Tips & Tutorial

Gusi Bengkak: Gejala dan Penyebab Gusi Bengkak

Gusi bengkak merupakan kondisi yang hampir pernah dialami oleh setiap orang dan membuat banyak di antara kita bertanya apa penyebab gusi bengkak. Hal ini dikarenakan gusi bengkak sangat mengganggu, terutama saat makan dan tidur.

Sama seperti sakit gigi, gusi bengkak merupakan salah satu kondisi yang sering dikeluhkan. Penyebab gusi bengkak juga sangat beragam seperti infeksi hingga berbagai penyebab lainnya. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai penyebab gusi bengkak yang perlu Anda ketahui.

Ciri Gusi Sehat

Gusi atau dikenal dengan istilah gingiva memiliki warna merah muda dikarenakan pembuluh darah yang berada di balik gusi. Hal ini sekaligus menjadi penanda gusi yang sehat. Gusi yang sehat memiliki warna merah muda serta memiliki tekstur berbintik seperti kulit jeruk.

gusi sehat

Sebaliknya apabila gusi sedang tidak sehat atau bengkak, gusi dapat berubah warna menjadi lebih merah dan lebih terang. Selain itu gusi juga menjadi lebih sensitif dan dapat mengeluarkan darah saat menggosok gigi.

Penyebab Gusi Bengkak

Ada mungkin pernah mengalami gusi bengkak dan bertanya bagaimana gusi bisa bengkak dan apa yang menyebabkan gusi menjadi bengkak. Pembengkakan pada gusi merupakan hal yang umum terjadi dan biasanya terjadi karena adanya infeksi pada area gusi.

Gusi yang bengkak biasa ditandai dengan bagian gusi yang mengalami pembesaran serta berwarna lebih merah dari area gusi sekitar. Penyebab gusi bengkak sendiri biasanya disebabkan oleh:

Penumpukan Plak

Plak yang menumpuk merupakan penyebab utama dan seringnya gusi menjadi bengkak. Plak adalah lapisan lengket yang terdiri atas bakteri dan sisa makanan. Plak biasanya menempel pada celah batas antara gigi dan gusi.

Plak yang tidak tersikat bersih saat sikat gigi dapat berubah menjadi karang gigi. Tidak jarang juga plak dapat menyebabkan gusi menjadi meradang.

Menyikat Gigi Terlalu Keras

Gusi bengkak juga dapat disebabkan menyikat gigi yang terlalu keras. Sikatan yang terlalu keras dapat melukai gusi dan membuat gusi berdarah hingga membengkak.

penyebab gusi bengkak

Baru Memasang Kawat Gigi

Jika Anda baru saja memasang kawat gigi, hal ini juga dapat menyebabkan gusi membengkak. Gusi menjadi bengkak disebabkan adanya gesekan antara kawat gigi dengan bagian dalam dari bibir, gusi dan area dalam mulut.

Sariawan

Sariawan yang terjadi pada dasar gusi juga dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak. Selain bengkak, sariawan juga dapat menyebabkan Anda menjadi sulit makan, minum hingga berbicara.

Benturan Keras

Benturan keras pada mulut yang mengenai area gusi juga dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak.

Kurang Vitamin

Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak karena tubuh kekurangan vitamin yang dapat membantu menguatkan jaringan ikat seperti gusi.

Infeksi Gigi

Apabila Anda membiarkan gigi berlubang, maka dapat menyebabkan terjadinya infeksi gigi atau pulpitis. Infeksi gigi ini dapat menyebabkan munculnya abses gusi yang ditandai dengan gusi bengkak atau munculnya bisul pada gusi.

Hal – hal di atas merupakan salah satu contoh faktor penyebab dari gusi bengkak. Untuk mencegah pembengkakan pada gusi, rawatlah gigi Anda dengan baik dan jaga kebersihan mulut dengan rajin berkumur dan juga sikat gigi dengan bersih.

Leave a Reply