Tips & Tutorial

Cara Membuat Google Form dan Manfaatnya

Pengen tahu cara membuat Google Form ? Dalam pembahasan kali ini kita akan sama sama belajar bagaimana cara membuat Google form yang sekarang sering kali digunakan banyak pekerja. Google Form digunakan untuk berbagai hal. Tool ini paling sering digunakan untuk mengumpulkan data kuesioner, membuat form registrasi keanggotaan atau pelamar kerja dengan lebih cepat dan efesien.

Karena Google form berbasis online, anda tidak perlu repot repot mencetak form yang anda buat. Anda tinggal share saja melalui internet menggunakan link yang sudah disediakan oleh google.

Manfaat Yang Didapatkan Saat Menggunakan Google Form

Ada berbagai manfaat yang dapat kamu peroleh saat menggunakan google form. Berikut ulasannya :

1. Memperoleh Respon Lebih Cepat

Form yang pendaftaran atau kusioner yang anda bagikan secara internet dengan menggunakan google form biasannya akan mendapat respon dan tangapan lebih cepat daripada membagikan form secara manual.

2. Desain Tampilan Form yang Lebih Menarik

Google form sendiri menyediakan berbagai macam tema atau tamplate yang bisa anda terapkan saat membuat form pendaftaran.

3. Pilihan Template Pertanyaan Lebih Banyak

Tamplate atau tema menjadi salah satu bidang Google form yang sangat di unggulkan. Tersedia banyak sekali tamplate pertanyaan yang bisa dipilih seperti checkbox, pilihan ganda, short answer, dan masih banyak lagi.

4. Tersedia Fitur Analisas Data Yang Mudah Dipahami

Analisis data pada google form bisa kita dapatkan secara mudah disajikan dengan tampilan yang mudah diphami oleh pengguna. Fitur ini menjadi salah satu keunggulan yang paling disukai para pengguna.

Setelah mengetahui beberapa keunggulan google form, sekarang saatnnya mengetahui cara membuatnnya.

Cara Membuat Google Form

Cara Untuk Membuat Google Form

Google form bisa kita buat baik menggunakan PC ataupun Hp android. Dalam artikel ini kita akan membahas cara membuat google form dari Pc dan Hp.

Cara Membuat Google Form Melalui PC

Sangat dianjurkan untuk membuat sebuah form google form melalui PC. Hal ini dikarnakan membuat google form dengan pc akan lebih mudah dan efesien. Untuk carannya ikuti langkah langkah berikut.

  1. Pastikan anda memiliki akun Google terlebih dahulu.
  2. Kemudian masuk fitur form https://docs.google.com/forms
  3. Kemudian pilih formulir yang akan anda buat tersedia tamplate informasi kontak, RSVP, undangan pesta, dan pendaftaran.
  4. Pilihlah form atau formulir sesuai dengan kebutuhan anda.
  5. Contoh kita memilih tamplate form informasi kontak
  6. Kemudian form tersebut akan otomatis terbuat dan bisa kita edit sesuai dengan keinginan kita.
  7. Silahkan edit form yang anda buat dengan isi isi form yang anda inginkan seperti menambahkan tanggal atau file uploadan dan lainnya.
  8. Setelah anda sudah selesai membuat form yang anda inginkan anda bisa menekan submit atau simpan agar form anda siap untuk di bagikan.
  9. Untuk membagikannya anda tinggal menyalin link yang sudah disediakan google.
  10. Google form siap digunakan.

Cara Membuat Google Form Melalui Hp Android

Keunggulan membuat google form dari HP ialah flexibelitas. Kita dapat membuat nya kapan pun dan dimanapun. Namun tampilan yang kecil akan sedikit sulit dari membuatnnya lewat pc. Akan tetapi anda tak perlu risau karena dibawah ini terdapat langkah langkahnnya. Pastikan anda sudah memiliki aplikasi Google seperti google, atau google chrome. Ada dua cara yaitu dapat menggunakan google chrome atau menggunakan aplikasi formsApp.

  1. Untuk menggunakan formApps anda harus download terlebih dahulu.
  2. Setelah itu di halaman utama aplikasi akan ada pilihan google form. anda pilih google form lalu koneksikan dengan gmail yang anda gunakan di smartphone anda.
  3. Lalu anda akan digiring langsung menuju sebuah form yang telah siap untuk anda edit sesuai yang anda inginkan.
  4. Bila anda ingin membuat form lagi atau form baru terdapat simbol Plus di bawah kanan yang bisa anda klik.
  5. Setelah anda selesai melakukan pengeditan pada form anda anda lansung bisa menyalin link nya dan membagikannya.

Adapun menggunakan google chrome. Pertama tama akses browser google di google form anda ketikan google form di search barnnya. lalu klik pembuat google form yang muncul dengan url : https://www.google.com/forms/

Tidak lama anda akan dihantarkan ke halaman form seperti pada saat anda membukannya di pc akan tetapi lebih kecil dan vertikal.

Edit dan desainlah google form anda sesuai dengan keinginan anda.

Setelah semunnya sudah siap tekan submit dan save buat link sharennya dan kemudian bagiakan kepada orang yang ingin anda bagikan.

Leave a Reply