7 cara meningkatkan jenjang karir
Tips & Tutorial

7 Cara meningkatkan Jenjang Karir, Simak Penjelasannya

7 cara meningkatkan jenjang karir yaitu mengidentifikasi perkembangan posisi dalam bidang pekerjaan, dimulai dengan peran tingkat awal dan berakhir pada tingkat tertinggi. Beberapa perusahaan menggunakan jenjang karir yang jelas untuk individu dalam peran tertentu.

7 cara meningkatkan jenjang karir

Ketika sebuah organisasi mempekerjakan karyawan baru, karyawan baru tersebut dapat menerima diagram digital atau fisik yang menunjukkan perkembangan posisi potensial.

Diagram ini dapat menunjukkan posisi saat ini, yang mungkin berada di dekat ujung bawah garis vertikal dengan peran yang dapat mereka tempuh saat mereka memperoleh pengalaman dan keterampilan baru.

7 Cara Meningkatkan Jenjang Karir

1. Ketahui apa yang Anda inginkan

7 cara meningkatkan jenjang karir yaitu ketahui apa yang Anda inginkan karena akan lebih mudah jika Anda memiliki gagasan yang jelas tentang di mana Anda ingin berada dan apa yang ingin Anda capai. Apakah Anda tertarik untuk memimpin tim? Apakah Anda ingin menangani proyek-proyek besar? atau apakah Anda tertarik mempelajari lebih lanjut tentang pemrograman atau pemasaran digital?

Hal yang harus Anda lakukan adalah membuat profil karier Anda sendiri. Tinjau riwayat akademik dan pekerjaan Anda dan buat daftar kegiatan yang paling Anda sukai. Proyek, mata pelajaran, peran, dan pekerjaan apa yang menurut Anda paling memuaskan?

Kemudian, kenali kekuatan Anda yang membuat Anda menyelesaikan kegiatan ini. Dari sini, Anda kemudian dapat mengidentifikasi dengan lebih baik apa yang ingin dicapai dari karier Anda.

2. Tetapkan tujuan

7 cara meningkatkan jenjang karir yang kedua yaitu menetapkan tujuan. Setelah melakukan penilaian diri, Anda harus memiliki gagasan yang lebih jelas saat menetapkan tujuan karir Anda.

Tetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Sasaran jangka pendek adalah pencapaian mini yang lebih mudah ditetapkan dan dicapai.

Tujuan jangka panjang memberi Anda gambaran yang lebih besar tentang tujuan akhir Anda dalam karier Anda. Tujuan jangka pendek Anda adalah tonggak kecil yang lebih mudah dicapai, yang secara bertahap akan menuntun Anda untuk mencapai tujuan jangka panjang Anda.

3. Membuat rencana

7 cara meningkatkan jenjang karir

Sama seperti menetapkan tujuan, membuat rencana itu penting. Hal ini berfungsi sebagai peta jalan untuk mencapai tujuan karir Anda dan memungkinkan Anda untuk tetap bertanggung jawab atas apa yang Anda anggap penting untuk kesuksesan. Tanpa rencana, tidak ada patokan untuk mengukur kemajuan Anda.

4. Tingkatkan nilai Anda

Selain hanya melakukan peran dan tanggung jawab Anda sendiri, teruslah berusaha untuk meningkatkan diri Anda. Tingkatkan keterampilan dan dapatkan pengetahuan baru.

Ikuti kursus sertifikasi, ikuti pemimpin industri dan dapatkan informasi terbaru tentang pengetahuan apa yang relevan di tempat kerja. Semakin banyak pengetahuan yang Anda peroleh, semakin berharga Anda bagi organisasi Anda.

Baca juga: Pengembangan Diri Strategi Kunci Menggapai Kesuksesan

5. Keluar dari zona nyaman

Untuk menaiki tangga karier Anda, penting untuk tidak menetap. Anda harus terus meninjau posisi Anda saat ini dan mencari peluang untuk kemajuan. Misalnya, saat Anda berada di bidang pemasaran tetapi percaya bahwa Anda akan melakukan penjualan yang lebih baik, Anda harus mengambil langkah menyamping.

Hal ini akan memperluas dan meningkatkan pengalaman Anda. Penting untuk mengeksplorasi peran lain di tempat kerja saat ini untuk memposisikan diri Anda dengan lebih baik untuk kemajuan.

6. Membangun networking

Karier berkembang berdasarkan lingkaran sosial Anda. Luangkan waktu untuk mengenal atasan, manajer, dan kolega Anda. Menghadiri konferensi dan acara perusahaan.

Bersikaplah ramah dan membantu, serta rukunlah dengan kolega Anda. Anda bahkan dapat menjangkau orang-orang dengan pekerjaan serupa di organisasi lain untuk memahami tren industri.

Mempertahankan dan memelihara hubungan ini bisa menjadi langkah strategis dalam bergerak untuk karier Anda. Anda juga dapat mencari seorang mentor di tempat kerja yang akan menyarankan Anda untuk menaiki tangga karier Anda dan mendapatkan perhatian yang tepat.

7. Jadilah seorang pemimpin

Saat Anda merencanakan jalur karier Anda, akan sangat membantu untuk menantang diri sendiri dan mengambil proyek. Anda dapat berbicara dalam rapat, menghasilkan wawasan dan ide segar, memberikan presentasi.

Jadilah orang yang menjadi andalan organisasi Anda saat mereka menghadapi tantangan. Jika Anda ingin naik dan menaiki tangga karier Anda, berusahalah untuk keluar dari zona nyaman Anda.

Anda dapat melihat atasan dan kolega Anda dari posisi yang lebih tinggi dari Anda dan memikirkan apa yang mereka lakukan dengan baik. Belajarlah dari mereka dan tiru mereka dengan cara-cara yang mereka kuasai.

Dalam karier Anda, memiliki visi dan tujuan untuk diusahakan memudahkan Anda untuk menaiki tangga karier. Mengikuti strategi akan memungkinkan Anda untuk lebih memahami apa yang ingin Anda capai dari karier Anda dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

Leave a Reply