Info

Kamera 360 Derajat: Kelebihan & Penggunaannya

Penggunaan kamera 360 derajat dalam membuat konten – konten mungkin belum banyak digunakan. Namun perlu Anda ketahui menggunakan kamera 360 derajat dapat membuat konten yang kamu buat menjadi jauh lebih menarik loh. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan kamera 360 derajat ini?

Mungkin Anda terbiasa menggunakan kamera digital ataupun action cam dan juga drone dalam mengambil gambar maupun video. Namun penggunakan kamera 360 ini memungkinkan Anda untuk lebih kreatif dalam mengeksplor dan mengambil gambar. Anda dapat mengambil gambar atau video dari semua sisi.

kamera 360 derajat

Hasil konten dari kamera ini memungkinkan orang yang melihatnya untuk melihat dari sisi samping, atas, maupun bawah. Mungkin Anda sudah pernah menemukan konten seperti ini baik berupa gambar ataupun video di youtube, dimana Anda dapat menggerakkan gambar untuk melihat sekelilingnya.

Pengaplikasian dari penggunaan kamera 360 ini juga tidak hanya terbatas untuk membuat konten saja namun dapat diterapkan ke acara – acara entertainment seperti konser, olahraga hingga game VR.

Kelebihan dari Kamera 360 Derajat

Dapat Mengambil Gambar Dengan Sudut Pandang Luas

Kamera 360 cocok digunakan untuk mengambil gambar panorama ataupun gambar dengan tidak dibatasi oleh bidang yang terbatas. Berbeda dengan kamera atau video pada umumnya dimana point of view dari suatu objek atau gambar dibatasi.

Didukung oleh Banyak Platform Sosial Media

Bagi Anda content creator atau suka membagikan hasil jepretan di platform sosial media, tentu ini merupakan hal yang penting. Berbagai platform sosial media seperti facebook, youtube, twitter misalnya sudah mendukung konten 360 derajat ini.

Anda dapat mengupload hasil tangkapan dari kamera, dimana para viewer dapat berinteraksi dengan hasil tangkapan atau video 360 tersebut.

Memberikan Pengalaman VR yang Imersif

Teknologi 360 derajat pada kamera juga cocok dipadukan dengan teknologi VR atau virtual reality. Anda tentu sering menemukan aplikasi atau video trailer film maupun video interaktif dengan teknologi 360 derajat.

360 VR

Memang Anda dapat menikmati konten 360 derajat dan memutar point of view dengan sentuhan jari atau menggunakan mouse. Tapi apabila Anda menggunakan teknologi VR untuk melihat konten seperti ini, tentunya akan menambah kesan real dan imersif, seolah Anda berada dalam konten tersebut

Pemanfaatan Kamera 360 Derajat

Kamera 360 tidak hanya digunakan sekedar untuk mengambil gambar ataupun video dengan POV yang dapat digerakkan ke atas bawah atau kiri kanan saja. Banyak bidang – bidang yang dapat menggunakan teknologi 360 derajat ini, misalnya:

  1. Fotografi dan videografi, Anda bisa mengambil gambar dengan sudut pandang 360 derajat dimana yang melihat foto dan video dapat melihat sekeliling bidang pemandangan yang Anda tangkap
  2. Digunakan pada event live. Saat ini semakin banyak acara seperti olahraga, konser atau acara lainnya yang menggunakan kamera 360 derajat. Penonton dapat melihat video dan melihat ke sekeliling venue, seolah mereka hadir di tempat tersebut
  3. Virtual tour. Kamera 360 juga memungkinkan virtual tour dimana bila dipadukan dengan headset VR, Anda dapat menikmati suatu tempat atau spot wisata seperti halnya Anda berada langsung di tempat tersebut
  4. Digunakan pada mobil. Kamera 360 ini dapat dipasang pada mobil dan berguna serta membantu sebagai kamera mundur. Anda dapat melihat tampilan pada unit display dan biasanya akan menampilkan gambar dengan sudut pandang bird view untuk membantu Anda parkir.

360 mobil

Leave a Reply