Aksesoris Gadget & Komputer Review Produk

DisplayPort versi 2.0 dengan Resolusi 16K dan Refresh Rate 60Hz

VESA atau dikenal dengan Video Electronics Standards Association, baru saja mengumumkankonektor DisplayPort versi 2.0. VESA menjelaskan bahwa DP 2.0 akan mampu menampilkan resolusi lebih tinggi dari 8K, dengan refresh rate yang lebih tinggi di resolusi 4K dan penggunaan aplikasi Virtual Reality. VESA mengatakan bahwa  DP 2.0 akan hadir pada akhir tahun 2020.

VESA  DP 2.0 memiliki kompatibilitas dengan versi DisplayPort yang sebelumnya, dan mendukung berbagai fitur yang terdapat di versi sebelumnya, seperti Display Stream Compression (DSC) dan Forward Error Correction (FEC), walaupun kecepatannya akan dilimitasi oleh antar muka yang digunakan. Perangkat display dapat disambungkan melalui konektor DP, ataupun USB Type-C melalui DisplayPort Alt Mode. DP 2.0 memanfaatkan lapisan antarmuka fisik (PHY) dari Thunderbolt 3, sehingga mampu mempertahankan bandwith data dari konektor ini.

DP 2.0 mampu memberikan data bandwith hingga 77,4 Gbps, hampir tiga kali lipat dibandingkan dengan versi sebelumnya. DP 2.0 mampu memberikan resolusi 16K (15360 x 8460) di 60Hz dan 30 bpp dengan DSC aktif. Untuk konfigurasi dua display, DP 2.0 mampu memberikan resolusi 8K (7680 x 4320) dengan refresh rate hingga 120Hz. DP 2.0 menawarkan efisiensi tenaga yang lebih baik, karena telah memiliki kapabilitas Panel Replay dari VESA, yang mampu mengoptimalkan tenaga, performa serta temperatur pada perangkat yang lebih kecil. seperti AIO dan laptop.

Leave a Reply