Tips & Tutorial

Cara Screenshot di MacBook, Manfaat, dan Cara Cek Hasilnya

Tidak sedikit pengguna macbook yang belum tahu cara screenshot di MacBook, khususnya yang baru berganti dari windows ke produk apple. Screenshot merupakan aktivitas penting dalam kehidupan modern untuk merekam atau memotret tampilan pada layar laptop atau computer.

Produk Apple memang terkenal dengan sifat eksklusifnya, sehingga pengguna baru atau lama macbook yang umumnya terbiasa dengan sistem operasi windows cukup kebingungan untuk mengaktifkan beberapa fitur di dalam laptop buatan apple seperti MacBook.

Cara Screenshot di MacBook

Manfaat dari fitur screenshot di MacBook

Screenshot orang lakukan tanpa alasan, hal ini banyak pengguna laptop MacBook gunakan untuk menampilkan sebuah informasi tulisan maupun gambar sehingga orang dapat menyaksikannya. Sering juga orang gunakan untuk membuat sebuah tutorial sebagai media pembelajaran berbasis online.

Saat ini aktivitas digital memang sudah masuk ke dalam semua aspek kehidupan masyarakat. Aspek pembelajaran jadi salah satunya. Untuk bisa menyampaikan materi pembelajaran dengan baik. menggunakan fitur screenshot jadi salah satu solusi terbaik saat ini bisa pengguna lakukan.

Pengguna Macbook dapat dengan mudah menggunakan fitur ini dalam upaya menyampaikan berbagai informasi ataupun membuat sebuah materi pembelajaran. Sebagai salah satu brand besar dunia teknologi tidak mungkin bila apple tidak menghadirkan fitur ini di produknya.

Beberapa Cara Screenshot di MacBook

Sebagai salah satu brand terkenal di industri teknologi, apple yang hadir dengan produk MacBooknya mampu membuat para pelanggan terpesona dengan beragai fitur. Akan tetapi masih banyak pengguna yang belum bisa memanfaatkan semua fitur dengan lengkap. Inilah cara screenshot di laptop MacBook :

1. Screenshot Layar Secara Penuh di MacBook

Cara Screenshot Penuh di MacBook

Untuk pengguna laptop MacBook yang ingin menangkap atau screenshot layar secara penuh dapat memanfaatkan tombol shift, command dan angka 3. Tekan tiga tombol ini secara bersamaan sampai menemukan gambar mini di sudut layar. Ketika menu ini muncul kemudian klik untuk mengedit hasil screenshot tadi. Maka screenshot layar sudah tersimpan.

2. Screenshot Layar MacBook Untuk Sedikit Bagian Saja

Cara Screenshot Layar MacBook Untuk sedikit Bagian

Untuk beberapa keperluan tidak sedikit orang yang hendak melakukan screenshot layar macbook untuk sebagian area saja. Apabila Anda ingin melakukan hal ini, bisa dengan menggunakan tombol shift, command, dan nomor 4. Tekan tiga tombol tersebut secara bersamaan kemudian tarik penunjuk pointer untuk menentukan area tangkapan layar.

Apabila pengguna ingin memindahkan area screenshot bisa menggunakan tombol bar atau spasi, sambil menarik pointer mouse di layar. Pembatalan pengambilan tangkapan layar bisa menekan tombol esc. Sedangkan untuk menscreenshotnya cukup lepas tombol mouse dan trackpad saja.

3. Screenshot Jendela atau Menu Pada MacBook

Cara Screenshot Jendela di MacBook

Selain dapat menscreenshot secara penuh dan beberapa titik saja, pengguna MacBook juga bisa menangkap tampilan layar menu. Untuk melakukan hal ini pengguna harus menekan tombol shift, command, angka 4, dan spasi secara bersamaan.

Setelah melakukan tindakan ini akan muncul sebuah ikon kamera. Klik jendela atau menu untuk melakukan pengambilan layar. Selain itu pengguna juga bisa melakukan pengaturan kecil seperti mengucilkan bayangan jendela atau mengedit tangkapan layar.

Cara Menemukan Hasil Screenshot MacBook

Setelah Anda mengetahui cara dan beberapa settingan untuk menscreenshot layar di laptop MacBook kini saatnya mempelajari dimana file ini tersimpan. Untuk penyimpanan hasil screenshot Anda dapat menemukannya di desktop dengan nama screenshoot.png. Akan tetapi sebagai pengguna bisa mengubah tempat penyimpanan ini di folder lain.

Informasi Lebih Lanjut Tentang Fitur Screenshot MacBook

Untuk versi terbaru dari Mac OS, pihak apple menghadirkan pengaturan aplikasi screenshot yang lebih komplek sehingga para pengguna dapat melakukan berbagai hal sebelum melakukan aksi screenshot seperti mengatur tanggal rilis timer dan memilih penyimpanan hasil screenshot dengan aplikasi.

Pada sistem operasi Mac OS Mojave juga pengguna dapat membuka aplikasi screenshot dengan menekan tombol shift, command, dan angka 5 secara bersamaan. Di sana pengguna mendapatkan menu yang cukup banyak untuk mengatur aktivitas screenshot.

Selain menggunakan fitur bawaan dari Mac Os, pengguna Macbook juga bisa menscreenshoot memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda dapatkan di apple store. Bisa menggunakan aplikasi seperti stick, snagit, atau lightshot. Semua ini bisa Pengguna pemakai dan memiliki interface aplikasi friendly sehingga tidak akan sulit untuk menguasai tools yang ada di sana.

Demikian pembahasan tentang cara screenshot di MacBook. Bagi anda yang ingin membeli MacBook atau cek info harga terbaru, silakan kunjungi MacBook terbaru di Bhinneka.

Leave a Reply