Cara mematikan laptop dengan keyboard
Tips & Tutorial

3 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard dan Tombol Power

Ada banyak cara mematikan laptop baik dengan keyboard atau mouse. Kebanyakan dari kita tahu cara mematikan PC atau laptop bisa dengan kursor mouse dan tekan tombol Windows lalu pilih Shutdown. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mematikan laptop dengan keyboard.

Mematikan laptop atau PC dengan keyboard biasanya dilakukan saat mengalami error atau lemot. Hal tersebut menyulitkan Anda untuk mematikan laptop melalui menu Start. Tips mematikan laptop dengan keyboard di bawah ini dapat membantu Anda mematikan laptop dengan aman menggunakan kombinasi tombol di keyboard Anda.

1. Mematikan Laptop dengan Tombol CTRL + ALT + DEL

Cara mematikan laptop dengan keyboard yang pertama adalah tekan dan tahan tombol Ctrl + Alt + Delete. Cara ini bisa Anda lakukan saat membuka jendela aplikasi. Saat menekan dan tahan tiga tombol tersebut akan muncul opsi Lock, Switch User,  Sign Out, Change a Password, dan Task Manager. Temukan dan tekan tombol Power di sudut kanan bawah layar. Setelah itu pilih “Shut down.”

Cara mematikan laptop dengan keyboard

Cara ini bisa dilakukan saat laptop mengalami hang atau lemot. Bahkan Anda bisa mematikan laptop saat jalankan banyak aplikasi. Namun, jika Anda ingin mematikan laptop dengan cara ini sebisa mungkin pastikan pekerjaan Anda sudah disimpan. Aplikasi yang masih berjalan akan dimatikan oleh sistem dan pekerjaan yang belum di-save akan hilang.

2. Matikan Laptop dengan Tombol Windows + X

Cara kedua untuk mematikan laptop dengan keyboard adalah dengan tekan dan tombol Windows + X. Cara ini akan memunculkan beberapa menu di atas tombol logo Windows. Anda bisa pilih opsi Shut Down untuk matikan laptop. Bisa dibilang cara ini lebih cepat dan bisa dilakukan tanpa mouse. Bagaimana caranya ?

  1. Tekan dan tahan tombol Windows + X di keyboard
  2. Pilih menu Shut down or sign out
  3. Setelah itu pilih opsi Shut down.

Sebelum mematikan laptop, pastikan semua aplikasi sudah ditutup. Kalau laptop Anda hang atau lemot, tips ini akan mematikan aplikasi yang sedang digunakan. Sayangnya pekerjaan yang belum di-save juga akan hilang. Jadi, sebaiknya aktifkan fitur Auto Save di aplikasi yang sering Anda gunakan.

3. Tutup Aplikasi dan Matikan Laptop dengan Alt + F4

Cara mematikan laptop yang ketiga ini bisa mematikan laptop sekaligus menutup aplikasi yang sedang digunakan. Caranya sangat mudah, yaitu tinggal tekan dan tahan tombol Alt + F4. Saat kedua tombol ditekan, semua aplikasi yang digunakan akan ditutup satu per satu. Setelah tidak ada aplikasi yang aktif, tekan sekali lagi untuk segera mematikan laptop Anda.

Cara Mematikan Laptop Tanpa Keyboard

Cara yang paling umum digunakan untuk mematikan laptop adalah dengan cara menekan tombol Windows di layar lalu tekan tombol Power dan pilih Shut down. Namun, jika Anda tidak ingin melakukan cara ini dan ingin cara yang lebih “canggih” bisa menggunakan bantuan Command Prompt.

Cara mematikan laptop tanpa keyboard

Mematikan Laptop dengan Command Prompt

Berikut ini cara mematikan laptop dengan bantuan Command Prompt.

  1. Simpan kerjaan Anda dan tutup semua aplikasi
  2. Tekan dan tahan tombol Windows + R
  3. Ketik “cmd” lalu tekan OK, atau Enter
  4. Ketik “shutdown -s” pada CMD lalu tekan Enter
  5. Setelah itu klik “Close” dan laptop akan mati secara otomatis.
Promo Laptop Bisnis HP Notebook 240 G8 Termurah 2023 Bhinneka
Promo Bhinneka: Laptop Bisnis Murah HP Notebook 240 G8. Prosesor Intel Core i5 Generasi Ke-11, RAM 8GB, SSD 512 GB, Layar 14 inci HD. Harga hanya Rp 8.999.000. Siap Kirim Segera. GRATIS ONGKIR + Gratis Backpack dan Wireless Mouse. Buruan Beli!

Bahaya Mematikan Laptop Tanpa Shut Down

Cara mematikan laptop ada banyak, tidak hanya yang umum dengan tombol Windows dan Shut down. Oleh karena itu, ada banyak cara untuk menghindari mematikan laptop dengan sembarangan. Memutus aliran listrik tiba-tiba dapat merusak komponen di dalamnya. Ada beberapa bahaya yang timbul akibat mematikan laptop sembarangan, yaitu:

1. Merusak Prosesor

Saat laptop dimatikan, beban kerja pada pendingin atau heat sink lebih tinggi dari biasanya. Penyebabnya karena heat sink harus mendinginkan prosesor dengan segera. Jika Anda mematikan laptop secara paksa, seperti cabut baterai atau colokan listrik proses pendinginan tidak berjalan normal sehingga tidak bisa mendinginkan prosesor. Akibatnya, prosesor rusak karena sering terpapar suhu tinggi.

2. Membuat RAM Bermasalah

RAM berfungsi menyimpan data sementara dari aplikasi yang digunakan. RAM mencatat alur kerja dari aplikasi yang Anda pakai. Jika Anda mematikan laptop secara paksa, RAM akan menutup paksa aplikasi tanpa melalui proses dan aturan yang benar. Sehingga akan berpengaruh pada kesehatan RAM untuk jangka panjang.

3. Merusak Power Supply

Saat laptop dimatikan dengan benar, BIOS akan menghentikan semua aktivitas yang dilakukan perangkat, seperti Power Supply. Daya listrik yang dipakai akan dimatikan secara normal. Tapi jika laptop dimatikan secara paksa, arus listrik akan terputus tiba-tiba saat hardware masih berjalan. Jika terus-terusan begini Power Supply bisa meledak akibat korsleting.

4. Memicu Registry Error

Registry adalah basis data internal yang berisi informasi spesifik tentang laptop. Saat Anda mematikan laptop dengan benar, sistem akan meregistrasi ulang komponen dan software yang digunakan. Sedangkan, jika laptop Anda dimatikan secara tiba-tiba registrasi data akan kacau dan memicu error.

5. Menimbulkan Bad Sector pada Hard Disk

Kerusakan yang paling sering ditemukan pada laptop yang sering dimatikan secara paksa adalah muncul Bad Sector pada Hard Disk. Saat laptop digunakan, piringan pada hard disk akan berputar. Jika Anda mematikan laptop secara paksa, Hard Disk akan berhenti berputar secara tiba-tiba dan semua proses data yang sedang dibaca dan ditulis akan terganggu prosesnya.

Cara mematikan laptop dengan paksa biasanya dilakukan saat laptop hang atau lemot. Kalau Anda sudah capek dengan laptop yang lemot, Anda bisa beli laptop murah terbaru di Bhinneka. Matikan laptop dengan cara biasa atau dengan keyboard dijamin lancar. Jalankan banyak aplikasi juga lancar karena punya spesifikasi dan fitur paling baru dan kekinian.

1 Comment

Leave a Reply