Bhinneka News

Google Assistant Mendukung Hingga 10.000 Perangkat Smart Home

Penggunaan Google Assistand saat ini semakin banyak digunakan dalam keseharian, Anda hanya perlu memberi perintah dengan suara untuk melakukan pencarian atau juga dapat digunakan untuk memberikan perintak kepada perangkat smart home yang tersambung kepada perangkat gadget Anda. Saat ini,  Google melaporkan bahwa Google Assistant sudah mendukung lebih dari 10.000 perangkat Smart Home dari berbagai manufaktur.

Google Assistant awalnya hanya mendukung 1.500 perangkat saja dan semakin lama semakin meningkat, saat ini telah mendukung 10.000 perangkat berbeda dari setidaknya 1.000 manufaktur berbeda yang turut bergabung di dalam ekosistem Google. Tidak hanya terbatas pada smartphone atau tablet saja, Google Assistant sendiri bisa difungsikan dengan perangkat elektronik seperti televisi, peralatan dapur, hingga air conditioner.

Google menganggap angka ini masih dinilai terlalu kecil jika dibandingkan dengan Alexa milik Amazon yang sudah mendukung hingga 20.000 perangkat berbeda. Tapi hal ini cukup wajar, mengingat perusahaan ini memang melemparkan tren virtual assistant lebih dulu sebelum perusahaan lain mulai mengikuti jejaknya. Kita lihat beberapa tahun kedepan, siapa yang dapat merajai pasar ini.

 

Leave a Reply