Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

Jenis – Jenis Container Berdasarkan Ukurannya

Setelah sebelumnya membahas jenis container berdasarkan muatannya, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai jenis container berdasarkan ukurannya. Mengetahui jenis – jenis container berdasarkan ukurannya merupakan hal penting yang perlu diketahui dalam dunia bisnis.

jenis - jenis container

Pemilihan jenis container yang sesuai dengan kargo barang yang dikirimkan serta ukuran container yang tepat dapat memastikan Anda mengeluarkan biaya yang efektif untuk pemuatan serta pengiriman kargo yang Anda miliki.

Container Berdasarkan Muatan

Pada artikel terdahulu, kita sudah mengetahui salah satu pembagian jenis container atau peti kemas adalah berdasarkan jenis muatannya. Umumnya kontainer yang banyak digunakan antara lain:

  1. Dry Storage / General Purpose
  2. Reefer Container
  3. Car Carrier
  4. Open Top Container
  5. Open Side Container
  6. Flat Rack Container

Masing – masing jenis container tersebut memiliki variasi dimensi, struktur, bahan material serta konstruksi masing – masing.

Jenis Container Berdasarkan Ukurannya

Kontainer atau peti kemas dirancang secara khusus sehingga saat kontainer dimuat, kontainer tidak mudah jatuh atau terbalik. Material yang digunakan untuk membuat kontainer pun cukup kuat dan tidak mudah rusak akibat benturan atau hantaman. Hal ini guna menjaga kualitas kargo atau barang yang dimuat di dalamnya.

Adapun ukuran dimensi container yang banyak digunakan dalam industri biasanya terdiri dari beberapa macam ukuran. Ukuran – ukuran tersebut memiliki standarisasi yang sudah baku secara internasional.

Ada beberapa tipe ukuran yang biasa sering digunakan yaitu kontainer ukuran standard dan kontainer ukuran high cube. Hal yang membedakan umumnya terletak pada dimensi panjang dan juga tinggi dari kontainer tersebut.

Kontainer ukuran standard yang umum digunakan terdiri atas:

  1. Kontainer 20 feet
  2. Kontainer 20 feet Reefer
  3. Kontainer 40 feet

Sedangkan kontainer High Cube memiliki ukuran yang lebih tinggi dibandingkan dengan kontainer standard. Kontainer High Cube yang biasa digunakan adalah:

  1. Kontainer 40 feet High Cube
  2. Kontainer 45 feet High Cube

Adapun ukuran dimensi dari masing – masing kontainer adalah sebagai berikut:

  1. Kontainer 20 feet:  6 x 2,4 x 2,6 m dengan berat kosong 2.200 kg
  2. Kontainer 40 feet: 12,2 x 2,4 x 2,6 m dengan berat kosong 3.800 kg
  3. Kontainer 40 feet HC: 12,2 x 2,4 x 2,9 m dengan berat kosong 4.200 kg
  4. Kontainer 45 feet HC:  13,7 x 2,4 x 2,9 m dengan berat kosong 4.800 kg

Dalam memilih kontainer, Anda perlu memperhatikan berapa banyak muatan kargo yang akan dimuat ke dalam kontainer. Hal ini untuk memastikan Anda memilih kontainer yang sesuai dan dengan biaya yang lebih rendah.

Apabila Anda memerlukan ruang vertikal yang lebih lega, Anda dapat memilih kontainer jenis high cube karena menawarkan ukuran dimensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kontainer jenis standard. Demikian pembagian jenis – jenis kontainer atau peti kemas berdasarkan ukurannya.

Leave a Reply