Cara Rambut Cepat Panjang
Tips & Tutorial

Cara Rambut Cepat Panjang dan Tips Merawat Agar Tetap Sehat

Cara Rambut Cepat Panjang

Memiliki rambut panjang yang sehat banyak diidamkan terutama oleh perempuan. Tidak sedikit dari mereka berusaha untuk mencari cara agar rambut cepat panjang. Memiliki rambut yang panjang memungkinkan untuk ditata dengan berbagai mode atau gaya yang tidak dapat dilakukan dengan model rambut pendek. Tidak hanya perempuan saja, kaum pria juga sebagian banyak yang mencari cara agar rambut cepat panjang. Banyak alasan dari mereka untuk memanjangkan rambut, misalnya model rambut panjang lebih cocok dengan bentuk wajah, mengikuti tren, atau memanjangkan rambut untuk karena alasan kerontokan dan kebotakan.

Namun sayangnya, tidak ada cara instan untuk memanjangkan rambut. Setiap orang memiliki kecepatan pertumbuhan rambut yang berbeda dan dipengaruhi banyak faktor. Rata – rata rambut akan tumbuh sekitar 2 cam dalam sebulan. Namun ada beberapa cara agar rambut cepat panjang yang dapat dilakukan.

Siklus Pertumbuhan Rambut

Salah satu hal penting yang perlu dipahami adalah mengenai siklus pertumbuhan rambut. Setiap helai rambut di kepala kita memiliki atau berada di masa atau tahapan siklus yang berbeda satu sama lainnya.

hair growth cycle

Masing – masing tahapan dari helai rambut ini mempengaruhi kondisi atau pertumbuhan rambut. Ketiga siklus pertumbuhan rambut:

  1. Anagen, yaitu fase pertumbuhan aktif. Berlangsung sekitar 2 – 8 tahun
  2. Catagen, masa transisi saat rambut berhenti tumbuh. Berlangsung 4 – 6 minggu
  3. Telogen, masa istirahat, dimana rambut rontok. Berlangsung 2 – 3 bulan

Sebagian besar rambut kita berada pada siklus anagen, sekitar 90 – 95%, sedangkan sisanya berada pada tahapan telogen. Sehingga jika rambut rontok dalam jumlah normal saat mandi atau menyisir adalah wajar, karena sebagian rambut pada siklus telogen.

Salah satu cara agar rambut cepat panjang dan tumbuh sehat adalah memastikan rambut yang berada pada siklus anagen terawat dengan baik.

Faktor yang Mempengaruhi Rambut Cepat Panjang

Seperti yang ditulis sebelumnya tidak ada cara instant agar rambut cepat panjang. Ini karena kecepatan rambut untuk panjang dipengaruhi berbagai faktor seperti genetik, gaya hidup, dan banyak lagi. Umumnya kecepatan rambut untuk tumbuh dipengaruhi oleh:

  1. Usia
  2. Tipe atau jenis rambut
  3. Kondisi genetik dan juga faktor keturunan
  4. Hormon
  5. Nutrisi, vitamin
  6. Beberapa jenis pengobatan atau obat berpengaruh pada pertumbuhan rambut
  7. Trauma atau kerusakan pada folikel rambut

Pada orang usia muda misalnya, rambut cenderung dapat tumbuh dengan cepat. Tidak jarang mereka dapat memanjangkan rambut dengan cepat. Namun pada orang dengan usia menengah, baik pria atau wanita ada yang mulai mengalami male-pattern baldness / female-pattern baldness dan rambut perlahan mulai melambat untuk memanjang.

Kekurangan nutrisi atau vitamin juga dapat menghambat pertumbuhan rambut. Dalam masa anagen, folikel rambut membutuhkan nutrisi dan aliran darah yang cukup ke folikel. Kekurangan nutrisi tentu saja dapat membuat folikel mati dan rambut menjadi rontok atau patah.

Cara Rambut Cepat Panjang Serta Sehat

Karena tidak adanya cara agar rambut dapat cepat panjang dalam hitungan semalam atau hari, maka yang dapat Anda lakukan adalah memastikan rambut dapat tumbuh dengan sehat dan kuat. Ini secara tidak langsung akan membuat rambut dapat tumbuh secara optimal dan kuat hingga panjang, tidak rontok atau bercabang saat panjang nanti.

Cara Rambut Cepat Panjang

Beberapa cara yang dapat dilakukan agar rambut tumbuh sehat dan kuat:

Menjaga konsumsi vitamin dan nutrisi terpenuhi

Sebagian besar vitamin dan nutrisi akan terpenuhi dari konsumsi makanan yang Anda makan setiap harinya. Namun terkadang beberapa suplemen vitamin mungkin dibutuhkan. Untuk memastikan rambut tumbuh sehat dan kuat, pastikan konsumsi beberapa vitamin / mineral berikut terpenuhi:

  1. Omega 3 dan omega 6
  2. Zinc
  3. Zat besi
  4. Vitamin D

Keramas secara teratur

Untuk memastikan rambut dapat tumbuh dengan baik, perlu dipastikan kebersihannya. Caranya adalah dengan rutin keramas tiap beberapa hari sekali. Keramas yang baik adalah keramas yang dilakukan secara teratur tiap beberapa hari sekali. Keramas setiap hari akan berakibat hilangnya minyak alami pada rambut.

Hindari stress berlebih

Salah satu penyebab rambut rontok adalah stress berlebih. Ini tentu akan menghambat proses pertumbuhan rambut dan mencegah Anda mendapatkan rambut panjang dengan cepat. Untuk itu, hindarilah stress yang berlebih.

Gunakan produk perawatan rambut berkafein

Meski masih tergolong dalam studi baru, kafein dipercaya dapat memperlancar aliran darah pada kepala dan merangsang pertumbuhan rambut pada folikel – folikel rambut di kepala. Anda dapat mencari dan menggunakan produk perawatan rambut berkafein.

Tidak ada cara praktis agar rambut cepat panjang, tapi Anda dapat berusaha untuk menjaga dan merawat rambut serta kulit kepala agar rambut yang berada pada siklus anagen dapat tumbuh secara maksimal dan sehat.

Leave a Reply