7 manfaat belajar bahasa inggris
Tips & Tutorial

7 Manfaat Belajar Bahasa Inggris, Simak Penjelasannya

7 manfaat belajar bahasa inggris di dunia global saat ini sangatlah penting, dan juga banyak manfaatnya. Bahasa Inggris digunakan di beberapa negara yang paling berpengaruh secara ekonomi dan budaya secara global, dan selama berabad-abad telah menjadi bahasa utama tidak hanya komunikasi internasional, tetapi juga bisnis internasional, akademisi, kedokteran, sains, teknologi, dan hukum.

7 manfaat belajar bahasa inggris

Tidak heran jika saat ini banyak orang yang memilih untuk belajar bahasa inggris sebagai cara untuk meningkatkan kehidupan mereka. Dalam artikel ini, kita akan melihat tujuh dari banyak keuntungan yang akan diberikan dengan belajar bahasa Inggris pada tahun 2023.

7 Manfaat belajar bahasa inggris

1. Meningkatkan dan memperluas kesempatan kerja

7 manfaat belajar bahasa inggris yang pertama yaitu bisa meningkatkan dan memperluas kesempatan kerja. Kemahiran dalam bahasa Inggris adalah keterampilan yang sangat dicari di tempat kerja internasional dan salah satu manfaat belajar bahasa inggris adalah meningkatkan kesempatan kerja Anda secara signifikan.

Pelamar kerja dengan kefasihan berbahasa Inggris di CV mereka secara statistik terbukti memiliki potensi perekrutan yang meningkat. Hal ini mungkin terbukti sangat penting pada tahun 2023 karena banyak negara mengalami penurunan ekonomi dan pengangguran, sebagian akibat dari pandemi COVID-19.

2. Jelajahi dunia dengan percaya diri

7 manfaat belajar bahasa inggris

7 manfaat belajar bahasa inggris yang kedua yaitu dapat menjelajahi dunia dengan percaya diri. Bepergian dan menjelajahi dunia sekali lagi menjadi agenda banyak orang. Selain negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya seperti Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru, dan Australia, dan ada sejumlah negara berbeda yang juga mencantumkan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi yaitu termasuk Malaysia, Singapura, Kenya, Hong Kong, India, Mauritius dan Filipina.

Pengetahuan bahasa Inggris dapat menjadi bekal Anda untuk bepergian dan berkomunikasi secara lebih efektif di berbagai belahan dunia, dengan bekal tersebut dapat membuat Anda lebih percaya diri.

3. Bisa mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri

Belajar bahasa Inggris dapat mempermudah Anda dalam mengakses pendidikan di luar negeri, Anda juga memiliki kesempatan untuk masuk ke dalam Institut Pendidikan terbaik di dunia.

Banyak universitas terbaik dunia terletak di Inggris dan Amerika Serikat, atau menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama untuk pembelajaran mereka. Oleh karena itu keterampilan bahasa inggris adalah kunci untuk melamar.

Jika Anda bercita-cita untuk belajar di universitas terbaik dunia seperti Harvard, Stanford, Oxford, Cambridge, dan MIT. Maka mencapai kemahiran bahasa Inggris sangatlah penting.

4. Meningkatkan kemampuan kognitif

Mempelajari bahasa kedua terbukti menjadi salah satu cara terbaik untuk membuat otak Anda tetap tertantang dan aktif. Penelitian telah menunjukkan bahwa otak mengalami perubahan struktur dan ukuran saat mempelajari bahasa lain.

Tidak peduli berapa pun usia Anda untuk memulai, ada manfaatnya mempelajari bahasa baru selain bahasa ibu Anda. Sekarang diketahui bahwa orang yang berbicara lebih dari satu bahasa dengan lancar memiliki ingatan yang lebih baik dan lebih kreatif secara kognitif daripada mereka yang tidak. Pengetahuan tentang bahasa kedua dapat membantu kita untuk tetap sehat secara mental.

5. Memudahkan untuk memulai kehidupan di negara berbahasa Inggris

Manfaat lain dari belajar bahasa Inggris adalah dapat menawarkan Anda kesempatan untuk pindah ke negara berbahasa Inggris. Seringkali, untuk menjadi warga negara di negara berbahasa inggris, Anda harus mencapai tingkat kecakapan bahasa Inggris tertentu.

Berbicara dan memahami bahasa Inggris juga akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan, dan akan membantu Anda berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda seperti di supermarket, dokter, atau dengan teman dan tetangga baru.

6. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Saat Anda belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, Anda juga mempelajari cara baru untuk berpikir dan mengekspresikan diri baik secara lisan maupun tulisan.

Mempelajari berbagai bahasa dapat membantu Anda berkomunikasi dengan lebih jelas. Saat Anda mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja bahasa itu sendiri dan cara menggunakannya untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam semua jenis lingkungan sosial, pendidikan, dan professional, maka hal itu dapat meningkatkan kemampuan Anda berkomunikasi secara efektif.

7. Memudahkan Anda dalam menonton hiburan

Banyak film dan acara TV paling ikonik di dunia telah diproduksi dalam bahasa Inggris, sebagian besar di Hollywood, dan kefasihan bahasa Inggris akan memberi Anda kesempatan untuk menikmati dan mengapresiasinya dalam bentuk aslinya baik dengan terjemahan ataupun tidak.

Hal yang sama berlaku untuk sastra, dan dengan begitu banyak karya terkenal dunia yang diproduksi awalnya dalam bahasa Inggris, Anda akan memiliki banyak pilihan untuk menikmati. Dari JK Rowling hingga Shakespeare, selalu ada sesuatu yang cocok untuk semua selera.

Tips penting untuk lebih lancar berbicara dalam bahasa inggris yaitu tetap percaya diri dan jangan takut salah karena dengan kesalahan tersebut kita bisa belajar memperbaikinya. Demikian, artikel seputar 7 manfaat belajar bahasa inggris, diharapkan Anda lebih termotivasi untuk mempelajari bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: aplikasi keren untuk belajar bahasa inggris dalam waktu cepat

Leave a Reply