perangkat lunak, dan integrasi dengan infrastruktur IT yang ada. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan layanan analisa data untuk pemrosesan data real-time, analisa prediktif, dan visualiasi data untuk bantu mengambil keputusan.

Tren bisnis teknologi

19. e-Restoran dan Pengiriman

Membuka restoran secara online tidak membutuhkan biaya untuk sewa tempat. Anda bisa jalankan usaha ini dari rumah. Asalkan varian menunya menarik dan punya rating tinggi, Anda bisa dapat pesanan terus menerus. Anda bisa manfaatkan jasa pembuatan website untuk menerima pesanan. Atau, bisa juga bergabung ke platform jasa pesanan makanan online supaya tak perlu repot mengurusi sistem. Pengiriman makanan bisa menggunakan kurir yang ada atau antar sendiri sekalian menjaga hubungan baik ke pelanggan.

20. Bisnis Platform SaaS (Software as a Service)

SaaS adalah bisnis yang menjanjikan di tahun 2024. Bisnis ini menyediakan perangkat lunak berbasis cloud dengan model berlangganan. Pilihan model berlangganan fleksibel, bisa dalam mingguan, bulanan, atau tahunan. Karena tidak perlu instal aplikasi dalam ukuran besar, sehingga bisa menghemat kapasitas storage perangkat klien. Untuk pengembangan aplikasi dan pemeliharaan dilakukan via cloud sehingga bisa langsung dinikmati oleh pelanggan.

Namun, yang perlu diperhatikan Anda harus memprioritaskan keamanan data. Pastikan keamanan data pelanggan terjaga dan mematuhi regulasi yang berlaku di Indonesia. Selain itu, pantau terus performa aplikasi SaaS Anda agar dapat menangani jumlah pelanggan dan volume data yang terus meningkat.

Tren Bisnis yang Menarik

Penetrasi teknologi dan internet yang luas memungkinkan banyak pengusaha mengevolusi cara mereka berbisnis. Teknologi juga memungkinkan banyak peluang bisnis baru hadir untuk mengubah pola konsumsi dan gaya hidup masyarakat. Berikut ini beberapa tren bisnis yang menarik di tahun 2024:

  • Bisnis Ramah Lingkungan. Bisnis yang berfokus ke keberlanjutan, daur ulang, dan produk ramah lingkungan semakin banyak dilirik di tengah efek pemanasan global yang mulai terasa. Tren energi bersih juga mulai digaungkan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar berbasis fosil yang menghasilkan polusi.
  • Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dan Machine Learning (ML). Pemanfaatan AI dan ML di bidang kesehatan, keuangan, produksi, dan otomotif terus dikembangkan. Bisnis dapat memberikan solusi inovatif melalui AI dan ML untuk membuat operasional bisnis lebih efektif dan efisien.
  • Pertanian Digital dan Argoteknologi. Teknologi IoT dapat diadopsi di bidang pertanian. Sensor, analisa data, dan teknologi otomatisasi menjadi tren bisnis yang menjanjikan di tahun 2024. Petani bersama pemerintah bisa membantu penyebarluasan teknologi IoT untuk meningkatkan produksi hasil tani. Hasil akhirnya, akan tercipta ketahanan pangan nasional dan swasembada.
  • Teknologi Virtual (VR) dan Augmented Reality (AR). Pemanfaatan teknologi AR dan VR bisa memaksimalkan pengalaman pelanggan di sektor pariwisata, pelatihan, pemasaran, dan hiburan. Teknologi tersebut bisa memberi pengalaman yang tak mudah dilupakan oleh wisatawan luar negeri. Harapannya, wisatawan bisa kembali lagi berkunjung ke Indonesia karena pernah merasakan pengalaman yang tak didapat di negara lain.
  • Produk dan Layanan Kesehatan Mental. Beban hidup yang semakin meningkat dan kondisi ekonomi yang tidak menentu membuat banyak orang merasa stress. Ditambah lagi tuntunan ekonomi dan sosial yang semakin menuntut membuat kebutuhan layanan dan produk yang fokus ke kesehatan mental saat ini sangat dibutuhkan. Layanan kesehatan mental yang mudah diakses dan harga yang terjangkau membantu orang-orang agar terus produktif menghadapi tantangan dalam aktivitasnya sehari-hari.

Memulai Bisnis dari Rumah

Menjalankan bisnis tidak harus membutuhkan modal yang besar. Anda bisa mulai bisnis dari rumah dengan modal terbatas. Anda bisa ajak teman yang paling Anda percaya untuk memulainya. Mulai bisnis dari nol tentu lebih indah karena akan lebih banyak cerita yang bisa bagikan ke banyak orang untuk menginspirasi mereka.

Perkembangan teknologi yang pesat bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis di tahun 2024. Anda bisa buat aplikasi untuk menghadirkan solusi dari permasalahan masyarakat. Anda bisa gunakan pengalaman selama bekerja di perusahaan sebelumnya untuk merancang ide bisnis yang lebih baik. Karena Anda sendiri yang memulainya, ide bisnis bisa disesuaikan dengan idealisme yang dianut.

Tren Bisnis yang Perlu Diperhatikan oleh Korporasi

Selain UMKM, korporasi juga perlu memperhatikan berbagai tren bisnis yang dapat mempengaruhi operasional dan strategi bisnis. Berikut ini beberapa tren bisnis yang perlu diperhatikan korporasi pada tahun 2024:

  • Teknologi dan transformasi digital mengharuskan korporasi untuk terus melahirkan inovasi agar tidak ketinggalan dari kompetitor. Transformasi digital juga membuat operasional bisnis lebih efisien
  • Transparansi dan Tanggung Jawab Sosial. Konsumen semakin memperhatikan nilai perusahaan yang berhubungan dengan tanggung jawab sosial dan bumi. Perusahaan Anda harus tanamkan nilai keberlanjutan dengan memanfaatkan teknologi bersih, mengutamakan produk ramah lingkungan, dan kontribusi yang diberikan ke masyarakat akibat konsekuensi bisnis
  • Internet melahirkan teknologi kolaborasi yang memungkinkan setiap orang bisa bekerjasama dari jarak jauh. Hal ini memungkinkan setiap orang bisa bekerja fleksibel dari mana saja sehingga tidak ada lagi jam kerja yang kaku dan harus datang ke kantor
  • Privasi data pelanggan menjadi hal utama di tahun 2024. Perkembangan teknologi yang canggih bisa Anda manfaatkan untuk memperkuat keamanan siber dan perlindungan privasi data pelanggan. Keamanan siber harus jadi perhatian utama untuk mengatasi ancaman yang terus berkembang
  • Perubahan regulasi terkait kondisi ekonomi dan iklim dapat mempengaruhi bisnis Anda. Persiapkan tim Anda untuk memantau perubahan regulasi di tingkat global dan lokal. Terapkan fleksibilitas di bisnis Anda sehingga bisa melakukan perubahan dengan cepat ketika terjadi perubahan ekonomi yang tak terduga.

Kuliner, perumahan, dan kesehatan akan selalu jadi tren bisnis yang menjanjikan selamanya. Tapi tidak semua orang mau menjalankan bisnis yang sudah terlalu penuh pemainnya. Beruntungnya teknologi menghadirkan tren bisnis baru yang berpotensi dapat bertahan lama. Teknologi kecerdasan buatan (AI) dan IoT dapat membantu bisnis konvensional agar bisa beroperasi lebih efisien. Jadi kehadiran bisnis baru bukan untuk menggeser bisnis yang sudah ada, melainkan mendukungnya.

1 Comment

Leave a Reply