Info Bisnis Tren Bisnis

8 Jenis Usaha Potensial Tahun 2024

Dampak kehadiran covid-19 pada tahun 2019 sampai saat ini masih terasa. Terdapat beberapa orang yang masih belum memiliki pekerjaan karena kena PHK. Salah satu jalan keluarnya tentu membuat usaha atau bisnis sendiri. Lalu apa saja jenis usaha tahun ini yang potensial ?

Menjalankan bisnis sendiri dengan bekerja untuk orang lain tentu berbeda. Sebagai Owner Anda harus lebih bekerja keras. Akan tetapi, menjadi pengusaha membuat lebih fleksibel dari sisi waktu bekerja dan mendapatkan juga bisa lebih besar. Berikut adalah 8 jenis usaha potensial tahun ini :

1. Bisnis Affiliate Marketing

Jenis Usaha Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan. Apalagi bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar. Akan tetapi, di Indonesia memang belum banyak yang begitu mengerti mengenai cara menjalankan usaha affiliate marketing.

Sebenarnya cara kerja bisnis ini cukup sederhana yaitu hanya mempromosikan produk milik individu atau perusahaan besar kepada orang lain. Setiap kali ada pembeli yang berhasil Anda dapatkan dan menggunakan kode referralnya maka akan mendapatkan sebuah komisi.

2. Jenis Usaha Dropshipper

BIsnis Dropshipper

Untuk Anda yang ingin memulai lembaran baru namun belum memiliki modal sepeserpun, dapat mencoba memulai usaha Dropshipper. Ini merupakan jenis usaha yang lahir berkat berkembangannya e-commare di Indonesia.

Tugas seorang dropshipper juga hampir sama dengan affiliate marketing sehingga Anda tidak perlu memiliki stok barang ketika mempromosikan produk. Akan tetapi, seorang dropshipper bisa menaikan harga produk sedikit dari aslinya sehingga mendapatkan keuntungan lebih baik.

3. Jenis Usaha Kuliner

Kuliner

Bisnis kuliner memang tidak pernah mati. Akan tetapi, tantangan besar ketika memulai usaha makanan adalah kreasi dan inovasi. Manusia sangat cepat berkemabang dan bosan, maka dari itu, jika Anda memutuskan untuk memulai usaha kuliner siap siaplah untuk terus belajar dan menemukan inovasi baru.

Bisnis makanan atau kuliner sangat potensial karena penghasilan yang Anda dapatkan bisa mencapai 60% dari modal. Tentunya hal ini luar biasa menguntungkan. Apalagi terdapat beberapa platform pendukung seperti G-food yang bisa pemilik usaha manfaatkan untuk meningkatkan penjualan.

4. Jenis Usaha Franchise

Jenis Usaha franchise

Mungkin beberapa orang awam di dunia usaha belum begitu paham dengan jenis usaha Franchise. Ini merupakan varian berbisnis yang mengandalkan konsep kemitraan atau waralaba. Sistem kerja dari jenis usaha ini adalah melakukan perjanjian kerja bersama perusahaan terkenal.

Potensi bisnis waralaba atau franchise ini sangat besar dan dapat memberikan keuntungan untuk Anda tentunya. Jenis waralaba terbagi lagi dalam beberapa bentuk, pelaku usaha bisa menyesuaikan dengan bakat, keahlian, serta kemampuannya.

5. Membuka Kursus Berbasis Online

Kursus Online

Jika Anda memiliki kemampuan mengajar atau berbagai ilmu, maka membuka kursus jadi opsi terbaik. sekarang cukup banyak owner kelas online yang berhasil mendapatkan pundi pundi uang lewat kursus onlinenya. Tentunja jenis usaha ini sangat menjanjikan bagi setiap orang.

Apalagi memulai usaha ini tidak memerlukan modal karena yang perlu Anda matangkan adalah teori dan ilmu pengetahuan. Untuk membuka kursus online bisa membuat website sendiri atau memanfaatkan google class room, Udemy, atau youtube sekalian banyak sekali opsinya.

6. Bisnis Social Media Management

Social Media Management

Sosial media sekarang jadi wadah yang sangat powerfull dalam mendatangkan pundi pundi uang. Awalnya memang hanya untuk bersosialisasi saja. Sekarang hampir semua akun usaha bermukim di media sosial. Membuka jasa sosial media manajemen jadi jenis usaha yang sangat berpotensi.

Sosial media management memiliki peran untuk mengelola akun seseorang khususnya bisnis agar selalu bisa konsisten tampil dan memasarkan produk lebih baik. Jenis usaha ini juga memiliki tugas untuk mempertahankan engagement akun sosial media seseorang agar tetap stabil.

7. Bisnis Kecantikan Jual Kosmetik dan Skin Care

Usaha Kosmetik

Trend kosmetik dari zaman ke zaman tidak pernah berubah. Apalagi kehadiran skin care yang dapat membuat kulit seseorang lebih sehat dan cantik menjadi lahan usaha berpotensi mendatangkan keuntungan sangat besar kepada Anda.

Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk membuat sebuah ramuan kecantikan atau skincare sendiri, terdapat beberapa jenis dan model skincare yang bisa dijual ke milik produsen besar. Banyak pelaku usaha menjual skincare ternama berhasil dan meraup cukup banyak keuntungan.

Leave a Reply