Aksesoris Gadget & Komputer

Fungsi Monitor Dan Perbedaan Berdasarkan Jenisnya

Monitor merupakan perangkat yang sangat erat hubungannya dengan Pc atau komputer. Fungsi monitor sendiri untuk menampilkan gambar atau objek yang telah dikelola dalam proses komputasi di sistem operasi komputer.

Seering dengan perkembangan zaman komputer sekarang tidak hanya digunakan untuk menampilkan hasil komputasi saja. Namun juga dapat digunakan untuk berbagai hal seperti menampilkan DVD player, konsol Games, dan rekam medis di dunia kesehatan. Apalagi sekarang hampir semua monitor  menyediakan bor HDMI dan VGA display sehingga dapat di koneksikan ke berbagai perangkat.

Fungsi monitor lainnya ialah dapat mengeluarkan hasil pengolahan informasi yang ada pada sistem komputer. Perangkat yang masuk dalam golongan output ini mampu mengeluarkan berbagai visual dalam sistem. Hal ini memudahkan Pengguna untuk mengoperasikan berbagai hal yang berkaitan dengan komputasi.

Apa Saja Jenis-Jenis Monitor Saat Ini?

Hampir semua data dalam bentuk teks, video, gambar dari perangkat media yang terhubung mampu ditampilkan di monitor. Ukuran layar monitor lebih bervariasi dari pada TV. Mulai dari ukuran 17 inci sampai dengan 32 inci. Resolusinya pun lebih tinggi dari tv.

Di pasaran sendiri terdapat 3 jenis monitor yang paling sering dilihat. Ketiga jenis monitor ini punya resolusi pixel yang berbeda beda. Fiturnya pun dibuat berbeda beda tergantung kebutuhan penggunanya. Dalam artikel kali ini telah disediakan 5 jenis monitor yang sebaiknya diketahui sebagai berikut :

1. Monitor CRT (Chatode Ray Tube)

Monitor CRT (Chatode Ray Tube)

monitor CRT merupakan jenis monitor tabung yang penggunaannya sudah jarang. Monitor jenis ini menggunakan media tabung sinar katoda dalam menciptakan sinar elektron ke sebuah titik kecil di layar. Monitor jenis ini cukup berat sulit untuk dipindah pindah, kualitas gambar yang dihasilkan pun tidak sebaik monitor modern.

2. Monitor LCD (Liquid Crystal Display)

Monitor LCD

Monitor LCD merupakan evolusi dari CRT. Monitor ini tidak lagi menggunakan tabung udara, melainkan telah memakai sebuah media cairan kristal. Cara kerjanya ialah dengan memancarkan cahaya melalui media kristal cair, untuk menangkap pancaran elektrik sehingga dapat membentuk panel panel kecil datar.

Tampilan gambar yang dihasilkan pada monitor jenis ini berasal dari lampu neon putih yang disusun di belakang susunan piksel atau kristal cair yang sangat banyak. Media kristal cair ini akan melewati arus listrik sehingga terpolariasi, membentuk sebuah tampilan warna tertentu dalam bentuk output yang dapat dilihat pengguna.

3. Monitor Plasma (PDP – Plasma Display Panel)

Plasma TV

Monitor plasma merupakan kombinasi dari CRT dan LCD. Untuk urusan kualitas gambar tidak diragukan lagi. Monitor ini hadir dengan desain layar yang tipis seperti LCD dengan sudut pandang lebar seperti CRT. Monitor jenis ini menggunakan fosfor untuk menciptakan sebuah grafis dengan warna yang lebih tajam. Untuk memproses warna dalam tampilannya, monitor plasma menggunakan gas yang dilepaskan di dalam panel sehingga menghasilkan sinar ultraviolet.

4. Monitor LED (Light Emitting Diode)

Monitor LED

Monitor LED merupakan pengembangan dari monitor jenis LCD. Gambar yang dihasilkan oleh monitor LED terlihat lebih nyata karena mengandung banyak warna dalam pemprosesannya. Dengan desain yang sangat tipis wajar bila banyak yang berminat untuk menggunakannya dalam kegiatan komputasi sehari hari.

Monitor jenis ini bekerja dengan pancaran cahaya diode sebagai sumber cahayanya. Dia memanfaatkan Maia diode untuk membuat beragam varian warna. Monitor LED punya kualitas warna hitam yang cukup tajam. Monitor ini juga punya kontras rasio dan refresh rate yang sangat tinggi sehingga dalam menampilkan sebuah Lim atau video Games cukup detail.

5. Monitor LED Touchscreen (Layar Sentuh)

Fungsi Monitor LED Touchscreen

Monitor LED touchscreen menjadi pengembangan dari Layar LED dengan unsur sensor. Layar touchscreen dapat menerjemahkan instruksi user dengan sentuhan pada permukaan layar. Sensor bekerja dengan mendeteksi posisi instruksi yang di input kemudian instruksi disampaikan ke sistem agar dieksekusi sesuai gambar atau ikon yang dipilih. Teknologi toucscreen ini membuat interaksi antara user dan sistem menjadi lebih intens.

Untuk para pengguna komputer dekstop, penggunaan monitor menjadi sebuah keharusan. Dengan berbagai kemampuan dan macam monitor saat ini. Tidak heran bila perangkat yang satu ini sangat dibutuhkan dalam menjalankan aktivitas komputasi sehari hari.

Demikian pembahasan singkat tentang fungsi monitor dan jenis-jenisnya. Silakan kunjungi halaman Monitor di Bhinneka untuk cek harga terkini dan detil spek.

Leave a Reply