Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Mengenal Fungsi dan Tipe-Tipe Ring Light

Apakah Anda pernah melihat seorang content creator media sosial seperti Tiktokers atau YouTubers dari balik layarnya ?, Jika sudah, berarti sudah tidak asing dengan alat bernama Ring Light. Aksesoris gadget ini bisa membuat pencahayaan di sekitar kamera menjadi lebih terang dan mengkilap sehingga tampak sangat bagus.

Mengenal Fungsi dari Ring Light pada HP

Karena ukurannya yang kecil tentu perangkat ini pengembang ciptakan khusus untuk penerangan pada perangkat kecil seperti Smartphone. Fungsi utama dari Ring Light adalah memberikan tambahan cahaya pada objek yang sedang kamera ambil sehingga lebih terang dan jelas.

Untuk saat ini, kebanyakan pengguna dari alat ini adalah pembuat content creator social media, para pekerja kantoran, sampai dengan beberapa pelajar. Kebutuhan pemakaian perangkat ini secara mengejutkan meningkat karena banyak pekerjaan berlangsung secara remote saat ini.

Selain itu seorang yang terkena pencahayaan ketika berada di depan kamera akan terlihat memiliki wajah lebih cerah. Hal inilah yang membuat orang kerap kali memanfaatkan perangkat ini sehingga bisa tampil sempurna di depan kamera.

Tipe-Tipe Ring Light

Ring Light hadir dalam beberapa varian dan jenis sehingga pengguna dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Ketersedian ini tentunya untuk membuat pengguna bisa secara fleksibel memanfaatkannya, berikut adalah tipe tipe sejauh ini :

1. Tipe Tripod

Ring Light with Tripod

Tipe Ring Light pertama adalah Tripod yang menawarkan kestabilan kamera dan ring secara konsisten. Jenis ini akan memungkinakan pengguna meletakan smartphone jenis apapun baik itu ukurannya lebih besar atau kecil. Menariknya lagi type tripod ini menawarkan alas di bawahnya yang lebih luas namun memiliki ganggang sangat kokoh serta kuat.

Ketika menggunakan perangkat jenis ini, Anda tidak akan kesulitan dalam menggunakan, tangan akan menjadi lebih leluasa. Akan tetapi, jenis ini memerlukan daya yang cukup besar. Memang pencahayaan yang tipe Tripod  ini terlihat sangat terang dan jelas sehingga wajar jika pengambilan dayanya besar. Menariknya lagi tersedia banyak varian cahaya dari tipe tripod ini.

2. Tipe Wired USB

Ring Light With USB

Selanjutnya ada ring light tipe Wired Usb yang cukup banyak orang andalkan juga saat ini. Kebanyakan orang menggunakan alat tipe ini langsung terhubung dengan sumber listriknya missal seperti PC, Laptop, Adaptor, sampai dengan power bank. Alasan kenapa Wired USB harus langsung terhubung adalah karena memerlukan suplai daya yang cukup besar dalam menerangkan area.

Apabila Anda mencolokan USB ke sumber listrik, pastikan untuk memperhatikan terlebih dahulu kebutuhan wattnya. Pada produk Weird USB biasanya ada jumlah asupan watt yang muncul. Untuk berjaga jaga agar adaptor dan perangkat lainnya aman, pastikan tipe Weird USB tersebut pengguna ketahui asupan dari dayanya dengan baik.

3. Tipe Rechargeable Battery

Ringlight Rechargerable

Untuk jenis selanjutnya ini cukup unik yaitu dapat pengguna pakai tanpa harus memanfaatkan kabel. Ring light Rechargeable Battery ini pada umumnya lebih kecil karena hanya memakai daya tidak terlalu besar sehingga penggunaannya praktis.

Beberapa orang juga menyebutnya dengan ring light mini karena punya bentuk tidak terlalu besar. Konsep dasar dari pembuatan tipe ini adalah agar seseorang bisa memakainya secara praktis di ponsel. Akan tetapi, daya tahan baterai dari perangkat ini tidak terlalu lama sehingga hanya bisa memberikan penerangan sebentar saja.

4. Tipe Universal

Ringlight Universal

Dari namanya saja mungkin Anda sudah bisa menduga jika tipe ini cocok untuk semua jenis HP sehingga tidak ada masalah dengan jenis ponsel tertentu. Penggunaan dari alat ini juga sangat mencolok yaitu dengan menjepitnya. Ukuran klip atau penjepit dapat mempengaruhi kemudahan dalam pemasangan, jadi harus perhatikan hal ini dengan tepat.

Ring Light Universal bisa saja merusak beberapa bagian pinggir smartphone apabila Anda tidak memasangnya dengan baik dan benar. Usahakan untuk memperhatikan klipnya dengan hati hati dan tentunya teliti. Ada juga yang menghadirkan klip penjepit serta pelindungnya. Alangkah baiknya jika pengguna memakai penjepit dengan pelindung untuk alat ini.

Demikian pembahasan tentang Fungsi dan Tipe Ring Light. Silakan kunjungi halaman daftar Ring Light terbaru di Bhinneka.com bagi anda yang ingin membelinya.

Leave a Reply