Tipe vegetarian
Tips & Tutorial

Gaya Hidup Vegetarian: Konsumsi Sehat Berbahan Dasar Nabati

Gaya hidup sehat vegetarian dipilih dan dilakukan oleh banyak orang dengan beberapa alasan seperti upaya penerapan gaya hidup sehat, kepercayaan tertentu, kepedulian terhadap keanekaragaman hewani, dan berbagai alasan lainnya. Seiring berkembangnya jaman, gaya hidup sehat vegetarian menjadi lebih mudah diakses dan diterapkan. Berbagai toko hingga supermarket sudah mulai fokus untuk menyediakan berbagai kebutuhan bahan makanan yang ramah bagi para vegetarian. Banyak pula tempat makanan yang menawarkan banyak pilihan menu vegetarian dengan rasa yang tak kalah lezat.

Dalam pola pikir yang masih tradisional, berbagai pihak mengkhawatirkan adanya potensi kekurangan nutrisi bagi para penganut gaya hidup sehat  vegetarian. Akan tetapi, gaya hidup yang kini semakin modern lebih fokus ke berbagai manfaat bagi kesehatan yang diperoleh dengan menghindari konsumsi bahan dasar hewani dengan tetap memperhatikan keseimbangan asupan nutrisi harian.

Gaya hidup sehat vegetarian

Berbagai varian gaya hidup sehat vegetarian

Secara umum, banyak orang awam mengira bahwa gaya hidup vegetarian hanyalah gaya hidup yang tidak mengonsumsi daging baik yang berasal dari mamalia, unggas, dan berbagai hewan air. Akan tetapi apabila ditelisik secara lebih mendalam, terdapat berbagai varian gaya hidup sehat vegetarian yang ada, yaitu:

  1. Vegan (vegetarian total) yaitu gaya hidup yang tidak mengonsumsi segala bentuk daging dan bahan makanan turunan yang berasal dari sumber hewani.
  2. Lacto-ovo vegetarian dimana gaya hidup tersebut tidak mengonsumsi daging tetapi masih mengonsumsi telur, susu, dan produk turunannya.
  3. Lacto vegetarian yang tidak mengonsumsi daging dan telur tetapi masih mengonsumsi susu dan produk turunan hewani.
  4. Ovo vegetarian yang merupakan gaya hidup tidak melakukan konsumsi terhadap daging dan produk turunan hewani tetapi masih mengkonsumsi telur.
  5. Vegetarian parsial yaitu gaya hidup yang tidak mengonsumsi daging tetapi masih mengkonsumsi ikan (pescatarian) atau masih mengonsumsi unggas tetapi tidak mengonsumsi daging lainnya (pollo-vegetarian).

Manfaat penerapan gaya hidup sehat vegetarian

Penerapan gaya hidup sehat vegetarian memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan tubuh, seperti:

1. Kesehatan jantung yang baik

Jantung memiliki peranan untuk melakukan pompa terhadap aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Dengan penerapan gaya hidup vegetarian, dimana fokus untuk menghindari konsumsi berbagai jenis daging dan produk turunannya dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh yang berimplikasi pada mengurangi berbagai risiko penyakit jantung.

2. Meminimalisir beberapa risiko kanker

Konsumsi berlebih terhadap daging merah dan produk olahan daging sering dikaitkan dengan peningkatan berbagai risiko penyakit kanker. Dengan hanya mengonsumsi berbagai bahan makanan nabati dan penerapan gaya hidup vegetarian dapat meminimalisir risiko terpapar berbagai jenis kanker.

3. Memperkuat imunitas tubuh

Bahan makanan nabati merupakan bahan makanan yang kaya akan kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang membantu membentuk dan memperkuat imunitas tubuh.

4. Mampu membantu penurunan berat badan

Kandungan yang kaya akan serat dan nutrisi dari berbagai bahan makanan nabati dapat membuat Anda merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Rasa kenyang tersebut membantu Anda untuk mencapai defisit kalori yang berimplikasi pada penurunan berat badan.

Tips memulai penerapan gaya hidup vegetarian

Tipe vegetarian

Melakukan perubahan gaya hidup bukanlah sebuah hal yang dapat dengan mudah dan instan untuk dilakukan. Berbagai hambatan dalam proses perubahan gaya hidup menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi seseorang. Berikut merupakan beberapa tips untuk memulai penerapan gaya hidup vegetarian:

~ Terapkan tahapan dalam menjadi vegetarian

Perubahan gaya hidup terutama pola makan merupakan tahapan yang tidak mudah bahkan cenderung sulit dilakukan oleh sebagian orang. Jadi, buatlah tahapan satu persatu pada kurun waktu tertentu. Sebagai contoh, cobalah untuk tidak memakan daging merah di minggu pertama dan kemudian mulai tidak mengonsumsi telur dan ikan di minggu berikutnya.

~ Terapkan substitusi daging dengan bahan nabati

Gaya hidup vegetarian tidak melulu hanya mengonsumsi berbagai sayur-mayur dengan rasa hambar yang mungkin akan membosankan dalam kurun waktu tertentu. Anda dapat meracik menu vegetarian dengan menerapkan substitusi dari protein hewani menjadi protein nabati.

~ Bergabung dalam perkumpulan vegetarian dan cari mentor gaya hidup sehat

Bergabung dengan komunitas vegetarian akan membuat Anda lebih termotivasi untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat. Melalui komunitas tersebut Anda dapat bertukar ide menu vegetarian, mendapatkan rekomendasi tempat makanan yang menyediakan menu vegetarian, dan bahkan Anda dapat mendapatkan mentor personal yang mampu membantu Anda untuk menjadi vegetarian.

Leave a Reply