Tips & Tutorial

Cara Menggunakan Kulkas Baru Agar Tetap Awet

Cara menggunakan kulkas baru perlu diketahui oleh setiap pembeli agar kulkas baru dapat bekerja dengan optimal dan awet. Seringkali hal ini tidak diketahui atau diabaikan sehingga yang terjadi adalah kulkas baru langsung dinyalakan dan diisi dengan berbagai macam makanan atau benda.

Meski tidak akan berdampak langsung, namun ternyata hal tersebut dapat membuat kulkas menjadi tidak optimal dan mengurangi usia pakai dari kulkas itu sendiri. Apabila digunakan dengan baik dan sesuai, masa pakai kulkas dapat mencapai hingga lebih dari 10 tahun.

Artikel ini akan membahas sejumlah tips yang dapat Anda terapkan saat membeli kulkas baru agar kulkas tersebut awet dan dapat digunakan untuk jangka panjang.

Hal yang Keliru Dilakukan Pada Kulkas Baru

Meski tidak semua, namun banyak yang masih keliru dalam pengoperasian kulkas baru yang baru saja dibeli. Berikut ini beberapa kekeliruan yang sering dilakukan dan berpotensi membuat kinerja kulkas menjadi kurang dan tidak awet:

  1. Kulkas langsung digunakan atau dihubungkan ke listrik
  2. Langsung mengisi penuh kulkas dengan makanan atau minuman
  3. Posisi kulkas yang diletakkan tidak vertikal sempurna
  4. Memindahkan kulkas dengan cara yang tidak tepat

Hal – hal di atas yang mungkin tidak disadari kerap dilakukan. Meski setelahnya kulkas dapat menyala, akan tetapi mungkin dapat berpengaruh pada kinerja kulkas yang menjadi tidak optimal. Lantas seperti apa cara menggunakan kulkas baru agar tetap awet?

ilustrasi kulkas

Cara Menggunakan Kulkas Baru Agar Tetap Awet

Terlepas dari apapun merek kulkas yang Anda beli, pada dasarnya memiliki panduan dasar yang kurang lebih sama. Biasanya cara pengoperasian pertama kali untuk kulkas yang baru dibeli juga terdapat dalam buku petunjuk yang disertakan.

Berikut ini beberapa tips cara pengoperasian kulkas baru agar tetap awet:

Pindahkan Secara Hati – Hati dan Secara Vertikal

Pada bagian dalam kulkas terdapat kompresor. Kompresor ini berfungsi untuk pendinginan kulkas. Dan dalam kompresor terdapat oli. Oleh karenanya, memindahkan dan meletakkan kulkas hendaknya dalam posisi yang vertikal serta tidak miring.

Ini bertujuan agar kompresor dapat berfungsi dengan baik. Membawa kulkas dalam posisi miring atau ditidurkan dan meletakkan kulkas dalam posisi yang tidak vertikal sempurna dapat membuat oli kompresor tumpah dan mengenai pipa di dalam kulkas.

Kulkas Jangan Langsung Dinyalakan

Hal ini masih berhubungan dengan oli kompresor, saat pengiriman kemungkinan kulkas terguncang dan oli dalam kompresor ikut bergoyang. Ini tidak menutup kemungkinan oli bocor ke dalam sistem pendinginan. Hal ini dapat membuat sirkulasi tersumbat. Apabila Anda langsung menyalakan kulkas, dikhawatirkan dapat merusak kulkas karena posisi oli belum kembali dan terjadi penyumbatan.

Selain itu saran agar kulkas tidak langsung dinyalakan juga bertujuan agar suhu kulkas sesuai dengan suhu dalam ruangan terlebih dahulu. Suhu eksterior kulkas bisa saja menjadi lebih panas selama proses pengiriman akibat terik matahari, sehingga sebaiknya kulkas dibiarkan sejuk dan sesuai dengan suhu ruangan terlebih dahulu sebelum dinyalakan.

cara menggunakan kulkas baru

Jangan Langsung Isi Penuh Kulkas saat Dinyalakan

Setelah kulkas dibiarkan untuk beberapa jam, Anda dapat menghubungkan kulkas dengan stop kontak dan menyalakan kulkas. Begitu kulkas menyala, Anda sebaiknya membiarkan kulkas untuk dingin terlebih dahulu tanpa mengisinya dengan sejumlah makanan atau minuman.

Hal ini bertujuan agar proses pendinginan kulkas menjadi optimal dan kinerja kompresor tidak berat. Kompresor perlu bekerja dengan lebih berat untuk mendinginkan kulkas dari kondisi nol apabila kulkas langsung dipenuhi dan diisi dengan sejumlah benda.

Atur Suhu Dengan Baik

Setelah kulkas dingin, Anda dapat mulai memasukkan makanan dan minuman ke dalam kulkas. Kemudian Anda dapat mengatur suhu kulkas agar sesuai. Aturlah suhu di kulkas tidak terlalu rendah maupun tidak terlalu tinggi.

Demikian tips cara menggunakan kulkas baru agar tetap awet. Pastikan juga Anda mengikuti petunjuk yang disertakan atau tertulis dalam buku panduan atau petunjuk yang Anda dapatkan agar kinerja kulkas yang Anda beli bisa optimal.

Leave a Reply