Bhinneka News

Google One untuk Layanan Cloud Berbayar

Cloud storage saat ini semakin mendunia, berbagai layanan cloud semakin banyak ditawarkan saat ini, mulai dari berbayar hingga gratis dengan kapasitas tertentu. Keunggulan dari cloud storage ini adalah Anda dapat melihat data dimana saja selama terhubung dengan jaringan internet, melalui notebook/laptop, smartphone, tablet dan perangkat apa saja. Google Drive merupakan salah satu contoh layanan cloud publik yang populer digunakan dan kini Google memperkenalkan satu lagi sistem layanan cloud yang berbayar untuk penggunanya bernama Google One.

Secara general, Google One tidak memiliki perbedaan yang sangat signifikan dengan Google Drive, di mana One merupakan layanan cloud untuk penyimpanan data para penggunanya, yang membedakannya, Drive menawrkan untuk penyimpanan data gratis hingga kapasitas 15 GB dan kemudian berbayar untuk kapasitas lebih besar, One menawarkan penyimpanan data berbayar sejak awal dan memiliki variasi atau opsi layanan yang lebih beragam, tentunya dengan kapasitas lebih besar juga.

Berdasarkan rilis resmi dari pihak Google, One akan memiliki variasi besar kapasitas mulai dari 100GB hingga 30TB yang bisa dipilih oleh penggunanya. Semua besar kapasitas ini disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna Google, mulai dari kebutuhan penyimpanan data foto hingga data email. Google Drive akan jadi layanan cloud publik yang sama sekali gratis tanpa dipungut biaya selama penggunanya adalah pengguna Google, dan akan memiliki batas storage 15GB.

Jadi, semua pelanggan Drive yang berbayar, otomatis akan masuk dalam program Google One. Layanan ini sendiri akan dimulai di wilayah Amerika Serikat lebih dulu, sebelum akhirnya akan ekspansi ke global. Untuk perkiraan harga layanan cloud ini sendiriakan berkisar mulai di angka USD 1,99 untuk kapasitas 100GB seperti gambar diatas.

Leave a Reply