cara membersihkan keyboard laptop
Tips & Tutorial

Cara Membersihkan Keyboard Laptop dan PC dengan Benar

Membersihkan keyboard laptop atau komputer perlu dilakukan secara berkala. Tanpa kita sadari, keyboard laptop atau komputer yang kita gunakan setiap hari sangat kotor meski terlihat bersih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keyboard laptop atau komputer 20 ribu kali lebih kotor dari tempat dudukan wc.

Tentu ini sangat berbahaya dan berpotensi menjadi sumber penyakit. Jari kita bersentuhan dengan tombol pada keyboard, kemudian jari kita menyentuh bagian tubuh ataupun makanan yang kita makan.

kuman keyboard

Selain sebagai sumber penyakit, laptop yang kotor dan tidak terawat juga membuat keyboard cepat rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Tombol pada keyboard dapat menjadi rusak atau tidak responsif akibat ada sisa remahan makanan misalnya.

Berikut dalam artikel ini akan dibahas cara membersihkan keyboard laptop atau komputer yang dapat Anda lakukan.

Penyebab Keyboard Kotor

Masalah yang umum terjadi pada keyboard laptop atau komputer yang kotor umumnya adalah:

  1. Tombol terasa lengket karena jari habis memegang makanan yang manis atau minuman jus
  2. Remahan makanan yang terselip di antara tombol keyboard
  3. Tombol menjadi sulit ditekan atau nyangkut
  4. Tombol dapat ditekan namun tidak responsif atau menampil huruf yang ditekan

Seringkali masalah yang muncul akibat keyboard kotor membuat orang menyangka keyboardnya rusak dan membeli keyboard baru. Namun beberapa masalah ini dapat dengan mudah Anda atasi.

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Untuk membersihkan keyboard pada laptop ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Beberapa sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan, tanpa memerlukan alat apapun. Sebelum mulai membersihkan keyboard laptop, pastikan laptop dalam kondisi mati dan tidak terhubung ke charger atau sumber listrik.

Balik dan Goyangkan Keyboard Anda

Cara termudah untuk membersihkan sisa remahan yang terselip antara tombol keyboard adalah dengan membalikkan keyboard dan/atau laptop anda dalam posisi terbuka. Anda dapat menggoyangkan keyboard sambil menepuk keyboard secara perlahan agar remahan jatuh keluar dari celah tombol keyboard.

Gunakan Kuas Lembut dan Air Duster

Untuk mengatasi debu atau sisa kotoran yang masih ada, Anda dapat menggunakan kuas lembut dan juga air duster. Gunakan kuas dalam kondisi laptop masih dipegang secara terbalik. Ini untuk mencegah debu dan kotoran terselip atau terdorong masuk kembali akibat kuas jika tidak dibalik.

cara membersihkan keyboard laptop

Apabila sisa kotoran atau debu yang terselip susah dibersihkan dengan kuas atau belum terdorong keluar, Anda dapat menggunakan air duster untuk mendorong kotoran keluar. Anda bisa menggunakan air duster rubber manual ataupun yang berbentuk kaleng.

Miringkan laptop dan semprot air duster ke permukaan keyboard untuk mendorong debu dan kotoran yang ada di celah keluar. Pastikan Anda menggerakkan air duster saat menyemportnya sehingga air duster tidak disemprot pada 1 titik saja untuk waktu lama.

Gunakan Vacuum Untuk Menyedot Debu

Vacuum yang sebaiknya digunakan disini adalah vacuum cleaner mini yang ditenagai dengan usb. Sebaiknya hindari menggunakan vaccum cleaner untuk kebutuhan rumah tangga karena daya sedotnya yang terlalu kuat. Gunakan vacuum cleaner usb untuk menyedot debu dan kotoran pada celah – celah keyboard.

Lap Keyboard dengan Kain Microfiber

Selanjutnya Anda dapat menggunakan kain microfiber untuk mengelap dan membersihkan tombol dan area pada sisi – sisi keyboard. Basahi sedikit kain microfiber dan lap secara merata ke seluruh area tombol dan juga permukaan keyboard.

Pastikan Anda tidak membasahi kain terlalu banyak dikarenakan kain yang terlalu basah berpotensi membuat ada tetesan air yang masuk ke dalam keyboard dan merusak komponen yang ada didalamnya sehingga keyboard menjadi tidak berfungsi.

Gunakan Desinfektan Untuk Membersihkan Laptop

Setelah memastikan keyboard bersih dari kotoran dan debu, maka sebagai langkah akhir Anda juga dapat menggunakan desinfektan untuk menjaga keyboard bersih dari bakteri atau kuman akibat pemakaian.

keyboard alcohol wipe

Jangan semprot desinfektan secara langsung ke keyboard atau permukaan keyboard. Anda dapat menyemprotkan desinfektan terlebih dahulu ke kain lap atau microfiber. Setelah itu baru lap keyboard Anda dengan kain atau microfiber yang sudah disemprot desinfektan tersebut.

Anda juga dapat menggunakan alcohol disinfecting wipes atau alcohol wipes untuk membersihkan dan melap keyboard agar bebas kuman dan bakteri.

Leave a Reply