Review DJI Dock 2 dan Kelebihannya
Kamera & Drone Review Produk

DJI Dock 2: Andalan untuk Inspeksi dan Survei Pemetaan

Kehadiran Drone semakin memudahkan manusia untuk melakukan survei, patroli keamanan, dan inspeksi di lingkungan yang sulit dijangkau. Operasional yang semakin lama hingga daya tahan tinggi dari cuaca ekstrem membuatnya jadi solusi pengawasan yang lebih efektif dan efisien. Kali ini, Bhinneka memperkenalkan produk DJI DOCK 2. Sebuah sistem drone canggih terbaru yang lebih kecil dengan kemampuan operasional lebih tinggi dan berbasis cloud.

Review DJI Dock 2 dan Kelebihannya

DJI DOCK 2 hadir dalam dua versi drone, yaitu DJI Matrice 3 Dock (M3D) dan DJI Matrice 3 Thermal Dock (M3TD). Drone DJI M3D ditujukan untuk misi survei dan pemetaan presisi tinggi. Sedangkan, varian Drone DJI M3TD diperuntukkan untuk operasi patroli, inspeksi, pengawasan aset, pemantauan titik api, dan pemantauan lingkungan dari gas berbahaya. Keduanya mampu beroperasi 24/7 melalui DJI FlightHub 2.

Kelebihan Utama DJI Dock 2

  • 70% lebih ringan dan ringkas dari generasi sebelumnya
  • Dilengkapi rating IP55, aman di cuaca ekstrem
  • Jarak operasional maksimal hingga 10 km
  • Dilengkapi sensor untuk monitor kondisi cuaca
  • Berbasis Cloud memudahkan untuk terhubung ke pihak ketiga
  • FlyTo Tasks untuk memudahkan mengatur rute penerbangan berulang
  • Private Deployement, sesuaikan dengan Cloud API
  • Dukungan Payload Pihak Ketiga (dijual terpisah).

Spesifikasi DJI Dock 2

Berikut ini spesifikasi lengkap DJI Dock 2 (tidak termasuk Drone).

Berat 34 kg
Dimensi 570 x 583 x 456 mm
Input Voltage 100-240 V, 50/60 Hz
Input Power Max. 1000W
IP Rating IP55
Max. Takeoff Altitude 2500 m
Max. Operation Radius 10 km
Temperature -25° C sampai 45° C
Charge Time 32 menit (20% – 90%)
Battery Cycles 400 times
Backup Battery Lebih dari 5 jam
Development cloud API+edge computing
Monitoring Camera Dual Camera Automated Switch
Max Flight Time 50 menit

Desain Lebih Ringan, Mudah Dibawa 2 Orang

DJI Dock 2 memiliki ukuran 70% lebih kecil dan lebih ringan dari DJI Dock 1. Sangat mudah untuk dibawa dua orang saja. Ini memudahkan instalasi di berbagai tempat sekaligus mengurangi biaya yang berkaitan dengannya. Pemilihan tempat untuk memulai penerbangan juga lebih mudah. Sebelum ditempatkan, sensor akan mendeteksi kondisi lingkungan dan mengecek kekuatan sinyal GNSS. Evaluasi berbasis ini menghilangkan kerumitan dalam memilih lokasi. Memangkas waktu instalasi drone dari 5 jam hingga jadi hanya 12 menit saja.

Drone Otomatis Dock 2

Sensor untuk Terbang Lebih Aman

Dengan peringkat perlindungan IP55 membuatnya aman digunakan di tengah kondisi lingkungan hujan dan berdebu. Drone dapat beroperasi lama di tengah kondisi iklim yang berubah-ubah. Di dalam terdapat sensor yang berintegrasi yang memantau curah hujan, kecepatan angin, dan suhu secara real time. Sistem DJI FlightHub 2 dapat memberikan peringatan tepat waktu atau menghentikan tugas penerbangan untuk mengurangi risiko penerbangan.

Dua Varian Drone: DJI Matrice 3D dan 3TD

DJI Dock 2 hadir dalam dua versi drone. Yang pertama adalah DJI Matrice 3D yang dilengkapi kamera tele dan kamera sudut lebar dengan shutter mekanis. Sangat cocok untuk kebutuhan survei pemetaan presisi tinggi 1:500. DJI Matrice 3TD dilengkapi kamera sudut lebar, kamera tele, dan kamera inframerah dapat menggambarkan cahaya tampak dan gambar termal. Drone ini cocok untuk operasi keamanan dan inspeksi.

Perbedaan Kamera Drone DJI Matrice 3 Dock dan Thermal Dock

Perbandingan Spesifikasi Kamera Drone

DJI Matrice 3D DJI Matrice 3TD
Kamera Sudut Lebar 4/3 CMOS
20MP Effective Pixel
24mm Format Equivalent
Mechanical Shutter
1/1.32 inch CMOS
48MP Effective Pixel
24mm Format Equivalent
Kamera Tele 1/2 Inch CMOS
12MP Effective Pixel
162mm Format Equivalent
1/2 Inch CMOS
12MP Effective Pixel
162mm Format Equivalent
Kamera Infrared 40mm Format Equivalent
Normal Mode:640×512@30fps
UHR Infrared Mode: 1280×1024@30fps
28x Digital Zoom

Performa Unggulan di Berbagai Kondisi Medan

Dengan rating IP54, Anda bisa menerbangkan drone di tengah kondisi hujan dengan aman. Saat terbang, Drone DJI dibekali sistem penghindar rintangan 6 arah yang memastikannya terbang dengan aman di antara gedung, tiang, atau pepohonan. Dengan radius pengoperasian maksimal hingga 10 km, drone DJI ini mampu terbang dalam waktu total 50 menit.

Kombinasi kamera dan antena RTK ganda memungkinkan lepas landas lebih cepat dan meningkatkan akurasi saat pendaratan. Daya tahan baterai tinggi hingga 400 kali charge, dapat menghemat biaya penggantian baterai hingga 50%. DJI Dock 2 dapat mengisi daya baterai drone dengan cepat. Dari 20% ke 90% hanya butuh 32 menit sehingga memungkinkan operasional yang terus menerus.

Operasional Berbasis Cloud

DJI Dock 2 dan platform DJI FlightHub 2 mendukung pemetaan cloud dengan model 3D presisi tinggi dan dapat mengubah rute penerbangan dengan sudut pandang orang pertama. Data rintangan yang sudah tercatat pada penerbangan sebelumnya dapat diedit untuk meningkatkan akurasi penerbangan sekaligus pengoperasian yang lebih aman. Kemudian dengan Cloud API, pengguna bisa hubungkan DJI Dock 2 ke platform pihak ketiga untuk keamanan dan fleksibilitas dalam mengelola hasil tangkapan data.

Sebagus Apa DJI Dock 2?

Desain yang lebih kecil dan ringan memungkinkan semua pekerjaan yang bersifat pengawasan, inspeksi, atau survei pemetaan jadi lebih mudah. Dimensi produk yang 70% lebih ringkas membuat tidak perlu banyak SDM untuk mengoperasikannya ke tengah situs proyek. IP Rating 55 dan sistem pemantauan lingkungan yang dapat mendeteksi perubahan cuaca secara real time memungkinkan pengoperasian di lingkungan yang sulit.

Waktu terbang hingga 50 menit dan 10 km dapat meningkatkan efisiensi saat inspeksi dan pengawasan area yang luas. Dua jenis drone DJI Matrice 3D atau 3TD memiliki spesifikasi kamera yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika untuk survei pemetaan varian Matrice 3D sangat cocok untuk Anda. Sedangkan, Matrice 3TD cocok untuk inspeksi, pengawasan, dan pemantauan titik api karena dilengkapi kamera inframerah.

Dibanding generasi pendahulunya, DJI Dock 2 telah mengalami peningkatan dari desain, efisiensi, dan fungsional. Ini memungkinkan setiap perusahaan dapat memiliki sistem drone otomatis yang lebih mudah diaplikasikan. Bhinneka menyediakan DJI Dock 2 sebagai solusi kamera pengawasan yang lengkap dan punya daya jelalah luas. Cek selengkapnya di sini.

Leave a Reply