Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Mengenal Jenis dan Fitur Mesin Bordir

Dalam membantu aktivitas kehidupan manusia sehari hari, mesin menjadi salah satu teknologi yang dapat membantu secara efektif. Aktivitas seperti menjahit dan menyulam biasanya manusia akan melakukannya dengan teliti agar hasilnya rapi. Namun, di era modern seperti saat ini, kehadiran Mesin Bordir memudahkan segalanya.

Bordir bisa diaplikasikan pada beberapa produk seperti seragam perusahaan, kaos olahraga, dan pakaian sehari hari. Dengan bantuan alat seperti ini, aktivitas menjahit dan lainnya menjadi lebih mudah dan gampang.

Mesin Bordir

Jenis-Jenis Mesin Bordir

Sulaman sendiri dapat terdiri dari berbagai jenis dan tujuan menyesuaikan keinginan para peminatannya. Untuk merealisasikan hal ini, beberapa orang mulai menggunakan mesin agar hasilnya sesuai dengan permintaan. Berikut beberapa jenis mesin bordir.

Mesin Bordir Gerak Bebas

Jenis mesin ini dapat menghasilkan desain yang sangat rapi dengan teknik gerak bebas. Aktivitas sulaman menggunakan mesin ini akan seseorang kerjakan secara manual oleh operator dengan menggunakan mesin jahitan.

Biasanya jenis jenis ini memiliki satu jarum yang dapat operator gunakan dan tentukan aktivitasnya. Operator harus menjalankan mesin ini secara manual. Tentu saja aktivitas ini tergantung pada operator yang menjalankan mesin tersebut.

Mesin Bordir Terkomputerisasi

Mesin bordir terkomputerisasi merupakan salah satu jenis yang pengembang rancang secara khusus. Umumnya mesin yang satu ini mendapatkan rancangan khusus sehingga terdiri dari sebuah bingkai yang mampu menahan area bingkai kain.

Mesin dengan tegangan di area bawah jarum jahit dapat secara otomatis bergerak untuk membuat desain terprogram sehingga hasilnya sesuai dengan desain yang ada. Tentu saja bantuan dari sistem komputer membuat hasil dari sulaman pada kain benar benar menarik dan bagus.

Alat bordir terkomputerisasi menjadi salah satu jenis yang jenis paling banyak orang gunakan saat ini. Salah satu alasan kenapa orang banyak menggunakannya karena memiliki banyak sekali fitur menarik. Tentu saja bantuan efek komputer di dalamnya membuat mesin ini sangat manusia andalkan, berikut adalah fitur-fitur dari mesin bordir terkomputerisasi.

1. Fitur File Desain

File desain berbentuk digital mempermudah aktivitas bordirian. Hal ini tentunya bisa membentuk desain berdasarkan file digital yang terlihat lebih menarik. Mesin ini umumnya dapat mendukung berbagai format ,exp, Melco, dan .fdr.

Baruduan berdasarkan merek mesin ini akan memudahkan seseorang dalam melakukan aktivitas bordirian. Menariknya lagi penambahan fitur file desain ini memungkinkan operator mesin ini bekerja menjadi lebih baik.

2. Fitur Pengeditan Desain

Mesin bordir terkomputerisasi juga menawarkan fitur desain yang memungkinkan operator menambahkan berbagai jenis desain sesuai dengan keinginan hal ini tentunya sangat memudahkan aktivitas bordir apalagi jika ada perangkat lunak yang tersedia.

Selain itu, mesin ini juga menyediakan beberapa konektifitas yang memudahkan beberapa perangkat terhubung secara baik seperti slot USB dan lain sebagainnya. Hal ini tentunya akan memudahkan seseorang dalam membuat desain ke mesin ini.

3. Mampu Menstabilkan Kain

Mesin bordir terkomputerisasi juga memiliki kemampuan untuk memproses bordirian secara konsisten. Dengan kata lain proses bordir menggunakan mesin ini akan menciptakan hasil lebih rapi terhindar dari kerutan. Masalah klasik lainnya ketika membordir menggunakan mesin manual juga akan teratasi.

Metode stabilisasi kain tentu saja akan menyesuaikan dengan karakteristik jenis, kain, dan kerumitan dari desainnya. Biasanya operator mesin berbasis komputer ini akan menggunakan potongan kain tambahan dengan istilah “interfacing” sehingga proses bordir dapat berjalan lebih rapi, cepat, dan efektif.

4. Proses Penyulaman Desain Lebih Mudah

Keunggulan lainnya yang sangat orang sukai dari mesin berbasis komputer atau terkomputerisasi ini adalah pemantauan secara terus menerus. Seperti Anda ketahui sekarang desain dan pencampuran warna pakaian memiliki variasi yang beraneka ragam. Tentunya hal ini akan sulit bisa seseorang lakukan secara manual.

Dengan menggunakan fitur luar biasa dari mesin bordir terkomputerisasi, desain yang memerlukan lebih dari satu warna sangat mungkin operator lakukan. Pemrosesan ekstra untuk aplikasi dan penambahan efek lainnya dapat seseorang wujudkan ketika berhasil memanfaatkan semua fitur yang ada pada mesin ini.

Bagi Anda yang tertarik memiliki mesin-mesin ini, yuk lihat Daftar Harga Mesin Bordir Terbaru di Bhinneka.

 

Leave a Reply