Info Bisnis

Jenis – Jenis Paper Shredder Penghancur Kertas

Jenis – jenis paper shredder atau mesin penghancur kertas cukup beragam. Baik dari segi fitur maupun tipe penghancuran kertas, memilih paper shredder yang sesuai dengan kebutuhan terkadang dapat membuat bingung.

Penggunaan paper shredder sendiri cukup umum dan banyak digunakan baik untuk pemakaian personal atau pribadi maupun digunakan secara profesional untuk kebutuhan kantor, perusahaan hingga pemerintahan.

Bila ingin membeli paper shredder perlu melakukan beberapa pertimbangan, seperti berapa lembar yang harus dihancurkan tiap hari, tujuan penggunaan dan waktu yang dibutuhkan hingga kertas hancur. Dalam artikel ini kita akan membahas secara singkat fungsi dari paper shredder atau mesin penghancur kertas dan jenis – jenis paper shredder.

Pengertian Mesin Penghancur Kertas dan Fungsinya

Paper shredder adalah mesin penghancur kertas otomatis yang digunakan untuk membantu menghancurkan kertas – kertas atau dokumen yang sudah tidak digunakan lagi. Ada sejumlah alasan kenapa fungsi paper shredder menjadi sangat penting baik digunakan untuk pribadi maupun secara profesional.

Alasan pertama adalah kepraktisan. Menghancurkan banyak kertas atau dokumen yang sudah tidak terpakai tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. Bayangkan bila Anda perlu menghancurkan atau merobek ratusan lembar dokumen bekas secara manual tanpa menggunakan paper shredder.

Alasan kedua adalah tingkat keamanan. Meski sudah merupakan dokumen atau kertas yang tidak terpakai lagi, mungkin dalam kertas tersebut terdapat data atau informasi yang sifatnya penting dan rahasia. Menghancurkan dokumen atau berkas seperti ini tentu tidak bisa sembarangan.

Paper Shredder dapat membantu Anda untuk menghancurkan kertas menjadi serpihan atau ukuran kecil yang sulit disatukan kembali sebelum Anda membuangnya ke tempat sampah. Atas alasan keamanan ini, maka dari itu penting memiliki alat penghancur kertas di kantor untuk mencegah pencurian dokumen penting perusahaan.

Jenis Paper Shredder

Seperti yang dibahas di awal, paper shredder terdapat berbagai macam jenis. Umumnya paper shredder dibedakan berdasarkan pemakaian dan jenis potongan dari kertas yang dihancurkan. Berdasarkan penggunaan, paper shredder dapat dibedakan menjadi:

Paper Shredder Personal

Merupakan paper shredder yang digunakan oleh pengguna pribadi atau keperluan rumah. Paper shredder jenis ini biasanya memiliki kapasitas penghancuran yang lebih kecil serta minim fitur tambahan. Paper shredder ini juga memiliki jenis penghancuran yang tidak sekecil paper shredder yang dikhususkan untuk penggunaan profesional.

Paper Shredder Profesional

Adalah paper shredder yang dikhususkan untuk penggunaan di kantor, korporasi hingga kantor pemerintahan. Biasanya paper shredder profesional memiliki kapasitas penghancuran yang lebih besar serta kecepatan penghancuran yang lebih tinggi. Dari segi tingkat keamanan, paper shredder ini juga dapat menghancurkan kertas dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi dimana hasil penghancuran jauh lebih kecil dan sulit untuk disatukan kembali.

Sedangkan berdasarkan potongannya, paper shredder dapat dibedakan menjadi:

Straight Cut

adalah paper shredder yang hasil potongan kertas berbentuk strip panjang dengan lebar 3/8-inci, level menengah 1/8 hingga 2/4inci dan potongan terkecil 1/16 inci.

Cross Cut

adalah paper shredder yang memotong kertas secara diagional kearah berlawanan dan menghasilkan potongan kecil berbentuk berlian sehingga hasil penghancuran jauh lebih kecil dan sulit disatukan dan menawarkan tingkat keamanan yang tinggi.

Micro Cut

merupakan paper shredder yang menghasilkan potongan yang sangat aman karena pisau mikro memotonganya dengan sangat halus, sehingga hampir mustahil untuk disatukan kembali

Pemilihan tipe potongan dari paper shredder ini disesuaikan dengan seberapa sensitif tingkat keamanan atau kerahasian dari dokumen yang hendak dihancurkan. Semakin rahasia atau penting informasinya, hendaknya memilih paper shredder dengan tipe micro cut.

jenis paper shredder

Beberapa model paper shredder juga disertai fitur atau fungsi tambahan seperti isal auto-feeder, yang memungkinkan untuk menempatkan tumpukan kertas pada tray dan secara otomatis menariknya untuk dihancurkan. Beberapa shredder juga memiliki slot yang memungkinkan untuk  menghancurkan media lain seperti CD dan DVD.

 

Leave a Reply