ide jualan bulan puasa
Info Bisnis Tren Bisnis

10 Ide Jualan Menguntungkan di Bulan Puasa Tahun 2024

Saat bulan puasa tiba, kebutuhan dan pola konsumsi masyarakat ikut berubah. Beberapa ide jualan bulan puasa berikut ini bisa mendatangkan pendapatan berkali-kali lipat dibanding bulan biasa. Hingga saat ini ide bisnis kuliner dan pakaian masih menjadi tren bisnis yang paling menguntungkan. Akan tetapi, kita butuh inovasi dan strategi promosi untuk memaksimalkan keuntungan.

Ada begitu banyak jenis makanan yang cocok dijual saat bulan Ramadan. Mulai dari menu takjil atau makanan ringan untuk berbuka puasa, makanan matang, sampai makanan beku atau frozen food untuk sahur banyak dicari saat bulan puasa. Ditambah lagi, makanan adalah kebutuhan pokok manusia sehingga bisnis ini akan tetap berjaya sampai kapanpun.

Selain bisnis makanan, bisnis jasa juga semakin dibutuhkan di bulan Ramadan 2024. Banyak orang sibuk untuk mempersiapkan rencana pulang kampung. Mereka butuh jasa untuk memudahkan proses persiapan tersebut atau mengamankan aset berharga di rumah saat ditinggal dalam waktu lama.

Ide Jualan Bulan Puasa yang Menguntungkan

Berikut ini ide usaha di bulan puasa yang bagus untuk dijalankan:

1. Jualan Lauk Matang

Menjual lauk matang saat bulan puasa adalah ide jualan yang cukup menguntungkan. Target konsumennya jelas, yaitu orang-orang yang bekerja seharian di kantor dan tidak sempat untuk memasak menu berbuka puasa. Selain itu, ada juga orang-orang yang merasa lelah memasak menu buka puasa setiap hari atau bosan makan itu-itu saja.

ide jualan bulan puasa

Dengan menjual lauk makanan yang sudah matang, Anda bisa membantu konsumen tersebut untuk mendapat makanan yang lezat secara cepat. Tips untuk Anda yang ingin jualan lauk matang saat bulan puasa adalah sediakan pilihan menu yang bervariasi agar pembeli tidak bosan. Pastikan Anda membuat dan mengemas lauk dengan baik supaya bisa dihangatkan kembali saat sahur.

2. Bisnis Katering Harian

Bisnis katering harian juga cocok untuk konsumen yang tidak punya waktu untuk memasak. Ditambah lagi, usaha ini juga cocok untuk konsumen yang tinggal di kos-kosan atau apartemen. Anda bisa menyediakan katering untuk buka puasa, bukber (buka puasa bersama), atau sahur.

ide bisnis bulan puasa

Bisnis ini akan memudahkan konsumen yang tidak punya waktu untuk memasak dan keluar rumah untuk beli lauk matang. Bisnis katering juga bisa divariasi. Anda bisa sediakan menu katering biasa, atau menu katering khusus diet atau katering khusus vegetarian.

3. Jualan Frozen Food

Selain menjual makanan matang, jualan makanan beku atau frozen food juga cukup laris saat bulan puasa. Makanan beku banyak dicari orang-orang untuk sahur. Makanan jenis ini sangat mudah untuk dimasak. Selain itu, Anda bisa simpan makanan beku di freezer dalam waktu lama. Sekarang berbagai jenis makanan bisa diproses jadi frozen food, mulai dari: kebab, dimsum, nugget, ikan, ayam bumbu, sampai otak-otak.

ide jualan bulan ramadan

Selain makanan beku yang bisa langsung dimasak, ada juga daging beku (frozen meat) yang banyak dicari saat bulan puasa. Mulai dari daging sapi beku, ikan, ayam, hingga seafood banyak dicari saat Ramadan tiba. Berbeda dengan frozen food, daging beku memudahkan konsumen Anda untuk mengolahnya jadi berbagai varian masakan.

4. Cleaning Service dan Laundry

Menjelang bulan puasa, bisnis laundry cukup banyak dicari. Banyak masjid atau musola yang membutuhkan jasa laundry untuk membersihkan karpet atau perlengkapan ibadah. Ditambah lagi, karena setiap malam masjid selalu digunakan untuk shalat Tarawih jadi kebersihan karpet harus selalu diperhatikan. Tujuannya agar bisa memberi kenyamanan maksimal bagi jamaah.

jualan bulan ramadan

Selain masjid atau musola, pelanggan dari perumahan juga butuh jasa laundry. Banyak orang butuh jasa laundry untuk membersihkan berbagai perabotan rumah, seperti gorden, karpet, kasur, sofa, dan lain sebagainya. Mencuci perabotan rumah seperti itu saat puasa tentu sangat melelahkan. Jadi, kebanyakan orang lebih memilih jasa laundry ketimbang mencuci sendiri.

5. Produk Khas Timur Tengah

Momen puasa di bulan Ramadan bisa dimanfaatkan untuk menjual berbagai produk khas timur tengah. Produk dari timur tengah memang banyak dicari, misalnya kurma. Jenis kurma ada banyak, mulai dari: kurma ajwa, barhi, medjool, sukkari, dan lain sebagainya. Kurma jadi salah satu makanan yang disunnahkan untuk dimakan saat buka puasa. Kualitas dan rasanya berbeda-beda tergantung jenisnya.

jualan bulan ramadan

Selain kurma, ada beberapa produk khas timur tengah yang banyak dicari. Misalnya, bumbu masak untuk membuat makanan khas timur tengah. Ada juga kismis, buah kering, dan minyak zaitun yang kerap dikonsumsi saat puasa. Produk lain yang tepat dijual saat Ramadan adalah siwak untuk membantu banyak orang menunaikan sunnah setiap hari.

6. Toples Kue dan Parcel

Momen lebaran adalah waktu yang tepat untuk kumpul keluarga. Jika rumah Anda sering jadi tempat kumpul keluarga, ada baiknya menggunakan toples kue unik agar suasana kumpul keluarga lebih meriah. Banyaknya kue yang harus ditampung membuat banyak orang mencari tempat kue yang bisa muat banyak sekaligus unik.

bisnis bulan puasa

Anda bisa sediakan berbagai macam dan ukuran toples dan dijual dalam paketan. Toples bisa Anda custom sendiri, misalnya dilukis sesuai permintaan konsumen. Selain bisnis toples, Anda juga bisa menyediakan jasa parcel yang berisi toples kue. Jadi, toples-toples Anda bisa dijual dalam satu kemasan parcel cantik.

7. Penyalur Asisten Rumah Tangga

Saat lebaran biasanya banyak para asisten rumah tangga mengajukan izin untuk pulang kampung. Asisten rumah tangga biasanya mengambil libur menjelang lebaran, atau sebelum puasa. Hal ini yang membuat keluarga yang biasanya menggunakan jasa asisten rumah tangga butuh pengganti untuk mengurus rumah tangga. momen ini bisa Anda manfaatkan untuk membantu orang-orang mencarikan asisten rumah tangga.

ide jualan bisnis menguntungkan puasa

Target konsumennya adalah keluarga pekerja atau yang biasa menggunakan jasa asisten rumah tangga. Selain itu, Anda juga bisa sediakan jasa baby sitter yang sangat berguna untuk keluarga yang butuh pengasuh anak. Sebelum memulai usaha ini, pastikan Anda sudah mencari calon asisten rumah tangga atau baby sitter yang jujur, telaten, dan siap untuk bekerja selama bulan puasa sampai menjelang lebaran.

8. Jasa Perawatan dan Penitipan Kendaraan

Setelah seharian berpuasa dan tarawih di malam hari membuat banyak orang lupa untuk merawat kendaraannya. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk menawarkan jasa cuci dan perawatan mobil di rumah. Jadi pelanggan Anda tidak perlu repot mencuci mobil di siang hari, atau keluar rumah dan antri di tempat cuci mobil. Anda juga bisa tawarkan jasa perawatan sederhana, seperti misalnya ganti oli dan service ringan.

ide jualan menguntungkan puasa

Selain jasa perawatan kendaraan, ide bisnis bulan puasa yang cukup menjanjikan adalah jasa penitipan kendaraan. Saat mudik lebaran biasanya ada beberapa keluarga yang lebih memilih menggunakan transportasi umum, seperti kereta, travel, atau pesawat. Masalah jarak, waktu, dan tenaga sering jadi alasan. Momen ini bisa Anda manfaatkan untuk ide jasa bulan puasa untuk menitipkan kendaraan.

9. Jasa Sewa Mobil untuk Silaturahmi

Ide jualan di bulan Ramadan tahun 2024 berikutnya adalah jasa penyewaan kendaraan untuk silaturahmi. Harga kendaraan yang cukup mahal membuat tidak semua orang memilikinya. Menjelang akhir Ramadan, jasa sewa transportasi semakin banyak dicari. Wisatawan mudik yang pulang ke kampung halaman biasanya mencari jasa sewa mobil terdekat. Kebutuhan jenis mobil juga beragam, mulai dari mobil van besar, sedan, SUV, MPV, Pick Up, hingga mobil listrik.

Ide menguntungkan untuk bisnis di bulan puasa 2024

Kebutuhan sewa mobil biasanya untuk silaturahmi ke rumah sanak saudara seharian, jalan ke berbagai lokasi wisata, dan pulang kampung. Karena semakin banyak peminatnya di penghujung Ramadan, Anda bisa tawarkan promosi dengan harga kompetitif. Untuk mencapai target audiens, berbagai cara optimasi di website dan sosial media dibutuhkan supaya strategi pemasaran Anda lebih terukur.

10. Usaha Jahit dan Buat Pakaian Ibadah

Salah satu tradisi menjelang lebaran di Indonesia adalah membeli pakaian baru. Namun tidak semua pakaian yang dijual cocok di badan. Jika tidak menemukan pakaian yang cocok di toko online atau offline, konsumen biasanya beralih ke penyedia jasa jahit pakaian. Layanan jasa jahit pakaian akan menerima permintaan tinggi di akhir bulan Ramadan.

Tips bisnis menguntungkan di bulan Ramadan 2024

Kebutuhan jasa jahit sangat beragam, mulai dari membuat pakaian baru dari bahan jadi, mengecilkan pakaian yang baru dibeli, sampai modifikasi pakaian lama supaya terlihat lebih kekinian dan sesuai gayanya sendiri. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pendapatan di bulan Ramadan, Anda bisa tawarkan potongan harga untuk konsumen yang ingin pesan jasa jahit lebih awal.

Tips Ide Bisnis di Bulan Ramadan Tahun 2024

Sebelum mulai mempraktekan ide jualan bisnis puasa di atas, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan. Tips berikut ini berguna agar Anda tidak salah memilih produk dan strategi berjualan saat bulan Ramadan. Apa saja ?

  • Kenali Target Pasar. Cari tahu apa yang diinginkan oleh konsumen di sekitar Anda
  • Buat Produk Sesuai Pasar. Setelah mencari tahu, jual produk dan jasa yang dibutuhkan konsumen
  • Buat Produk yang Unik. Boleh saja jualan produk yang biasa, namun cara mengemas dan pemasarannya harus unik dan berbeda
  • Pilih Metode Penjualan yang Tepat. Selain bisa jualan offline Anda bisa manfaatkan toko online, seperti Bhinneka untuk jual produk dan jasa dan menjangkau konsumen lebih luas
  • Tentukan Besaran Modal. Karena termasuk bisnis musiman ada baiknya gunakan modal sendiri. Jika Anda butuh pinjaman modal pastikan hitungan bisnis sesuai agar tidak mengalami kerugian.

Punya ide jualan bulan puasa untuk Ramadan tahun 2024 ? Bhinneka menyediakan berbagai kebutuhan produk dan jasa untuk membantu bisnis Anda tetap bertumbuh di bulan Ramadan. Dapatkan kinerja bisnis yang lebih efektif dan efisien. Jangkau konsumen lebih luas dengan lebih mudah.

Leave a Reply